Mau Pensiun dengan Tenang dan Nyaman? Terapkan 4 Tips Ini – Pensiun merupakan masa-masa yang pasti akan Anda lalui dalam hidup dan penting untuk mulai dipersiapkan sejak dini.

Memasuki masa pensiun Anda tidak akan bisa produktif bekerja seperti layaknya masih muda. Di masa-masa ini, Anda harus mulai menikmati waktu bersantai menikmati hasil jerih payah di masa muda.

Pada penjelasan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada Anda semua tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa pensiun dengan tenang dan nyaman. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Mau Pensiun dengan Tenang dan Nyaman? Terapkan 4 Tips Ini

1Mulai Berhemat Sejak Dini

cara berhemat yang salah - berhemat di bulan puasa - pengeluaran sehari-hari

Apabila Anda tidak memiliki rekening tabungan pensiun, maka mulailah saat ini untuk teratur menyisihkan pendapatan Anda untuk mempersiapkan masa pensiun.

Semakin cepat Anda mempersiapkan dana pensiun, maka akan semakin besar juga total tabungan yang akan didapatkan di masa depan. Jangan pernah menunda untuk mempersiapkan dana tabungan!


2Berinvestasilah!

Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks - Apa yang Dimaksud dengan Helicopter Investor? Apakah Anda Termasuk?

Investasi merupakan aset yang diharapkan bisa memberikan manfaat dalam jangka panjang dan di masa depan. Investasi yang Anda lakukan bisa dalam bentuk properti, saham, obligasi, emas, reksadana, dan lain sebagainya.

Saat ingin mempersiapkan dana pensiun, maka penting untuk mempertimbangkan jenis investasi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal. Investor yang cerdas mampu mengurangi resiko investasi dengan cara melakukan diversifikasi atas investasi yang mereka miliki.

Jika saat ini Anda masih muda, maka pilihlah jenis investasi agresif yang mampu menawarkan tingkat imbal hasil yang sangat tinggi. Seiring dengan bertambahnya usia, maka lakukan diversifikasi risiko dengan memilih jenis investasi yang memiliki resiko yang rendah.

Berinvestasi di peer-to-peer lending seperti KoinWorks bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. KoinWorks menawarkan tingkat imbal hasil yang sangat kompetitif dan mampu mengalahkan laju inflasi tahunan di Indonesia.

Modal yang perlu Anda miliki untuk memulai berinvestasi di KoinWorks juga terbilang sangat rendah yaitu hanya Rp100.000 saja. Jumlah uang yang sangat rendah dan bisa dijangkau oleh mayoritas masyarakat di Indonesia.


3Miliki Gaya Hidup yang Sederhana dan Tidak Berlebihan

10 Cara Bersenang-Senang Tanpa Uang, Yuk Berhemat!

Banyak masyarakat di Indonesia yang melakukan pembelian atau layanan yang sebenarnya tidak terlalu mereka perlukan.

Hal ini mereka lakukan karena tidak mampu menahan emosi dan telah tersedianya layanan kredit yang memungkinkan mereka mendapatkan barang dengan mudah.

Baca juga: 5 Tujuan Keuangan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Kedua faktor di atas jugalah yang berperan penting dan membuat banyak masyarakat terjerat utang kartu kredit dan memiliki kondisi keuangan yang sangat buruk.  

Sebaiknya pertimbangkan untuk membangun kondisi keuangan yang mapan untuk mempersiapkan masa pensiun dengan lebih baik. Fokus untuk melunasi hutang, membangun investasi, dan tidak berlebihan saat berbelanja.

Pertimbangkan dengan matang sebelum Anda melakukan pembelian berbagai barang mewah yang mahal, seperti mobil, smartphone, komputer, tablet, dan lain sebagainya. Beli sebuah barang berdasarkan apa yang Anda butuhkan, bukan membeli barang berdasarkan apa yang Anda inginkan saat ini.

Jika Anda belum mampu melakukan pembelian jenis barang tertentu, maka pertimbangkan untuk menunda pengeluaran tersebut selama beberapa saat. Lebih baik membeli barang secara tunai daripada harus berutang dan mengandalkan kartu kredit.

Baca juga: 7 Teknik Boros yang Ternyata Lebih Ampuh Menghemat Uang, Kok Bisa?

Anda juga bisa membeli barang atau layanan yang sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan pernah membeli barang yang tidak bisa Anda penuhi, karena hal tersebut akan membebani diri sendiri.

Tips di atas bukan mengajarkan Anda untuk pelit, tetapi memberikan pemahaman tentang pentingnya membuat keputusan yang cerdas dan bijaksana. Jangan pernah membeli barang secara emosional, berpikirlah dua kali sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang dan layanan.


4Menjaga Kesehatan

10 Cara Bersenang-Senang Tanpa Uang, Yuk Berhemat! - bersepeda - 8 Manfaat Bersepeda Ini Bisa Anda Lakukan Demi Berhemat

Usia yang semakin tua membuat Anda semakin beresiko dengan kondisi kesehatan yang memburuk di masa depan.

Hal yang perlu disadari di sini adalah biaya kesehatan dan pengobatan terus meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi jika Anda memilih untuk berobat di luar negeri seperti Singapura, Jepang, dan negara maju lainnya.

Kondisi kesehatan di masa tua sangat dipengaruhi oleh gaya hidup Anda di masa muda, apakah Anda merokok, mengonsumsi alkohol, tidak berolahraga, dan lain sebagainya.

Saat masih muda, Anda tidak akan merasakan efek negatif dari gaya hidup yang dilakukan. Efek negatif tersebut baru akan terasa pada saat Anda berusia senja dan memasuki masa tua.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan saat Anda masih muda supaya Anda bisa menikmati masa pensiun dengan tenang dan nyaman.

Baca juga: 5 Alasan Orang Menghabiskan Uang yang Tidak Mereka Miliki

Dengan menjaga kesehatan, itu artinya Anda berpotensi untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik di masa tua dan tidak perlu mengeluarkan biaya kesehatan yang sangat mahal di masa tua nanti.

Nah, dengan mempersiapkan 4 hal di atas, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dengan kondisi keuangan yang buruk di masa depan atau biaya kesehatan yang tinggi. Persiapan yang sudah dilakukan di masa muda memungkinkan Anda menikmati masa tua dan pensiun dengan lebih tenang dan nyaman.

Jangan tunda lagi! Mulailah berinvestasi, hidup sederhana, dan menjaga kesehatan untuk masa depan yang lebih baik.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.