Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Wajib Catat! Ini 6 Investasi untuk PNS yang Mau Jadi Investor

Wajib Catat! Ini 6 Investasi untuk PNS yang Mau Jadi Investor

·
5 menit
kasbon karyawan - pinjaman karyawan -cpns-tipu-penipuan-tips-cek-ricek-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS! - Investasi untuk PNS - jenis investasi jangka panjang - resolusi tahun baru

Wajib Catat! Ini 6 Investasi untuk PNS yang Mau Jadi Investor – Bukan menjadi rahasia lagi kalau PNS memang memiliki penghasilan yang stabil dan cenderung aman.

PNS seakan menjadi mimpi banyak orang dan profesi idaman, khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Memang, seorang PNS dikenal punya hidup terjamin dengan segala keistimewaan yang ada seperti gaji ke-13 dan tunjangan kinerja.

Belum lagi dengan adanya jaminan hari tua di mana PNS mendapatkan uang pensiun di masa tua nanti.

Walaupun cenderung stabil dan aman, tetapi tak ada salahnya untuk PNS meningkatkan pendapatannya melalui investasi.

Baca Juga: 6 Jenis Investasi Unik yang Dilakukan Orang Kaya dan Terkenal di Dunia

Nantinya, keuntungan investasi yang didapatkan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan konsumtif seperti membeli barang baru atau traveling dan kebutuhan jangka panjang, seperti bebas finansial di masa pensiun nanti.

Nah, sebelum memutuskan berinvestasi berikut 6 rekomendasi jenis investasi untuk PNS yang bisa jadi pilihan. Berikut ulasannya!


Wajib Catat! Ini 6 Investasi untuk PNS yang Mau Jadi Investor

Emas

Sebelum Berinvestasi, Kenali 5 Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Palsu - Investasi untuk PNS

Logam Mulia atau Emas bisa menjadi investasi untuk PNS yang cocok untuk dilakukan. Investasi dengan cara ini diklaim mudah dan efektif bagi PNS. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membeli emas lalu menyimpannya dengan baik di rumah.

Sudah sejak lama, investasi emas populer di kalangan masyarakat, mulai dari ibu rumah tangga hingga pegawai swasta.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini: Minggu, 25 Juli 2021

Alasannya, karena emas diklaim memiliki risiko minim dan relatif aman. Selain itu sifatnya likuid sehingga bisa mudah dicairkan saat nanti menghadapi keadaan darurat yang butuh dana dadakan.

Baca Juga:  4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman

Emas merupakan investasi jangka panjang, jadi lebih baik kamu melakukannya dengan jangka waktu untuk 5 tahun ke depan.


Deposito

bunga Diatas Deposito - investasi jangka pendek - Jenis Bunga Deposito Time Deposit - investasi untuk PNS

Selanjutnya ada Deposito sebagai investasi untuk PNS yang bisa menjadi pilihan kamu. Mungkin kamu sudah familiar dengan deposito, jenis investasi ini juga populer di kalangan PNS untuk menyalurkan dananya.

Dengan berinvestasi melalui Deposito, kamu akan menyimpan uang di bank selama waktu tertentu yang sebelumnya sudah bank dan nasabah sepakati.

Sayangnya, uang tabungan kamu tersebut tidak akan bisa ditarik sesuka hati, karena kamu harus mengikuti tempo waktu yang sudah ditentukan seperti 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.

Baca Juga: Mari Mengenal Deposito Lebih Dekat: Apa Itu Deposito dan Seperti Apa Karakteristiknya?

Tapi jangan khawatir, Deposito memiliki bunga yang tinggi dibandingkan tabungan biasa. Jadi, semakin lama jangka waktu Deposito kamu akan semakin besar pula bunga yang didapatkan.

Tetapi, untuk bisa masuk berinvestasi pada Deposito, kamu memerlukan modal yang besar lebih dahulu, minimal Rp10 juta.

Nah, bisa nih saat kamu nanti mendapatkan uang Gaji-13 atau bonus tahunan, daripada hanya ditabung di rekening biasa lebih baik simpan pada Deposito.


Investasi di Sektor Pertanian

investasi untuk PNS - padi - sawah - pertanian

Jika kamu belum pernah mendengar ini sebelumnya wajar saja, karena memang investasi untuk PNS ini jarang dibicarakan masyarakat umum.

