Dalam memulai suatu usaha baru baik untuk usaha kecil, menengah, ataupun besar pastinya membutuhkan modal dengan besaran yang sesuai dengan jenis usaha yang akan dikelola. Tak dapat dipungkiri bila permasalahan modal usaha tersebut menjadi salah satu kendala dalam membuka suatu usaha baru. Modal dengan pinjaman tanpa agunan mungkin solusi, tapi Anda mungkin masih berpikir untuk mengajukan pinjaman ke bank namun Anda tidak memiliki aset berharga yang bisa dijadikan jaminan atas pinjaman Anda. Meskipun modal bukan satu-satunya hal yang harus terpenuhi ketika akan membuka suatu usaha baru, namun peran modal ini pastinya sangat krusial di samping adanya tekad, semangat, serta kerja keras untuk bisa mengelola usaha tersebut dengan baik hingga mencapai keberhasilan.

Banyak orang terhenti keinginannya untuk membuka usaha baru karena mereka terkendala dengan modal yang dibutuhkan. Ketika Anda juga menemukan permasalahan yang sama, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengajukan dana pinjaman tanpa agunan atau jaminan sehingga meskipun Anda tidak memiliki aset ataupun harta berharga yang bisa dijadikan jaminan pinjaman, Anda tetap bisa mengajukan aplikasi pinjaman yang Anda butuhkan. Bila Anda mengalami kesulitan untuk mengajukan pinjaman di bank karena terbentur adanya berbagai syarat dan ketentuan yang cukup rumit, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan lainnya. Ada beberapa alternatif dalam mendapatkan dana pinjaman tanpa agunan yang bisa menjadi pilihan.

Pertama, Anda bisa meminjam kepada teman ataupun keluarga. Ketika Anda membutuhkan tambahan modal namun Anda terkendala tidak adanya aset yang dijadikan jaminan, Anda bisa mengajukan pinjaman kepada keluarga dan teman dekat Anda. Banyak orang mungkin merasa malas ataupun enggan ketika harus meminjam uang kepada orang terdekatnya. Namun, bila memungkinkan, tak ada salahnya bila Anda mencoba cara ini. Anda bisa menyampaikan keinginan Anda untuk membuka usaha baru. Anda bisa jelaskan jenis usaha apa yang akan Anda kembangkan. Anda bisa mengutarakan rencana Anda dengan baik, terperinci, dan jelas. Bila prospek usaha yang akan Anda kelola ternyata bagus, Anda mungkin akan mendapatkan pinjaman dana dari orang-orang terdekat Anda sebagai modal untuk membuka usaha. Ketika Anda merasa sungkan, Anda bisa bekerja sama dengan pemilik dana sebagai investor di bidang usaha yang akan Anda kelola sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan.

Cara lain dalam mendapatkan pinjaman tanpa agunan adalah dengan mengajukan aplikasi pinjaman kepada koperasi terutama bagi Anda yang bekerja sebagai pegai negeri, karyawan perusahaan, ataupun lainnya yang memang memiliki badan koperasi yang menaungi. Melalui koperasi tersebut, Anda bisa mengajukan sejumlah pinjaman yang Anda butuhkan untuk membuka usaha baru tanpa agunan. Persyaratan dan proses pengajuan pinjaman kepada koperasi juga terbilang mudah dan cepat karena Anda merupakan bagian dari anggota koperasi tersebut. Meskipun cara dan proses pengajuan aplikasi pinjaman ke koperasi cukup mudah, Anda sebaiknya juga bisa bijak memanfaatkan dana pinjaman tersebut untuk usaha yang akan Anda kelola dengan baik.

Bila Anda terkendala untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan baik dari kerabat ataupun koperasi, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan kepada suatu lembaga keuangan. Anda bisa mengajukan KTA atau kredit tanpa agunan. Proses dan syarat dalam mengajukan KTA juga terbilang cukup mudah dan cepat. Namun, Anda sebaiknya juga memahami bahwa biasanya KTA memiliki suku bunga yang cukup tinggi yang harus ditanggung oleh peminjam bahkan mungkin lebih tinggi dibandingkan suku bunga yang dibebankan pada kredit yang menggunakan jaminan. Anda bisa membandingkan fasilitas KTA dari lembaga keuangan yang satu dengan lainnya untuk mendapatkan program kredit tanpa jaminan tersebut yang mudah prosesnya, bersuku bunga rendah, serta batas pembayaran yang cukup panjang sehingga Anda bisa membayarkan angsuran pinjaman dengan lebih nyaman dan ringan.

Ketika Anda merencanakan untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan pada siapapun ataupun lembaga apapun, Anda sebaiknya mempertimbangkan semuanya dengan baik. Anda lihat dan kaji kembali apakah usaha baru yang akan Anda buka dan kelola memiliki prospek yang bagus ke depannya serta menghasilkan keuntungan yang setidaknya sebanding dengan besarnya jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulannya. Meskipun pengajuan pinjaman tanpa agunan ke koperasi ataupun KTA membutuhkan syarat yang mudah serta proses yang cepat, Anda tentu juag harsu memikirkan tentang bagaimana Anda membayar pinjaman tersebut nantinya sehingga Anda tidak perlu terjerat dalam hutang.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.