Benci Matematika? Lakukan 3 Langkah Penganggaran Sederhana Berikut Ini – Salah satu alasan yang membuat banyak orang tidak bersedia membuat anggaran keuangan karena dianggap terlalu rumit dan tidak suka dengan matematika.

Menariknya adalah ternyata Anda tetap bisa melakukan penganggaran dengan mudah tanpa harus menerapkan kemampuan matematika yang mumpuni.

Berikut ini 3 langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan anggaran dengan mudah.

Benci Matematika? Lakukan 3 Langkah Penganggaran Sederhana Berikut Ini

1Membaginya dengan Cara Sederhana

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan - jenis investasi jangka panjang

Membuat rencana adalah langkah pertama yang perlu dilakukan agar bisa menerapkan anggaran dengan mudah.

Itu artinya Anda perlu membagi berapa banyak persentase yang akan digunakan untuk menabung, berinvestasi, dan pengeluaran.

Cara seperti ini tentu saja sangat sederhana dan membuat Anda tidak perlu melakukan perhitungan yang rumit.


2Melacak Kemana Uang Tersebut Pergi

hemat uang

Langkah kedua adalah dengan melacak kemana aliran uang tersebut pergi dan dihabiskan selama ini. Jangan sampai pengeluaran dalam sebulan jauh lebih besar dari jumlah penghasilan bulanan yang didapatkan.

Baca juga: 5 Pencapaian Keuangan yang Perlu Dilakukan Anak Muda Sedini Mungkin

Cara terbaik agar pengeluaran sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya adalah dengan menggunakan sistem amplop.

Buatlah amplop sesuai dengan penggunaannya, misalnya saja untuk bahan makanan, utilitas, menabung, dan investasi. Jangan pernah menggunakan amplop yang berada di luar anggaran dan lakukan dengan disiplin.


3Lakukan Peninjauan dan Perbaikan

Menggabungkan Keuangan Sebelum Menikah

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah meninjau kembali anggaran yang dibuat selama ini. Pastikan semua kebutuhan yang dialokasikan ke dalam amplop terpenuhi sesuai dengan penggunaannya.

Baca juga: 3 Insting Manusia yang Ternyata Bisa Membahayakan Investasi Mereka

Atau Anda juga perlu melakukan penyesuaian untuk anggaran yang berlebihan atau pengeluaran yang tidak dianggarkan sebelumnya.

Pastikan Anda telah berinvestasi yang tepat untuk masing-masing pos pengeluaran. Hal yang perlu dipahami adalah mendapatkan alokasi yang tepat membutuhkan waktu beberapa bulan dan tidak bisa dilakukan dalam waktu satu bulan saja.

Pos investasi adalah salah satu anggaran yang penting dimiliki dan jangan sampai terlewati. Sebab dana investasi ini akan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga di masa depan.

Jangan ragu berinvestasi!

Mulailah dengan persentase sebesar 10% dari penghasilan untuk digunakan sebagai investasi. Anda bisa memulainya dengan membeli produk investasi di KoinWorks dengan modal awal Rp100.000 saja.

Meskipun modal awal investasi sangat terbatas, tetapi tingkat imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai lebih dari 18% per tahun.

Baca juga: Jangan Mudah Percaya! Ini 5 Mitos Anggaran Keuangan yang Tidak Perlu Anda Dengarkan

Pembahasan di atas menekankan bahwa jangan pernah menjadikan alasan rumit dan kesulitan memahami matematika membuat Anda tidak menganggarkan keuangan bulanan. Anggaran keuangan bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana melalui 3 langkah di atas.

Anda hanya perlu membuat alokasi pengeluaran yang sederhana, membuat sistem amplop yang mudah, dan melakukan evaluasi.

Ingatlah bahwa mereka yang tidak memiliki anggaran keuangan jauh lebih berpotensi mengeluarkan uang berlebihan dan melebihi anggaran. Membuat anggaran keuangan adalah tahap awal agar Anda bisa mencapai tujuan keuangan yang lebih besar di masa depan.

Masih berpikir bahwa membuat anggaran itu sulit untuk dilakukan?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.