5 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Menemukan Karier yang Tepat –  Satu faktor yang sangat berpengaruh dalam karier adalah pendidikan yang telah ditempuh.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti apa yang disukai dan preferensi pribadi.

Tidak ada gunanya menggeluti profesi yang tidak sesuai dengan minat, sebab hal tersebut akan membuat Anda membenci pekerjaan dan tidak akan menghasilkan sesuatu yang optimal.

Ternyata ada beberapa langkah dasar yang bisa dilakukan seseorang untuk membantu mereka mengetahui jalur karier yang bisa dipilih. Di bawah ini adalah beberapa tips karier yang sangat bermanfaat untuk para siswa untuk perencanaan dan pengembangan karier mereka.

5 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Menemukan Karier yang Tepat

Mempelajari tentang Pilihan Karier

online karyawan kerja - Lakukan 5 Langkah Ini Jika Ingin Mendapatkan Promosi dan Perkembangan Karier

Agar mengetahui pekerjaan yang terbaik, maka Anda harus mengambil inisiatif untuk menjelajahinya sendiri. Temukan beberapa pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda dan kisaran gaji yang akan didapatkan untuk berbagai pekerjaan.

Anda juga bisa mengetahui lebih lanjut tentang karier tersebut dengan cara mengambil pekerjaan magang dan paruh waktu. Semakin banyak perencanaan karier yang dilakukan, maka akan semakin baik persiapan Anda dalam menemukan pekerjaan pertama.


Memprioritaskan Karier yang Akan Dilakukan

guru dan tenaga pengajar jurusan matematika - 7 Langkah Mudah Menjadi Karyawan Berprestasi - mengatasi rasa takut berbicara di depan umum - 3 Cara Menggunakan Teknik Pembelajaran Visual untuk Mendukung Perkembangan Karier dan Bisnis - 7 Pekerjaan Terkait Bahasa Asing yang Bisa Anda Geluti

Setelah Anda menghabiskan waktu untuk langkah yang pertama, maka akan muncul beberapa preferensi karier yang mungkin dilakukan.

Jangan lupa untuk mempelajari tentang diri Anda sendiri agar menemukan pilihan karier yang terbaik untuk dipilih.


Pertimbangkan Hobi Anda

Mulailah untuk mempertimbangkan hobi yang Anda miliki dan tuliskan ke dalam sebuah catatan. Tuliskan dalam catatan tersebut apa saja alasan yang membuat Anda menikmati hobi dan apakah memungkinkan untuk dijadikan karier atau pekerjaan.

Jika Anda memasak dan sangat menikmati hobi tersebut, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi seorang profesional chef di masa depan.


Hubungkan Pekerjaan Tersebut dengan Mimpi yang Dimiliki

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - 4 Langkah Agar Mendapatkan Bantuan dari Orang Lain dengan Mudah - 5 Langkah untuk Mendukung Pertumbuhan Karier dan Hidup Anda

Setiap orang pasti memiliki impian yang ingin diwujudkan dalam hidup. Mulailah dengan memikirkan apa saja yang Anda anggap mustahil dan tidak mungkin terjadi.

Apa yang disukai dan Anda ingin wujudkan di masa depan bisa menjadi motivasi dalam melakukan sebuah pekerjaan.


Jangan Hanya Terkurung dalam Zona Nyaman Saja

Para Ekstrovert Wajib Coba 9 Pilihan Karier Menjanjikan Ini - standup comedian
sumber: shutterstock.com

Inilah waktunya untuk mencoba hal-hal baru, bertemu dengan orang baru, dan merasa tidak nyaman untuk sebuah pertumbuhan. Anda tidak akan bisa menjadi pribadi yang tumbuh, jika tetap berada dalam zona nyaman yang sudah akrab.

Mulailah menantang diri Anda melakukan sesuatu yang sulit dan menakutkan. Misalnya saja, Anda takut untuk bertemu dengan orang baru, maka mulailah untuk menantang diri sendiri untuk menemukan 1 orang teman setiap harinya dan ajak mereka berbicara tentang apapun.

Terus menantang diri akan membuat Anda tumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Atau Anda juga bisa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru melalui kursus atau pelatihan yang akan mendukung dalam karier dan pekerjaan.

Misalnya saja mengikuti kursus bahasa Inggris, kursus keterampilan berbicara, IT, leadership, dan lain sebagainya. Manfaatkan waktu yang Anda miliki untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berkembang di masa depan.

Hanya saja, sebagian orang tidak bersedia mengikuti kursus dan pelatihan karena biaya pendidikan yang cukup mahal.

Lalu, adakah solusi untuk mengatasi masalah di atas?

Berkaitan dengan hal tersebut Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab saat ini telah tersedia fasilitas pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa dimanfaatkan.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan saja. Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga relatif lebih lama yaitu sampai dengan 12 bulan ke depan.

Memanfaatkan kemudahan dari KoinPintar membuat Anda tidak perlu membayar biaya pendidikan di muka secara langsung. Dengan demikian, Anda bisa melatih berbagai keterampilan dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan untuk karier dan pekerjaan yang lebih baik di masa depan.

Demikianlah 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk menemukan karier yang tepat. Semoga memberikan manfaat dan menginspirasi Anda semua yang telah membacanya.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.