Tetapi, sebenarnya investasi produk pertanian layak untuk dipertimbangkan. Karena seperti yang kamu tahu, Indonesia merupakan negara agraris yang sekitar 41% masyarakatnya bekerja di bidang pertanian.

Baca Juga: 4 Langkah Cerdas Dalam Menggunakan Uang

Saat ini sudah ada cara mudah melakukan investasi ini, misalnya melalui online. Pastikan kamu memilih tempat terpercaya yang sudah jelas rekam jejaknya agar tujuan keuangan bisa dicapai secara maksimal.


Peer-to-Peer Lending

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - Strategi Mendanai di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan - investasi untuk PNS

Investasi untuk PNS selanjutnya adalah pendanaan Peer-to-Peer Lending (P2P) yang bisa masuk ke dalam jajaran instrumen pilihan kamu.

Bagi kamu yang belum tahu, Peer-to-Peer Lending (P2P) adalah sebuah marketplace tempat terhubungnya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Dengan menjadi pendana di P2P, kamu akan berkesempatan untuk mendanai suatu individu atau pelaku bisnis.

Jika kamu tertarik untuk mendanai di Peer-to-Peer Lending (P2P), KoinWorks bisa menjadi platform pilihan bagi kamu. Di KoinWorks kamu bisa langsung menjadi pendana hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya sebagai modal awal.

Hasilnya juga sangat menarik, kamu akan ditawarkan hasil imbal balik yang besar hingga 21,32%


Reksa Dana

jenis investasi - reksa dana - investasi untuk PNS

kamu pasti sudah sering mendengar tentang investasi untuk PNS inI yaitu, Reksa Dana. Dengan berinvestasi di reksa dana, kamu akan dibantu oleh manajer investasi (MI) dalam mengelola keuangan.

Para Manajer Investasi ini yang akan memantau pasar modal dan mencari tahu apa saham terbaik untuk dibeli investor. Jadi, kamu tak perlu repot melihat pergerakan pasar modal secara berkala.

Ada beragam reksa dana yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan yaitu, pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Setiap sahamnya, memiliki risiko dan return-nya sendiri yang bisa kamu pilih sesuai dengan profil risiko.

Ada tiga profil risiko yang harus kamu ketahui sebelum melakukan investasi yaitu, Konservatif, Moderat dan Agresif.

Baca Juga: 3 Profil Risiko Investor Berdasarkan Karakter Spider-Man: Far From Home!

Konservatif adalah orang yang tidak bisa mentolerir risiko dan ingin investasi yang berjalan stabil. Lalu Moderat, adalah orang yang bisa mentolerir risiko namun tidak dengan risiko yang besar dan tak bisa diatasi. Selanjutnya Agresif adalah seorang Risk-Taker yang siap menghadapi risiko sebesar apapun asalkan mendapatkan hasil yang juga besar.


Saham

bermain saham - investasi saham untuk PNS

Investasi untuk PNS terakhir yang bisa kamu pilih adalah Saham. Saat mendengar nama investasi ini, tidak sedikit orang yang apatis karena saham populer dengan risiko tinggi.

Tak hanya itu, saham juga disebut memerlukan modal besar untuk memulainya. Tetapi kenyataannya, hal ini akan berbanding lurus dengan return yang dihasilkan, di mana keuntungan dan risiko yang dihasilkan sama-sama tinggi.

Baca Juga: 4 Manfaat Investasi Saham Buat Masa Depan kamu Selain Bisa Bikin Kaya!

Ketika kamu ingin mencoba masuk ke dalam pasar modal dan berinvestasi saham, sebaiknya belajar dulu cara bermainnya dan tidak menginvestasikan lebih dari 5% kekayaan kamu.

Itulah beragam jenis investasi yang bisa kamu pilih. Jika kamu seorang PNS mungkin kehidupan bisa berjalan dengan lebih terjamin karena adanya gaji pokok, dana tunjangan dan dana pensiun. Namun, bukan berarti kamu skip berinvestasi, karena hal itu akan sangat membantu kamu menghadapi inflasi keuangan di masa depan nanti. Happy Investing!

Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG