7 Pengeluaran Kecil yang Menguras Anggaran Bulanan – Banyak masyarakat yang meremehkan pengeluaran kecil dan mereka juga tidak terlalu khawatir dengan dampak atas pengeluaran kecil tersebut.

Hal yang jarang disadari adalah beberapa pengeluaran kecil ternyata bisa berdampak negatif terhadap anggaran bulanan.

Baca juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Beberapa jenis pengeluaran kecil yang sering dilakukan meliputi minum kopi di cafe yang dilakukan setiap akhir pekan, membeli makanan ringan di swalayan, membeli games atau aplikasi berbayar untuk smartphone, dan biaya yang dihabiskan untuk makan di luar.

Memang benar, biaya yang Anda keluarkan untuk pengeluaran di atas tidak terlalu besar dan hanya berkisar pada angka Rp5.000 – Rp50.000 saja.

Namun, coba kalkulasikan secara cermat dan jumlahkan semua pengeluaran kecil yang dilakukan selama 1 bulan. Anda pasti akan terkejut melihat jumlah pengeluaran kecil tersebut dalam 1 bulan.

Ketahuilah, setidaknya ada 7 pengeluaran kecil yang menguras anggaran keuangan Anda.

7 Pengeluaran Kecil yang Menguras Anggaran Bulanan

1Kebiasaan Menarik Uang Tunai Berlebihan di ATM

Saat menarik uang secara berlebihan di ATM, Anda sangat berpotensi untuk melakukan pengeluaran yang berlebih.

Hal tersebut dapat terjadi karena saat melihat banyak uang di dalam dompet, Anda merasa memiliki banyak uang yang bisa dibelanjakan sehingga secara tidak sadar bisa mengeluarkan lebih banyak biaya di luar anggaran yang sudah ditetapkan.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah biasakan diri untuk mengetahui berapa kebutuhan yang Anda perlukan setiap minggu. Dengan demikian, Anda bisa mengambil uang di ATM sesuai dengan kebutuhan mingguan tersebut. 


2Hadiah

Hadiah di sini meliputi uang atau barang yang Anda berikan untuk hadiah ulang tahun, hadiah pernikahan, hadiah kelahiran anak seorang teman, dan jenis yang lainnya.

Saat memberikan jenis hadiah ini, setidaknya Anda akan mengeluarkan uang minimal Rp50.000 – Rp100.000. Duh… apa tidak menguras anggaran bulanan, ya?


3Biaya Atas Kepemilikan Kendaraan

Biaya atas kepemilikan kendaraan pun termasuk dalam salah satu pengeluaran kecil yang menguras anggaran bulanan.

Kendaraan seperti motor dan mobil membutuhkan biaya yang harus Anda keluarkan secara berkala. Biaya kecil atas kepemilikan kendaraan bermotor meliputi biaya masuk tol, biaya parkir, biaya suku cadang, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru, Jangan Sampai Memboroskan Uang!

Biaya parkir menjadi jenis pengeluaran yang tidak banyak diperhitungkan oleh sebagian masyarakat yang memiliki mobil dan motor.

Padahal saat ini biaya parkir memiliki sistem perhitungan per jam dan artinya biaya ini akan semakin meningkat jika Anda sering bepergian ke suatu tempat.


4Biaya Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Pergaulan dan pengaruh teman-teman seringkali membuat Anda mengikuti gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya saja mengeluarkan uang untuk membeli bir, wine, dan rokok yang semua itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda.


5Biaya Atas Kepemilikan Properti

Properti merupakan jenis harta yang nilainya berpotensi untuk terus meningkat di masa depan. Hanya saja, kepemilikan properti membuat Anda harus mengeluarkan beberapa biaya kecil secara rutin.

Misalnya, biaya untuk perbaikan, biaya pemeliharaan, dan biaya utilitas yang nilainya tidak terduga dan bisa menguras banyak pengeluaran.


6Biaya Makan di Luar

Jenis biaya ini sudah kami singgung pada penjelasan di atas dan seringkali dianggap sebagai pengeluaran kecil yang tidak diperhitungkan oleh sebagian besar masyarakat.

Misalnya saja Anda menghabiskan uang  Rp100.000 untuk sekedar makan di luar setiap minggu. Itu artinya dalam 1 bulan, Anda sudah mengeluarkan uang untuk makan di luar mencapai Rp400.000.

Jika saat ini Anda memiliki penghasilan rata-rata orang Indonesia yang berada pada kisaran Rp3.000.000 setiap bulan. Pengeluaran untuk maka di luar sudah mencapai persentase sebesar 13% dari total penghasilan Anda.


7Biaya Kecantikan

Jenis biaya yang satu ini paling banyak dilakukan oleh para wanita untuk merawat diri dan menjaga penampilan mereka. Biaya kecantikan di sini termasuk di dalamnya biaya ke salon, biaya perawatan spa, dan biaya membeli berbagai produk kecantikan.


Lantas, Apa Solusi dari Masalah di Atas?

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil - Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Tidak masalah jika Anda memiliki beberapa pengeluaran kecil yang harus dikeluarkan setiap bulan. Hanya saja penting untuk melakukan pencatatan atas setiap pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulannya.

Anda bisa mencatat jenis pengeluaran kecil di dalam smartphone atau menggunakan aplikasi penganggaran yang bisa didapatkan secara gratis.

Dengan cara seperti ini, Anda akan memiliki anggaran yang memang dikhususkan untuk pengeluaran kecil dan bisa sekaligus memonitor pengeluaran yang dilakukan.

Langkah selanjutnya adalah penting untuk mengetahui pengeluaran yang benar-benar diprioritaskan setiap bulannya.

Lakukan evaluasi apakah Anda benar-benar perlu menghabiskan uang untuk makan di luar, membeli perlengkapan kosmetik, dan membeli rokok yang terbukti berbahaya bagi kesehatan.

Padahal ada banyak sekali tempat untuk Anda pertimbangkan sebagai sarana untuk mengembangkan nilai uang di masa depan. Misalnya saja dengan berinvestasi di  KoinWorks yang bisa Anda mulai dengan modal yang sangat minim yaitu  Rp100.000 saja.

Dengan berinvestasi di  KoinWorks Anda berpotensi untuk mendapatkan manfaat keuangan di masa depan.

\Hasil investasi yang didapatkan bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan, misalnya saja untuk membayar DP rumah, membiayai dana pendidikan anak, dan biaya berlibur.

Ayo biasakan diri dari sekarang untuk berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.