5 Alasan Penting Pendidikan Keuangan Adalah Investasi Terbaik – Saat lulus dari perguruan tinggi, Anda tidak akan mendapatkan pendidikan tentang keuangan dan investasi.

Seorang dokter atau pengacara yang telah membuka praktik sendiri tidak akan pernah mengetahui cara membaca laporan keuangan. Begitu juga dengan pengusaha dan investor tidak akan pernah mengetahui undang-undang perpajakan jika mereka tidak belajar.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipahami Tentang Rencana Pengelolaan Utang

Ketahuilah bahwa satu keterampilan yang bisa membantu atau malah menghancurkan kesuksesan keuangan adalah keterampilan dalam mengelola keuangan.

Melek finansial adalah keterampilan penting yang perlu dikembangkan agar Anda bisa membangun kekayaan dan menikmati keamanan finansial di masa depan.

Berikut ini 5 alasan mengapa pendidikan keuangan adalah investasi terbaik yang perlu dimiliki.

5 Alasan Penting Pendidikan Keuangan Adalah Investasi Terbaik

1Agar Tidak Ragu Membuat Keputusan Keuangan

hemat uang - 7 Nasihat Keuangan Warren Buffet yang Bikin Anda Jago Mengatur Uang! - 5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji โ€™15 Komaโ€™ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-2

Pasti Anda pernah mendengar saran dan nasihat dari pakar keuangan yang saling bertentangan satu dengan yang lain.

Seorang ahli keuangan mengatakan lunasi semua utang yang ada dan ahli keuangan yang lain mengatakan manfaatkan utang untuk membangun kekayaan.

Ada juga ahli keuangan mengatakan bahwa pasar saham adalah kunci membangun kekayaan dan pakar keuangan lain mengatakan bahwa properti adalah sumber terbaik untuk membangun kekayaan.

Baca juga: 5 Gaya Hidup Hemat Biaya yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup Anda

Lalu siapa yang bisa dipercaya? Setiap pihak sering memberikan satu jawaban yang kebenarannya sangat relatif dan masalahnya lagi adalah masing-masing pakar memberikan saran yang bisa bertentangan.

Pengetahuan yang baik tentang keuangan adalah solusi terbaik agar Anda bisa yakin dengan setiap keputusan yang dibuat.


2Strategi Keuangan Belum Tentu Cocok Untuk Semua Orang

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 5 - 9 Tantangan Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda

Ada banyak cara untuk memulai berinvestasi dan ada juga banyak informasi yang bisa dijadikan sumber untuk mempelajarinya.

Hal yang harus diingat adalah tidak semua strategi investasi cocok diterapkan oleh semua orang. Tugas Anda adalah menemukan strategi terbaik yang akan diterapkan untuk mencapai keamanan finansial.

Baca juga: 6 Cara Upgrade Keuangan Lewat Media Sosial, Pernah Memikirkannya?

Masing-masing orang memiliki keterampilan, latar belakang, pengalaman, dan pandangan yang berbeda. Anda juga memiliki toleransi risiko dan preferensi yang berbeda tentang keputusan keuangan terbaik.


3Anda yang Bertanggung Jawab Atas Setiap Keputusan

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Mungkin Anda berpikir bahwa penasihat keuangan bisa mengatasi masalah keuangan seperti pensiun, tabungan pendidikan, dan perencanaan investasi.

Hanya perlu mendelegasikan setiap masalah tersebut kepada nasihat keuangan dan tidak perlu repot belajar keuangan sendiri.

Ketahuilah bahwa meskipun Anda menjalankan saran dari panasihat keuangan, Anda yang tetap bertanggung jawab atas hasil investasi. Memprioritaskan pendidikan finansial adalah cara untuk bertanggung jawab atas masa depan keuangan Anda.


4Pengetahuan Keuangan Akan Menentukan Batas Kekayaan Anda

investor-perempuan-bersabar-sabar - belajar self-love - tips investasi untuk anak muda

Kecerdasan finansial merupakan satu hal yang bisa membatasi pertumbuhan kekayaan Anda.

Itu artinya saat meningkatkan kecerdasan finansial, Anda telah meningkatkan batas kekayaan menjadi lebih tinggi. Kecerdasan finansial juga menentukan tingkat kesuksesan investasi yang Anda lakukan.

Baca juga: 5 Produk Investasi Hebat yang Bisa Dimiliki oleh Para Investor Pemula

Pengembalian investasi akan meningkat saat Anda belajar cara berinvestasi secara konsisten. Itu artinya akan lebih banyak uang yang dimiliki dan keamanan finansial yang lebih besar.

Pengetahuan yang baik tentang investasi juga akan membantu Anda mengendalikan kerugian yang bisa saja terjadi.


5Pendidikan Adalah Investasi Terbaik Sebelum Mulai Mengelola Keuangan

rencana keuangan - strategi investasi - strategi keuangan - rencana investasi - sebelum berinvestasi - mulai berinvestasi - investasi - biaya hidup pasangan muda

Pendidikan keuangan sama seperti berinvestasi. Anda harus berkorban dan mendedikasikan waktu pada awalnya untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi di masa depan.

Semakin cepat Anda mendapatkan pendidikan investasi dan keuangan, maka akan semakin cepat Anda bisa menuai hasilnya.

Jika Anda ingin menemukan tips, strategi mengelola keuangan, dan mengendalikan utang dengan baik, maka pengetahuan tersebut bisa didapatkan melalui blog KoinWorks.

Bekal pengetahuan tentang keuangan akan memudahkan Anda untuk mengambil keputusan terbaik. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan hasil investasi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.