Strategi Investasi untuk Ibu Rumah Tangga dan Jenis Investasi Terbaiknya

Investasi Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Meskipun tidak menghasilkan uang secara aktif, seorang ibu rumah tangga memiliki peran penting untuk mengelola keuangan keluarga dengan baik. Untuk itu penting bagi Ibu Rumah Tangga untuk mempelajari strategi investasi untuk ibu rumah tangga.

Selain itu, tanpa pengelolaan keuangan yang baik, semua anggota keluarga akan terkena dampak kondisi yang buruk karena keputusan yang salah.


Strategi Investasi untuk Ibu Rumah Tangga

Mulai Dengan Mempersiapkan Dana Darurat

Ini dia strategi investasi untuk ibu rumah tangga. Jika kamu belum memiliki rekening tabungan, mulailah membukanya untuk mengamankan dana darurat untuk keluarga.

Dana darurat yang disimpan di dalam rekening tabungan akan digunakan saat keadaan darurat pada keluarga terjadi.

Misalnya saja, suami kamu mendapatkan PHK dari perusahaan, butuh tambahan dana saat anggota keluarga sedang sakit, dan lain sebagainya.

Idealnya, kamu harus mempersiapkan dana darurat minimal 6 bulan biaya hidup.

Dengan adanya dana darurat, kamu tidak perlu bingung saat kondisi darurat terjadi dan tidak perlu meminjam uang kepada orang lain yang bisa menambah beban.


Siapkan Beberapa Asuransi

Asuransi merupakan strategi investasi untuk ibu rumah tangga yang bisa diterapkan selanjutnya.

Asuransi pertama yang perlu dipersiapkan adalah asuransi jiwa untuk suami yang menjadi tulang punggung dan pihak yang mencari nafkah utama di dalam keluarga.

Asuransi jiwa adalah program perlindungan jika suami meninggal atau tidak bisa mencari nafkah karena keadaan tertentu.

Saat hal ini terjadi, kamu dan anak-anak akan mendapatkan manfaat untuk bertahan hidup saat suami tidak mampu memberikan nafkah.

Selanjutnya, kamu juga perlu mempersiapkan asuransi kesehatan untuk semua keluarga. Pilihlah asuransi kesehatan yang berkualitas dan memiliki premi yang tetap terjangkau.


Sisihkan Uang yang Diberikan Suami Untuk Berinvestasi

Investasi perlu dimiliki oleh ibu rumah tangga untuk mengembangkan uang yang dimilikinya.

Dengan berinvestasi, uang yang dimiliki akan berkembang nilainya di atas laju inflasi tahunan.

Hal ini tentu saja berbeda dengan menabung di bank.

Investasi apa yang tepat untuk ibu rumah tangga? Sebagai permulaan, kami sangat menyarankan kamu untuk berinvestasi di KoinWorks.

KoinWorks adalah platform investasi yang memungkinkan ibu rumah tangga bisa berinvestasi dengan dana mulai dari Rp100.000 saja.


Manfaatkan Waktu Untuk Bekerja Sampingan

Apa strategi investasi untuk ibu rumah tangga selanjutnya yang bisa diterapkan?

Ya, manfaatkanlah waktu luang mencari uang tambahan.

Semua ibu rumah tangga memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan uang dari rumah dengan cara bekerja lepas atau yang sering disebut freelancer.

Keterampilan desain grafis, menulis, dan media sosial sangat dibutuhkan oleh banyak pihak dan bisa dikerjakan secara remote.


Terus Menambah Ilmu Keuangan

Kamu tidak akan pernah bisa berkembang menjadi lebih baik, jika berhenti belajar. Tingkatkan pengetahuan berkaitan tentang keuangan, pelajari seni berinvestasi, cara membuat anggaran yang baik, dan lain sebagainya.

Pengetahuan tersebut tidak hanya digunakan di dalam rumah tangga saja.

Kamu juga bisa mengajarkan anak-anak untuk mengelola keuangan dengan baik, membiasakan hidup hemat dan tidak berlebihan, dan juga mengajarkan mereka untuk memabung.

Ibu rumah tangga yang mampu mengelola keuangan dengan baik bisa menikmati masa depan cerah dan lebih aman.


Jenis Investasi yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Reksa Dana Pasar Uang

Investasi untuk Ibu Rumah Tangga yang bisa kamu pilih adalah Reksa Dana Pasar Uang.

Reksa Dana sendiri secara sederhana bisa diartikan sebagai kumpulan dana dari investor yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi.

Jadi, kamu hanya perlu melakukan top-up sesuai jumlah yang diinginkan lalu dana tersebut akan dikelola oleh MI kepercayaan kamu.

Dengan begitu, kamu tak perlu melihat pergerakan pasar modal yang memakan banyak waktu dan bisa mengerjakan hal rumah tangga lainnya.

Para MI inilah yang akan bertugas memantau pasar modal dan mencari tahu saham terbaik untuk dibeli investor.

Sejatinya, reksa dana terbagi jadi 4 yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham.

Nah, kamu bisa memilih reksa dana pasar uang yang memang memiliki risiko minim dan cenderung stabil.


Emas atau Logam Mulia

Investasi emas emang populer dilakukan karena diklaim lebih stabil dan cenderung lebih mudah dilakukan.

kamu hanya perlu membelinya lalu menyimpannya dalam jangka waktu yang lama.

Ya, emas atau logam mulia termasuk investasi jangka panjang, makanya populer di kalangan investor yang memang ingin berinvestasi dalam kurun waktu lebih dari 5 tahun.

Harga Emas Hari Ini

Keuntungan dari berinvestasi emas adalah sifatnya yang likuid atau mudah dicarikan, sehingga saat nanti ada kebutuhan dana mendesak bisa digunakan.

Dalam memilih emas, sebaiknya kamu juga harus hati-hati. Karena bukan tidak mungkin, ada oknum-oknum nakal yang memalsukan emas.

Maka dari itu, kamu perlu lebih cermat dalam membedakan antara emas asli dan palsu, agar nantinya investasi berjalan sesuai keinginan.


Peer-to-Peer Lending

Kamu mungkin mempertanyakan, apa itu Peer-to-Peer Lending?

Sederhananya, Peer-to-Peer Lending (P2P) adalah sebuah marketplace tempat bertemunya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing.

Jika melakukan investasi dengan sistem P2P, kamu memiliki kesempatan untuk bisa mendanai individu atau pelaku bisnis. Mulai sekali, bukan?

Alasan kenapa P2P cocok sebagai investasi untuk ibu rumah tangga adalah karena modalnya yang tidak besar.

Jika kamu melakukan investasi Peer-to-Peer Lending (P2P) di KoinP2P dari KoinWorks, Super Financial App, hanya dengan Rp100.000 sudah bisa menjadi Pendana.

Selain itu, imbal hasil yang ditawarkan juga sangat menarik yaitu mulai dari 18% per tahun.

Kalau kamu masih belum yakin karena perihal keamanan, KoinWorks sendiri sudah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan, sehingga lebih terpercaya.


Surat Utang Negara

Seperti namanya, Surat Utang Negara atau SUN adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dan bertujuan untuk mencari dana pembiayaan APBN.

Nah, jika menjadi investor di sini, artinya kamu seolah memberikan pinjaman kepada pemerintah dan akan mendapatkan imbal hasil berupa bunga atau kupon.

Investasi SUN bisa dibilang sebagai investasi untuk ibu rumah tangga yang aman dan menguntungkan, karena pembayaran kupon dan pokok dijamin oleh negara sehingga tak ada risiko gagal bayar.

Untuk produk-produk SUN sendiri terdapat beberapa yang bisa kamu coba seperti ORI (Obligasi Ritel Indonesia), Sukri (Sukuk Ritel) dan SBR (Saving Bond Ritel).


Berbisnis

Lho, ingin berinvestasi kok malah disuruh berbisnis?

Ya, membuka bisnis bisa menjadi investasi untuk ibu rumah tangga juga, lho.

kamu bisa meluangkan waktu untuk membuat makanan ringan, yang nantinya dijual dan menghasilkan untung.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menyalurkan hobi seperti membuat kerajinan tangan atau menjahit, setelah itu dijual secara online yang memang lebih mudah dan efektif.

Mulailah dengan membuat produksi yang kecil dahulu, agar tidak berat awalnya.

Setelah sudah mendapatkan untung, putarlah uang tersebut untuk menjadi modal kembali lalu menambah kuantitas produksi.


Ternyata menjadi Ibu Rumah Tangga juga bisa menghasilkan, kan?

Yuk, jadi Ibu Rumah Tangga produktif dengan memulai investasi yang menurut kamu paling aman dan menjanjikan untuk masa depan keluargamu.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.