Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil – Memiliki sebuah mobil menjadi salah satu kebutuhan keluarga saat ini.

Hal ini bisa terjadi karena mempertimbangkan faktor kenyamanan saat berkendara, anggota keluarga yang lebih banyak, dan kebutuhan untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang!

Membeli mobil termasuk dalam pengeluaran besar di dalam keluarga, sehingga mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli merupakan hal yang sangat tepat untuk Anda lakukan.

Hal ini bermanfaat agar jangan sampai Anda menyesal setelah melakukan pembelian. Apalagi, harga mobil tidaklah murah.

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

1. Berapa Harga Mobil yang Mampu Dibeli?

uang banyak - pinjaman modal - dana pinjaman - bisnis dengan modal

Harga mobil sangat bervariasi antara satu dengan yang lainya, di mana mobil bekas biasanya memiliki harga jual lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Merek dan tahun pembuatan juga sangat mempengaruhi harga jual kendaraan.

Jangan membeli mobil di luar batas kemampuan Anda. Belilah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk membayarnya.

Baca juga: Tips Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda

Berdasarkan harga pasar saat ini, harga jual mobil bekas biasanya berkisar mulai dari Rp20 juta dan ada juga yang lebih mahal dari harga tersebut.

Sementara itu, untuk mobil keluaran terbaru, Anda perlu mengeluarkan uang lebih besar dan biasanya harga jualnya sudah menyentuh angka di atas Rp100 juta.

Baca juga: Supaya Bisa Investasi Sedari Muda, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Jika berencana untuk membelinya dengan cicilan, pastikan jumlah uang yang Anda cicil setiap bulannya tidak lebih dari 30% dari total pendapatan yang dimiliki. Hal ini penting untuk diperhatikan untuk menjaga kesehatan keuangan keluarga.


2. Ingin Membeli Mobil Baru Atau Bekas?

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

 

Pertimbangan sebelum membeli mobil yang kedua berkaitan dengan kondisi mobil. Di sisi yang bersebelahan, hal yang harus Anda pahami pertama kali adalah mobil termasuk barang yang nilainya akan terus menurun di masa depan.

Baca juga: Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Jadi, meskipun saat ini Anda membeli mobil dalam kondisi baru, maka hanya dalam beberapa hari saja sejak dibeli, harga mobil tersebut sudah melonjak jauh dari harga belinya.

Dikarenakan oleh faktor di atas, banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas dibandingkan membeli mobil yang baru.

Baca juga: 6 Tanda Pasangan Anda Memiliki Keuangan yang Berantakan, Ajaklah untuk Berubah!

Hanya saja saat akan membeli mobil bekas, Anda harus lebih teliti, juga memerhatikan semua komponen kendaraan dan kinerja mobil tersebut.

Tujuannya supaya Anda tidak membeli barang dengan riwayat yang buruk, seperti mobil yang pernah kecelakaan.


3. Pastikan Mobil Tersebut Memiliki Garansi yang Baik

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Garansi mobil hanya akan didapatkan saat Anda membeli mobil baru dan hal ini artinya tidak berlaku saat Anda membeli mobil bekas.

Dengan adanya garansi yang diberikan, maka hal ini bisa membuat Anda lebih tenang saat terjadi masalah pada kendaraan yang baru dibeli.

Baca juga: 5 Rahasia Kaya Raya yang Dibocorkan Para Miliarder Dunia

Garansi mobil yang baik biasanya mencakup berbagai jenis perawatan untuk mobil Anda selama 3 tahun atau 100.000 kilometer.

Sementara garansi yang buruk biasanya hanya dalam hitungan 1 tahun saja dan itu pun saat kendaraan belum mengalami masalah yang serius.


4. Lakukan Test Drive

mobil - gadai mobil

Melakukan test drive atau uji coba kendaraan merupakan hal penting yang termasuk pertimbangan sebelum membeli mobil.

Dengan test drive, Anda bisa secara langsung merasakan pengalaman berkendara dengan menggunakan mobil tersebut dan memutuskan apakah Anda nyaman menggunakan kendaraan tersebut.

Baca juga: 7 Cara Hidup Enak Sambil Tetap Bisa Menabung dan Berinvestasi

Jangan lupa juga untuk mengajak serta beberapa anggota keluarga untuk melakukan test drive. Hal ini sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa semua anggota keluarga merasa nyaman dan cocok dengan kendaraan yang hendak dibeli tersebut.


5. Berapa Cicilan yang Mampu Anda Bayar Setiap Bulan?

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang

Membeli mobil dengan fasilitas cicilan memang sangat memudahkan Anda untuk mendapatkan kendaraan idaman dalam waktu singkat.

Hanya saja, jangan jadikan kemudahan yang ditawarkan membuat Anda lengah dan tidak memperhitungkan kemampuan dalam membayar cicilan.

Baca juga: 5 Pengeluaran Tambahan Saat Bulan Puasa yang Harus Anda Waspadai

Seperti yang sudah disampaikan, maksimal jumlah cicilan saat membeli mobil adalah 30% dari total pendapatan Anda.

Misalnya saja Anda memiliki pendapatan bulanan Rp5 Juta, jadi maksimal cicilan yang harus diambil adalah Rp1,5 juta saja. Omong-omong, mengapa cicilan utang maksimal 30% saja?

Baca juga: Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Sebab dalam anggaran yang ideal, 50% pendapatan Anda akan digunakan untuk membiayai pengeluaran sehari-hari. Kemudian, sisa 20% untuk menabung dan berinvestasi.

Berinvestasi menjadi faktor yang mampu menyelamatkan keuangan Anda di masa depan dan juga berguna untuk memenuhi berbagai tujuan keuangan.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

Jangan ragu untuk mulai berinvestasi. Apalagi saat ini sudah ada KoinWorks yang menawarkan investasi peer-to-peer lending dengan modal minimal Rp100 ribu saja.

Dengan berinvestasi di KoinWorks yang sudah terdaftar dan diawasi OJK ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa bunga efektif 18% per tahun. Lumayan, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Mulai Berinvestasi Sekarang

Mari ambli contoh. Bayangkan, 20% dari pendapatan Anda, yakni Rp1.000.000, Anda investasikan setiap bulannya. Dalam setahun, Anda berinvestasi sebesar Rp12.000.000.

Dengan nominal sebesar itu dan diinvestasikan pada pinjaman dengan tingkat risiko rendah, tanpa diinvestasikan lagi, maka dalam setahun ke depan Anda akan mendapatkan pengembalian total sebesar Rp13.296.000. Itu artinya uang yang Anda investasikan bertambah nilainya sebesar Rp1.296.000.


6. Pilihlah Dealer yang Menawarkan Layanan Purna Jual Terbaik

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli mobil adalah mempertimbangkan layanan purna jual yang disediakan oleh pihak dealer. Jangan sampai Anda membeli kendaraaan dari dealer yang memiliki layanan purna jual yang buruk.

Baca juga: Mau Meminjamkan Uang Kepada Keluarga? Ayo Terapkan 6 Tips Bermanfaat Ini!

Nah, dengan memerhatikan pertimbangan sebelum membeli mobil di atas, Anda bisa lebih mudah memutuskan mana mobil terbaik yang harus dibeli. Semoga informasi ini bisa memberikan inspirasi untuk Anda dalam mencapai salah satu impian finansial Anda, ya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.