Home Investasi Mau Melakukan Pendanaan Tapi Bingung, P2P Lending Solusinya!

Mau Melakukan Pendanaan Tapi Bingung, P2P Lending Solusinya!

‚ÄĘ

Mau Melakukan Pendanaan Tapi Bingung, P2P Lending Solusinya! – Saat ini kita tidak hanya bisa bergantung pada gaji bulanan dan tabungan.

Investasi adalah salah satu solusi yang ditawarkan jika Anda tidak memiliki cukup bakat, waktu ataupun modal untuk memulai suatu usaha. Apalagi jika pekerjaan Anda saat ini sudah memiliki posisi serta penghasilan yang lumayan.

Oleh karena itu, investasi adalah produk finansial alternatif yang bisa Anda pilih agar tabungan Anda tetap bisa digunakan sebagai investasi yang tentunya akan memberikan lebih banyak keuntungan daripada sekedar modal tidak bergerak.

Namun tentu saja, saat ini Anda harus sangat ekstra hati-hati ketika berbicara soal investasi. Tawaran investasi sangat banyak namun tidak semuanya bisa dipercaya.

Kalaupun investasi tersebut terbukti menghasilkan, namun belum tentu juga jenis investasi tersebut cocok dengan rencana Anda. Dalam berinvestasi banyak hal yang harus menjadi pertimbangan Anda seperti:

  • Pilihan jenis investasi, apakah investasi tersebut cocok dengan rencana keuangan Anda. Untuk apa Anda menginvestasikan uang namun hasilnya tidak sesuai bahkan bisa dikatakan tidak menguntungkan.
  • Investasi sangat rawan akan penipuan. Hal ini yang sering kali terjadi dan membuat orang malas untuk berinvestasi karena memang sangat rawan akan penipuan. Hati-hati saja tidak cukup, Anda perlu melakukan banyak survei dan riset sebelum memutuskan untuk menanamkan modal Anda dalam sebuah investasi keuangan. Jadi, luangkan sedikit waktu Anda dan kalau perlu kumpulkan testimoni dan rekomendasi sebanyak-banyaknya dari para pelaku investasi yang sudah berhasil untuk lebih meyakinkan lagi.
  • Turun naiknya nilai investasi juga harus menjadi pertimbangan Anda. Hal ini biasanya erat kaitannya dengan tren pasar terutama Anda yang menginvestasikan modal menggunakan tren pasar. Pelajari juga apakah tren tersebut akan bertahan dalam jangka panjang atau tidak, walaupun hasil investasinya cukup besar namun jika hanya dalam jangka pendek dengan kemungkinan kerugian pada jangka panjang tentu saja harus Anda hindari.

Pernahkah Anda mendengar tentang pendanaan online P2P Lending? Jenis pendanaan ini lebih dikenal sebagai P2P Lending atau secara umum memiliki arti pinjaman orang perorangan.

Saat ini kebutuhan setiap orang sangatlah berbeda-beda dan kebutuhan akan dana pinjaman cepat dan aman semakin hari semakin meningkat.

Hanya saja, tidak semua orang memiliki atau memenuhi syarat peminjaman yang biasanya ditawarkan oleh beberapa lembaga keuangan seperti bank, koperasi simpan pinjam, hingga rumah gadai.

Oleh karena itu, P2P Lending datang sebagai solusi terbaik baik bagi debitur yang hendak meminjam uang ataupun Anda yang saat ini sedang mencari ladang pendanaan yang aman dan menjanjikan.

Lewat sistem P2P Lending Anda bisa mengambil peran sebagai pendana.

Salah satu penyedia jasa P2P Lending di Indonesia adalah KoinWorks. KoinWorks menyediakan sebuah platform yang menjadi tempat bertemu bagi pendana maupun peminjam.

Nah, keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengalokasikan uang Anda di KoinWorks adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa menentukan sendiri pinjaman mana yang ingin Anda danai dan berapa besarannya. Platform yang disediakan oleh KoinWorks berbentuk marketplace, sehingga semua pinjaman yang bisa Anda danai akan ditampilkan, dan Anda tinggal memilih pinjaman mana yang Anda ingin danai berdasarkan resikonya. Besaran yang bisa Anda masukkan sebagai pendanaan ke pinjaman tersebut juga Anda yang tentukan sendiri, dan bisa dimulai dari Rp100.000.
  • Ada fitur social connection score. Setiap pendana dan peminjam di KoinWorks akan diminta untuk menghubungkan akunnya dengan akun media sosial yang dimiliki. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat seberapa besar nilai kekuatan koneksi Anda dengan peminjam, seperti apakah peminjam pernah bersekolah di sekolah yang sama seperti Anda, atau mungkin tinggal di lingkungan yang sama.
  • Terdapat Dana Proteksi bagi pinjaman Anda. Setiap investasi pasti memiliki risiko, termasuk risiko gagal bayar ketika Anda mendanai di KoinWorks. Untuk perlindungan yang lebih baik bagi Pendana, KoinWorks menyediakan Dana Proteksi yang bisa mengurangi dampak kerugian. Peminjam yang terlambat melakukan pembayaran dalam kurun waktu lebih dari 90 hari tanpa adanya pemberitahuan yang jelas dari Peminjam, pinjaman akan ditandai sebagai gagal bayar dan dihapuskan. KoinWorks akan mengambil Dana Proteksi untuk diberikan kepada Pendana guna sebagai kompensasi kerugian modal awal yang sudah diberikan.

Saat ini, dalam memilih alternatif pendanaan, Anda tidak hanya harus hati-hati tapi juga harus cerdas dan bijak.

Peer to peer lending adalah salah satu solusi pendanaan yang sudah terbukti menguntungkan dan tentunya solusi paling aman untuk pendanaan jangka pendek maupun jangka panjang Anda.



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Jonathan
Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

4 KOMENTAR

    • Dalam berinvestasi, risiko itu selalu ada. Dan dalam hal P2P Lending, salah satu risiko terbesar adalah terjadinya gagal bayar. Tingkat risiko menggambarkan seberapa besar kemungkinan bahwa seorang peminjam akan gagal bayar. Apabila seorang peminjam gagal bayar maka tentu akan berdampak kerugian pada dana investasi Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.