4 Cara Belajar Cerdas dan Menjadi Seorang Pembelajar Cepat, Mau Mencobanya? – Ada beberapa orang yang bisa belajar dengan cepat, mendapatkan konsep dengan mudah saat Anda baru mencoba untuk memahaminya.

Pintar tidak ada hubungannya dengan menjadi seorang pembelajar cepat, tetapi berkaitan dengan mengadopsi strategi pembelajaran yang memungkinkan orang untuk mengetahuinya dengan lebih mudah.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Ada taktik tertentu yang memungkinkan Anda menjadi seorang pembelajar cepat dan membuktikan bahwa kecerdasan tidak ada hubungannya dengan hal tersebut.

Dengan menerapkan strategi ini, maka Anda bisa dengan cepat memahami suatu topik dan menerapkannya pada hampir semua hal yang sedang dipelajari.

Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.


4 Cara Belajar Cerdas dan Menjadi Seorang Pembelajar Cepat

1Memvisualisasikan

seni melukis - 4 Cara Belajar Cerdas dan Menjadi Seorang Pembelajar Cepat, Mau Mencobanya?

Menghubungkan sebuah konsep dengan kreasi visual adalah sebuah cara yang bagus agar otak Anda bisa dengan mudah memahami dan melatih menjadi pembelajar cepat.

Baca Juga: Inilah 3 Skill Penting yang Perlu Dikuasai oleh Seorang Pengusaha

Anda bisa membuat gambar dan diagram yang berwarna untuk mempelajari sesuatu hal. Cara seperti ini tidak hanya membantu proses belajar, tetapi juga bisa menggairahkan otak dan membuatnya termotivasi.


2Membuat Perbandingan

Saring informasi cara belajar

Otak bisa mengingat hal-hal dengan lebih baik saat Anda membandingkan ide atau konsep dengan sesuatu yang lain.

Baca Juga: 3 Langkah yang Akan Membantu Anda Menjadi Seorang Pemimpin Karismatik

Misalnya saja seperti ini, Anda membandingkan gelombang radio dengan riak di permukaan air atau listrik yang mengalir seperti air yang bergerak melalui pipa.

Cara seperti ini jauh lebih menarik untuk mempelajari sesuatu hal yang baru dan membuat otak bisa mengingat dengan lebih mudah agar terlatih menjadi pembelajar cepat.


3Menghubungkannya Agar Menjadi Lebih Mudah

membangun hubungan dengan semua orang manajer inspiratif

Pernahkah Anda melihat seseorang yang bisa menghafal seluruh tumpukan kartu yang tidak berurutan dan berpikir bahwa mereka jauh lebih pintar dari orang lain. Kenyataannya adalah mereka mampu menggunakan teknik belajar yang disebut dengan menghubungkan.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

Menggunakan teknik ini mengharuskan Anda menggunakan imajinasi untuk menghubungkan satu hal dengan hal yang lainnya. Misalnya saja seperti ini, Anda ingin menghafal daftar belanjaan yang meliputi jeruk, pisang, susu, dan madu.

Cara menghafalnya seperti ini, seorang laki-laki yang sedang makan PISANG memiliki kebun JERUK yang berdekatan dengan pabrik pengolahan SUSU dan MADU.

Baca Juga: Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini

Jauh lebih mudah bukan?

Teknik menghafal seperti ini akan membantu Anda mengingat daftar yang sangat panjang sampai konsep yang abstrak dan sulit.


4Jelaskan Dengan Menggunakan Bahasa Anda Sendiri

menguasai intonasi presentasi yang baik

Ingin menjadi pembelajar cepat? Cara ini perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa baik Anda memahami konsep baru. Bayangkan Anda harus menjelaskan konsep baru ini kepada orang yang tidak mengetahui. Itu artinya Anda harus bisa membuat konsep tersebut lebih sederhana dengan menggunakan analogi.

Jadi, saat Anda baru mengenal informasi yang baru, maka mulailah bertanya kepada diri sendiri bagaimana menjelaskan hal ini kepada orang lain.

Baca Juga: Pentingnya Memperbaiki Diri Secara Berkelanjutan, Berikut 3 Langkah yang Bisa Anda Lakukan 

Dengan menerapkan hal ini, Anda bisa mempelajari hal apapun dengan lebih cepat dan mudah memahami konsep yang ada. Teknik di atas bisa diterapkan saat Anda belajar di pendidikan formal atau di lembaga pendidikan non-formal.

Kendala selanjutnya yang banyak ditemui oleh orang-orang adalah biaya pendidikan yang sangat mahal dan memberatkan keuangan mereka.

Baca Juga: 4 Teknik Belajar yang Tepat di Era Keterbukaan Informasi, Benarkah Cara Belajar Anda Selama Ini?

Saat hal di atas terjadi, lalu bagaimana bisa belajar dan mendapatkan keterampilan yang memadai?

Tidak perlu khawatir, jika saat ini Anda mengalami kendala yang demikian. KoinPintar akan membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan formal dan non-formal.

Setelah pengajuan pinjaman Anda disetujui, maka KoinPintar akan langsung membayarkan biaya pendidikan tersebut ke lembaga terkait.

Selanjutnya, Anda tinggal membayar pinjaman tersebut dengan cara mengangsur yang bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.  

Tidak hanya itu saja, suku bunga yang ditawarkan oleh KoinPintar sangatlah rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga tersebut jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang tidak kalah penting adalah setiap beban dan bunga akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan beban yang bertambah atau jumlah cicilan yang tiba-tiba berubah selama masa pembayaran.

Baca Juga: 8 Kualitas yang Perlu Dimiliki Oleh Seorang Pengacara Hebat, Sudah Memilikinya?

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.

Dengan demikian, Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau ingin mengikuti kursus di bidang tertentu bisa dengan mudah menggunakan layanan yang ditawarkan oleh KoinPintar.

Kami berharap penjelasan di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi kepada Anda yang telah membacanya agar dapat menjadi seorang pembelajar cepat.

Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.