Sukses Berkat Pendekatan 5 Jam ala Michael Simmons, Apa Itu? – Anda mungkin pernah mendengar bahwa terdapat aturan 10.000 jam yang dikenalkan oleh Malcolm Gladwell.

Pendekatan ini mengungkapkan bahwa Anda perlu menghabiskan waktu selama 10.000 jam kerja berlatih agar bisa menguasai keterampilan tersebut dengan baik.

Baca juga: 5 Langkah Melatih Diri demi Belajar Lebih Efektif

Di sisi yang lain, Michael Simmons menemukan pendekatan baru yang memakan lebih sedikit waktu, tetapi mampu memberikan dampak yang sama besar dengan aturan 10.000 jam. Pendekatan ini diberi nama aturan 5 jam.

Cara Menggunakan Pendekatan 5 Jam

online karyawan kerja

Pendekatan 5 jam mampu memberikan hasil karena mampu menciptakan kebiasaan kerja yang konstan pada pengembangan keterampilan.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan metode ini adalah menyisihkan 1 jam setiap hari dan mulai memperbaiki diri dengan cara apapun yang Anda inginkan.

Aturan 5 jam sangat efektif untuk dilakukan karena mampu memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk mengembangkan keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang ada tanpa harus mengorbankan waktu dengan keluarga, persahabatan, dan kesehatan mereka.

Baca juga: Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain dengan 3 Cara Ini

Simmons mengungkapkan bahwa seseorang harus melihat pembelajaran yang dilakukan sebagai bentuk latihan.

Sama seperti otot yang ada pada tubuh, otak Anda juga perlu dirangsang dengan berbagai tantangan yang baru dan lebih besar untuk bisa mengembangkannya menjadi lebih baik lagi.


3 Langkah Menerapkan Pendekatan 5 Jam

Fokus dengan Apa yang Anda Lakukan

konten - kolaborasi karyawan - kantor (1)

Banyak orang sukses di dunia meluangkan waktu mereka setiap hari untuk melakukan meditasi, yoga, atau terlibat dengan aktivitas apapun yang membantu otak mereka beristirahat. Dengan demikian, mereka bisa lebih fokus dalam melakukan tantangan setiap harinya.

Contohnya saja, Oprah Winfrey yang selalu menyisihkan waktu beberapa menit setiap pagi untuk memulai hari dengan meditasi yang bisa membantu mereka untuk lebih fokus sepanjang hari.

Baca juga: Cara Menggunakan Umpan Balik Demi Meningkatkan Kemampuan Belajar

Anda bisa mengambil beberapa menit dalam sehari untuk mempersiapkan pikiran dengan hari yang baru dan mulai menenangkan pikiran.

Cara seperti ini akan membuat Anda bisa lebih fokus dan lebih produktif dalam meningkatkan keterampilan apapun.


Membiasakan Diri untuk Membaca

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya

Anda tidak akan bisa menambah pengetahuan, jika Anda malas membaca atau tidak suka melakukannya.

Sebagian besar orang sukses pasti menghabiskan sebagian waktu mereka untuk membaca buku dan ini adalah kebiasaan baik yang harus Anda ikuti.

Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang mampu menenangkan pikiran dan membantu Anda mengembangkan keterampilan menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: 7 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Sukses Mencapai Tujuan

Atau Anda juga bisa mengikuti pendidikan atau pelatihan di bidang apapun yang ingin ditingkatkan. Bisa dengan mengikuti kursus keterampilan teknis, kursus bahasa asing, kepemimpinan, public speaking, dan lain sebagainya.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang harus Anda bayarkan, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk Anda.

Pinjaman tersebut ditawarkan dengan suku bunga rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang semakin meringankan adalah pinjaman yang telah Anda ambil bisa dicicil selama jangka waktu 12 bulan ke depan.


Memiliki Waktu yang Seimbang

online shop-kerja sama-teman

Kesuksesan tidak hanya datang dari kerja keras yang dilakukan, tetapi kemampuan Anda untuk bisa bekerja lebih produktif.

Anda harus bisa belajar menyeimbangkan aktivitas produktif dan waktu yang berkualitas bersama dengan keluarga.

Contohnya saja seperti ini, Anda bisa memanfaatkan waktu di pagi hari untuk membuka email dan membaca berita sembari menikmati rutinitas pagi hari bersama dengan keluarga tanpa perlu terganggu dengan pekerjaan.

Menjalankan metode 1 jam per hari dan 5 jam per minggu seperti contoh di atas akan membantu Anda lebih produktif dan mampu meningkatkan keterampilan menjadi lebih baik. 

Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.