7 Tips Menjadi Pemimpin Transformasional Seperti Elon Musk – Elon Musk adalah pendiri PayPal dan CEO dari SpaceX dan Tesla, tidak hanya itu saja ia juga berencana untuk mengirim turis untuk mengelilingi bulan dan membuat koloni di planet Mars.

Rencana yang ia miliki terdengar gila dan seperti tidak mungkin akan terjadi, tetapi inilah Elon Musk yang merupakan seorang pemimpin transformasional yang berbeda dari pemimpin yang biasa.

Kepemimpinan transformasional adalah pemimpin yang tidak hanya memberi tahu kepada anggota tim untuk melakukan apa yang menurutnya benar.

Baca juga: Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Namun, pemimpin yang bisa bekerja sama untuk mengidentifikasi peluang dan masalah potensial serta mengembangkan strategi bersama.

Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin seperti itu, berikut ini 7 tips menjadi pemimpin transformasional seperti Elon Musk. Selamat membaca!

7 Tips Menjadi Pemimpin Transformasional Seperti Elon Musk

1Memiliki Visi yang Hebat

tipe-pemimpin-yang-ideal-dalam-perusahaan - 5 Cara Melatih Diri Menjadi Pemimpin Hebat - 6 Tips Menjadi Bos Sukses yang Diinginkan Karyawan

Anda harus bisa melihat sebuah solusi atas setiap permasalahan yang terjadi, memperbaiki berbagai area, dan meningkatkan sistem yang kuno. Mulailah mengamati apa yang kurang dan miliki cita-cita untuk memperbaikinya.


2Kumpulkan Tim yang Terdiri dari Orang yang Berpikiran Sama

kesuksesan bisnis katy perry (2) - 5 Skill yang Perlu Diasah Sebelum Memasuki Dunia Kerja - 6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya? - 5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti - 5 Cara yang Bisa Dilakukan agar Lebih Menonjol dalam Pekerjaan dan Bisnis

Lanjutkan dengan mendapatkan sebuah tim atau rekan yang memiliki pikiran serta pandangan yang sama akan suatu hal.

Langkah yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan komunitas dan konferensi yang terkait dengan bidang yang Anda sukai. Mulailah membangun jaringan dengan orang-orang dan membagi ambisi yang Anda miliki.


3Pikirakan Solusi dengan Anggota Tim

5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti - Jangan Lengah! Ini 5 Strategi Mempertahankan Bisnis yang Makin Tumbuh

Jika Anda memiliki sebuah tim, maka jangan hanya memberi tahu apa yang harus mereka lakukan, tetapi lakukan juga diskusi dengan mereka. Pemimpin yang buruk adalah orang yang merasa dirinya telah mengetahui semuanya.


4Menuliskan Rencana yang Konkret

6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya?

Selanjutnya, Anda bisa mulai menuliskan apa saja yang diperlukan, mulai dari peralatan, uang, dan solusi terbaik yang harus dilakukan. Bagilah tugas besar menjadi tugas-tugas kecil dan pastikan setiap tugas ditindaklanjuti.


5Buat Misi yang Akan Dicapai

Pemimpin karismatik memiliki kemampuan mengukur situasi - kemenangan

Jadilah orang yang ambisius dengan apa yang ingin dicapai dan jangan lupa untuk membagikan misi Anda dengan anggota tim. Tujuan yang jelas bisa dengan mudah memotivasi anggota tim bergerak ke arah yang diinginkan bersama.


6Ingat Tim yang Anda Miliki

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (15) - 3 Kesalahan yang Membuat Anda Tidak Mencapai Tujuan Besar

Jadilah pemimpin yang bisa memberikan semangat dan mampu melatih anggota tim Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Teruslah berbicara dengan anggota tim dan mulailah mendengarkan kekhawatiran mereka.

Pemimpin terbaik adalah mereka yang mampu mendorong pertumbuhan, kemandirian, dan kreativitas.


7Rayakan Setiap Kemenangan dan Belajar dari Kegagalan

Komunikator Hebat dan Luar Biasa Pasti Memiliki 5 Kualitas Berikut - Jangan Menjadi Rata-Rata, Ini 3 Langkah Mengasah Keterampilan Diri - 5 Gaya Kepemimpinan Para Leader Sukses, Apakah Anda Menerapkannya?

Jangan pernah menganggap remah kemenangan sekecil apapun, selalu merayakan setiap pencapaian yang telah didapatkan. Setiap kesalahan yang dilakukan dijadikan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang menjadi lebih baik lagi.

Ketahui akar penyebab kesalahan, belajar dari kesalahan, dan jangan melakukan kesalahan yang berulang.

Baca juga: Mumpung Masih Muda, Ini 5 Cara Bijak Memanfaatkan Waktu

Terapkan 7 kiat-kiat menjadi seorang pemimpin transformasional seperti Elon Musk dan ubahlah dunia menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa meningkatkan keterampilan leadership melalui berbagai cara yang berbeda. Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar pelatihan, atau mengikuti pendidikan di bidang leadership.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang bisa memberatkan keuangan keluarga Anda. Sebab, saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk Anda gunakan.

Baca juga: Mengakui Ketidaktahuan Akan Sesuatu, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkan Banyak Pengetahuan Baru

Pinjaman dana tersebut memiliki suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang paling penting adalah pinjaman tersebut juga bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Yuk, manfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk mengikuti berbagai pendidikan formal dan nonformal yang akan membantu Anda untuk terus berkembang!

Selamat menempa diri menjadi pemimpin transformasional seperti Elon Musk, ya!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.