4 Pengeluaran yang Membuat Boros Anggaran, Ayo Mulai Kurangi! – Agar bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung atau diinvestasikan setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama, Anda meningkatkan jumlah pendapatan atau mengurangi jumlah pengeluaran setiap bulannya.

Jika saat ini Anda belum mampu menambah jumlah penghasilan setiap bulannya, maka solusi terbaik yang perlu dilakukan adalah mengurangi pengeluaran setiap bulan.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian Saat Mengelola Keuangan Pribadi, Apa Kepribadian Anda?

Mengurangi jumlah pengeluaran bisa dimulai dari anggaran bulanan yang dimiliki. Sebab, ada banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk hal-hal tertentu.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan 4 jenis pengeluaran membuat boros anggaran setiap bulannya. Apa saja?

4 Pengeluaran yang Membuat Boros Anggaran

1. Barang Habis Pakai

super market swalayan kasir - toko swalayan

Barang-barang habis pakai yang dimaksudkan disini seperti pasta gigi, sabun, shampo, minyak goreng, deterjen, dan lain sebagainya.

Tahukah Anda bahwa barang-barang habis pakai yang memiliki brand yang sudah terkenal bisa mematok harga jual yang lebih mahal dari brand yang lain.

Baca juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Padahal fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan dari kedua jenis brand tersebut tidak jauh berbeda, bahkan hampir sama kualitasnya.

Kami tidak menyarankan Anda untuk membeli barang habis pakai dengan harga yang paling murah, pilihan bisa Anda jatuhkan pada jenis brand yang berada ditengah-tengah.

Cara seperti ini bisa menghemat lebih banyak pengeluaran bulanan untuk membeli barang habis pakai.


2. Membeli Bahan Makanan di Supermarket

super market - swalayan

Supermarket memang menawarkan kenyamanan berbelanja yang lebih baik dibandingkan dengan pasar tradisional.

Berbelanja di supermarket membuat Anda tidak perlu berdesak-desakan dengan pembeli yang lain dan juga tidak perlu berpanas-panasan saat belanja.

Kemudahan dan fasilitas belanja yang lebih baik mengharuskan Anda untuk membayar berbagai bahan makanan yang ada dengan harga yang lebih mahal dibandingkan harga bahan makanan di pasar.

Padahal jika melihat kesegaran dan kualitas bahan makanan, pasar tradisional terbukti lebih baik dibandingkan dengan bahan makanan yang ada di supermarket.


3. Membeli Air Mineral

Air Mineral Botol

Air mineral merupakan salah satu pengeluaran yang membuat boros anggaran. Jika masyarakat negara maju melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang membeli air mineral, mungkin sebagian dari mereka akan bingung dan memandangnya aneh.

Hal tersebut bisa terjadi karena di negara maju air mineral sudah tersedia secara gratis. Anda tinggal membuka keran yang disediakan dan langsung meminum air tersebut.

Cara di atas sepertinya belum bisa dirasakan oleh masyarakat di Indonesia dan akhirnya membuat banyak orang yang memilih untuk membeli air minum dalam kemasan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang!

Dengan harga jual air mineral mulai dari Rp500 untuk ukuran kecil dan Rp5.000 untuk ukuran yang besar sepertinya tidak menjadi masalah yang besar.

Hal yang tidak disadari adalah bagaimana jika Anda rutin membeli air mineral tersebut dalam sebulan. Rp5.000 x 30 hari dalam sebulan yaitu Rp150.000 yang harus dikeluarkan hanya untuk minum air saja.

Padahal dengan uang tersebut Anda bisa memanfaatkannya untuk berinvestasi di KoinWorks, sebuah platform investasi peer-to-peer lending yang tepat untuk investor pemula. Di KoinWorks, Anda bisa mulai mendanai dengan nominal mulai dari Rp100.000.

Meski modal untuk memulai investasi sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yakni, mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Daripada membeli air minum dalam kemasan setiap hari, lebih baik membeli air minum dalam ukuran galon 19 liter yang harganya lebih murah.

Anda bisa menggunakan botol air minum dan membawanya saat Anda beraktivitas seharian.


4. Biaya Berlangganan Bulanan

koran - berita

Harus diakui bahwa biaya berlangganan yang dikeluarkan setiap bulan sangat berpengaruh terhadap jumlah pengeluaran setiap bulannya. Ini merupakan pengeluaran yang membuat boros anggaran.

Coba Anda evaluasi apa saja jenis langganan yang diikuti, apakah berlangganan majalah bulanan, berlangganan TV kabel, keanggotaan gym, berlangganan koran, atau berlangganan musik bulanan.

Jika Anda berlangganan salah satu contoh yang kami sebutkan di atas, sebenarnya ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menghematnya.

Jika Anda berlangganan koran atau majalah, sebenarnya hal ini tidak perlu lagi dilakukan. Sebab Anda bisa mengakses berita dan informasi dengan lebih cepat melalui website berita yang terpercaya.

Baca Juga: Begini 5 Cara Menyimpan Uang yang Lebih Praktis

Kelebihan website berita dibandingkan koran adalah Anda bisa mendapatkan update berita dalam sekejap dan yang lebih penting adalah layanan ini gratis untuk didapatkan.

Selanjutnya, jika Anda berlangganan TV kabel yang memakan biaya mulai dari Rp100.000 – Rp300.000. Saat ini sudah banyak sekali channel internasional dan lokal yang go online dan bisa Anda akses secara langsung melalui live streaming.

Dengan pilihan alternatif ini, Anda bisa menghemat biaya berlangganan dan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk akses internet saja.

Empat jenis pengeluaran di atas sebenarnya nilainya kecil, tetapi nilai yang kecil tersebut bisa menjadi sangat besar saat diakumulasikan dalam periode yang lebih panjang.

Daripada menghabiskan uang hanya untuk hal yang tidak terlalu Anda butuhkan atau hal yang bisa dihemat, lebih baik sisihkan uang tersebut untuk diinvestasikan atau ditabung.

Melalui investasi, Anda bisa mencapai berbagai tujuan keuangan. Sebagai contoh, liburan bersama keluargamembayar DP rumahmembiayai dana pendidikan anakmembeli kendaraan untuk keluarga, dan lain sebagainya.

Investasi sangat kami rekomendasikan karena mampu meningkatkan nilai uang di masa depan dan hal ini tidak akan bisa dilakukan saat uang tersebut hanya disimpan didalam rekening tabungan.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.