Berbicara soal pilihan investasi pasti langsung banyak sekali fikiran-fikiran negatif yang berseliweran di otak Anda, terutama bagi Anda yang memang masih sangat awam tentang dunia investasi. Jika memang hal seperti yang terjadi pada Anda ketika ada seseorang menawarkan sebuah investasi maka mungkin Anda memang perlu sedikit membuka fikiran Anda tentang apa itu investasi dan seberapa penting investasi bagi kehidupan Anda.

Tentu Anda punya tabungan kan? Apa tujuan Anda menabung? Kenapa uang di tabungan Anda tidak dihabiskan untuk bersenang-senang saja dari pada ditabung? Karena Anda tahu bahwa Anda tidak hanya hidup untuk hari ini, Anda juga punya cita-cita, rencana masa depan dan lain sebagainya. Sadarkah Anda bahwa itu juga merupakan salah satu jenis investasi berskala kecil. Dengan menabung Anda mendapatkan bunga dari bank dan itu bisa dianggap sebagai keuntungan investasi. Tapi jika dibandingkan dengan investasi jenis lain, bunga dari bank itu untungnya sangat sedikit sekali. Coba Anda bayangkan menggunakan dana di tabungan Anda untuk di investasikan ke instrumen investasi lain seperti saham dan obligasi tentunya hasil keuntungannya bisa berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan bunga tabungan.

Pada dasarnya tujuan investasi adalah menghasilkan uang tanpa Anda harus campur tangan langsung mengelola uang tersebut. Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu ataupun cukup kemampuan untuk mengelola dana Anda sendiri namun sebelum Anda memutuskan untuk menginvestasikan uang Anda pada jenis investasi ini mungkin beberapa hal di bawah ini wajib menjadi pertimbangan Anda:

  • Tujuan investasi

Hal ini penting bagi Anda untuk menentukan apa tujuan investasi Anda. Tujuan investasi juga sama artinya dengan cita-cita investasi. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda misalnya tujuan investasi ini adalah nantinya untuk kepentingan biaya pendidikan anak-anak Anda, untuk membeli rumah impian Anda atau tujuan Anda berinvestasi adalah agar Anda memiliki cukup dana pensiun. Menentukan tujuan ini sangat erat kaitannya dengan pilihan instrumen investasi reksa dana nantinya begitu juga jangka waktu investasi. Ketiga hal tersebut harus singkron untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal serta tujuan utama Anda berinvestasi juga tercapai.

  • Pilihan jenis reksa dana

Setelah Anda menentukan tujuan barulah Anda bisa memilih jenis investasi yang paling tepat dengan tujuan Anda seperti contohnya jika Anda ingin memiliki investasi untuk dana pensiun dengan risiko relatif rendah maka bisa memilik investasi pasar uang karena risikonya relatif rendah walaupun keuntungannya hanya sedikit diatas nilai deposito. Adapula pendapatan tetap yang keuntungannya diatas pasar uang, reksa dana terproteksi, reksa dana campuran dan yang paling memberikan keuntungan paling besar adalah reksa dana saham yang walaupun begitu juga memiliki risiko paling besar. Diskusikan piliha reksa dana ini dengan manajer investasi Anda untuk memahami lebih jauh tentant pilihan reksa dana.

  • Jangka waktu investasi

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, setelah menentukan tujuan, jenis reksa dana maka berikutnya adalah waktu investasi. Jika untuk pendidikan anak, maka sesuaikan dengan tahun kapan kira-kira dana pendidikan ini dibutuhkan dan kalau untuk dana pensiun, hitung kira-kira kapan Anda akan memutuskan untuk pensiun.

  • Legalitas reksa dana

Secara hukum jenis investasi reksa dana memang sudah diakui oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia namun hanya sistemnya saja. Sementara Anda masih harus memastikan apakah perusahaan manajemen investasi atau manajer investasi Anda juga sudah memiliki izin. Hal ini untuk menghindari adanya faktor kecurangan ataupun penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

  • Pahami prospektus reksa dana

Kebanyakan orang hanya percaya pada perusahaan atau manajer investasi mereka saja namun penting juga bagi Anda untuk memahami prospektus reksa dana karena walaupun bukan Anda yang mengelolanya secara langsung tapi setidaknya Anda paham untuk apa dana yang investasikan dan bagaimana prosesnya, jadi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda bisa cepat menanggapi.

Jadi apakah Anda sudah siap untuk berinvestasi lewat investasi reksa dana? Perlu Anda ketahui juga penundaan hanya akan merugikan Anda. Setidaknya luangkan sedikit waktu untuk mempelajari lebih banyak tentang reksa dana sebelum mulai berinvestasi.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.