5 Pengalokasian Dana untuk Fresh Graduate yang Wajib Dicoba Sedini Mungkin! – Selamat datang di kehidupan yang sesungguhnya, para fresh graduate! Setelah lulus kuliah, tentunya saat ini Anda sedang gencar-gencarnya mengumpulkan pundi-pundi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Tentunya setiap bulannya, Anda tak akan pernah absen untuk selalu sisakan uang lalu ditaruh di tabungan. Tapi, tahukah Anda? Kalau menabung saja tidak cukup. Uang yang ada di tabungan Anda, tak akan bisa menghadapi inflasi yang terjadi setiap tahunnya. 

Sebenarnya, menabung juga bukanlah hal yang salah. Namun, tak ada salahnya menyisihkan sebagian pendapatan untuk berpengalokasian dana di masa depan.

Bila Anda seorang fresh graduate, tak usah bingung. Berikut pengalokasian dana untuk fresh graduate yang mungkin cocok untuk Anda coba!

5 Pengalokasian Dana untuk Fresh Graduate yang Wajib Dicoba Sedini Mungkin!

1Reksa Dana

jenis pengalokasian dana - reksa dana - pengalokasian dana untuk PNS

Reksa dana adalah salah pengalokasian dana untuk Fresh Graduate yang mudah untuk dilakukan.  Reksa dana sendiri merupakan wadah yang mengumpulkan dana dari investor untuk nantinya dipengalokasian danakan ke dalam portofolio efek oleh Manajer Pengalokasian Dana (MI).

Dalam berpengalokasian dana di reksa dana, Anda juga bisa menyesuaikan dengan profil risiko yang ada. Ada 3 profil risiko yang perlu Anda ketahui, yaitu Konservatif, Moderat dan Agresif. 

Baca juga: Pilih Pengalokasian Dana Saham atau Reksa Dana? Ini Pertimbangannya…

Konservatif adalah jenis investor yang tidak bisa mentolerir adanya risko. Jika memiliki profil ini, Anda cenderung tidak menyukai perubahan ekstrem dari pengalokasian dana milik Anda.

Stabilitas adalah hal yang Anda cari, walaupun pengalokasian dana Anda memiliki return yang rendah. Pasar uang adalah kategori reksa dana yang bisa Anda pilih, jika termasuk Konservatif.

Moderat adalah profil risiko bagi Anda yang mentolerir risiko menengah. Anda masih bisa menerima perubahan yang cukup signifikan. Produk reksa dana yang cocok, bagi Anda yang memiliki profil ini adalah reksa dana campuran

Terakhir, agresif adalah profil risiko untuk Anda yang memiliki toleransi paling tinggi. Anda dikenal sebagai risk taker, yang siap hadapi apapun risikonya asalkan mendapat return yang tinggi.  Reksa dana saham cocok untuk Anda yang masuk ke dalam profil ini.

Baca Juga: 5 Cara Menganalisis Potensi Pasar


2Pengalokasian Dana Emas

pengalokasian dana emas-pengalokasian dana emas - pengalokasian dana berlian-cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis pengalokasian dana jangka panjang-pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-pengalokasian dana-perhiasan-emas-pengalokasian dana-nilai-grafik-naik-tingkat - tips pengalokasian dana untuk gaji pas pasan- Cara Pengalokasian Dana Emas

Sudah sejak lama emas batangan dikenal sebagai produk pengalokasian dana yang memberikan keuntungan. Tak hanya itu, emas juga merupakan kegiatan pengalokasian dana dengan risiko kecil dan relatif aman, sangat cocok sebagai pengalokasian dana untuk fresh graduate.

Pengalokasian Dana ini, adalah pengalokasian dana jangan panjang bagi Anda yang memiliki rencana atau tujuan di masa depan. Tak heran, kalau cara ini sangat populer di kalangan orang-orang yang berniat melakukan pengalokasian dana lebih dari 5 tahun ke depan. 

Dalam melakukan pengalokasian dana emas, banyak hal yang harus Anda perhatikan, seperti tempat untuk membeli emasnya, berapa banyak jumlah biaya yang dibutuhkan, hingga keadaan harga emas di pasaran.

Saat ini, sudah sangat banyak cara untuk melakukan pengalokasian dana emas, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Kenali Berbagai Instrumen Pengalokasian Dana Ini Beserta Untung-Ruginya


3Deposito

Tips Mengoptimalkan Dana Pensiun Untuk Bisnis - apa itu deposito

Anda sudah menabung di bank? Sekarang cobalah untuk melakukan deposito. Pengalokasian Dana ini memiliki jangka waktu dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa, lho. 

Deposito sendiri memiliki periode yang bervariasi dalam menyimpan uang yaitu 1 bulan, 3 bulan hingga 1 tahun. Semakin lama dan besar uang yang Anda simpan, tentu akan semakin tinggi bunganya. Pengalokasian Dana ini memiliki risiko biaya yang rendah, jadi sangat cocok untuk Anda para Fresh Graduate.

Baca Juga: Pengalokasian Dana Jangka Pendek vs Pengalokasian Dana Jangka Panjang, Lebih Untung Mana?


4Obligasi

jenis pengalokasian dana terpercaya - obligasi - pengalokasian dana untuk ibu rumah tangga

Jika Anda belum familiar denganobligasi, pengalokasian dana ini adalah surat utang jangka panjang yang biasanya dikeluarkan pemerintah atau perusahaan swasta.

Nantinya,  salah satu pengalokasian dana untuk fresh graduate ini akan disertai dengan janji dari pihak yang mengeluarkannya, untuk membayar bunga dan pokok hutang pada pemilik obligasi dalam periode waktu tertentu.

Hingga saat ini, ada tiga jenis obligasi yang bisa Anda coba yaitu Obligasi Pemerintah, Obligasi Korporasi dan Obligasi Ritel. 

Nah, jika Anda memilih melakukan pengalokasian dana jenis ini, akan ada dua keuntungan yang didapat. Pertama, pembayaran kupon atau bunga obligasi dan kedua, keuntungan dari penjualan obligasi. 

Sampai sini, sudah tahu mau pilih yang mana? Eits.. tunggu dulu masih ada satu lagi pengalokasian dana untuk fresh graduate berikut.

Baca Juga: Strategi Mendanai di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan


5Peer-to-Peer Lending

pengalokasian dana peer to peer lending p2p lending koinworks - Strategi Mendanai di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan - pengalokasian dana untuk PNS - cara memilih pinjaman di koinworks

Selanjutnya ada Peer-to-Peer Lending (P2P) sebagai salah satu pengalokasian dana untuk fresh graduate. Peer-to-Peer Lending adalah salah satu jenis pengalokasian dana yang mempertemukan Pendana dan Peminjam, yang saling bahu-membahu untuk mewujudkan tujuan finansial mereka.

Apabila Anda tertarik untuk menjadi Pendana atau investor, Anda akan mengalokasikan dana yang dimiliki ke Peminjam, entah untuk mengembangkan bisnis atau menjalani pendidikan lanjutan.

Salah satu platform pengalokasian dana terpercaya yang bisa Anda andalkan adalah KoinWorks. Anda bisa memulai pengalokasian dana di KoinWorks hanya dengan modal Rp100.000. Imbal hasil yang ditawarkan ialah mulai dari 18%. Tentunya, sangat cocok dengan fresh graduate, kan?

Wah, banyak juga ya pengalokasian dana untuk fresh graduate yang cocok untuk dicoba sedini mungkin! Yuk, coba untuk melakukan pengalokasian dana agar lebih mudah untuk mencapai tujuan di masa depan. Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.