Ini 5 Pos Anggaran Saat Mudik Lebaran 2018, Yuk Siapkan Sekarang Juga! – Salah satu pos pengeluaran menjelang Lebaran yang patut Anda antisipasi ialah membeli tiket transportasi atau menyewa kendaraan untuk mudik.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulan Madu dengan Fasilitas Terbaik

Ya, mudik memang sudah menjadi tradisi yang sering dilakukan di Indonesia. Karenanya, di kala Lebaran, jangan heran apabila jalanan ibu kota jadi kosong melompong.

Nah, bagi Anda yang sudah memiliki rencana untuk mudik Lebaran 2018 kali ini, berhati-hatilah.

Baca Juga: Jaga Kondisi Keuangan, Ini 10 Cara Berhemat Saat Musim Liburan

Selain harus mengeluarkan uang tambahan untuk transportasi, Anda juga harus menyadari bahwa ada 5 hal lainnya yang bikin pengeluaran bertambah. Karenanya, Anda harus menyiapkan uang lebih demi menghindari keborosan.

Ini 5 Pos Anggaran Saat Mudik Lebaran 2018, Yuk Siapkan Sekarang Juga!

Bensin

7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Coba

Bagi Anda yang berencana untuk membawa atau menyewa kendaraan sendiri, Anda harus mengetahui bahwa ada biaya-biaya ain yang akan dikeluarkan. Yang paling utama ialah bensin.

Baca Juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Siapkanlah uang lebih untuk Anda alokasikan ke bahan bakar, terutama bagi Anda yang akan menjalani perjalanan jauh.

Selama perjalanan, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan di jalan. Belum lagi, biaya akan makin bertambah untuk membeli makanan apabila Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak.


Biaya kesehatan

medical checkup - checkup medis - periksa kesehatan

Jalanan yang semrawut di kala mudik tak jarang membuat kepala pening hingga menimbulkan stres. Apabila stres sudah menyerang, kondisi tubuh pun bisa ikut terpengaruh.

Baca Juga: Agar Tidak Malah Merugi, 7 Cara Berhemat yang Salah Ini Tidak Boleh Anda Lakukan

Karenanya, jangan lupa siapkan dana yang dialokasikan untuk kesehatan Anda. Bawa obat-obatan pribadi. Minumlah banyak air putih dan konsumsilah vitamin. Selama perjalanan, beristirahatlah sejenak apabila Anda merasa sangat lelah.


Tunjangan Hari Raya

5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran Jelang Ramadhan 2018

Berkumpul bersama keluarga sambil bersilaturahim bersama saudara-saudara juga menjadi hal yang paling dirindukan di bulan Ramadhan.

Bagi yang sudah menikah, siap-siap menguruas dompet. Persiapkanlah sejumlah dana untuk memberikan THR alias Tunjangan Hari Raya, untuk keponakan-keponakan.

Baca juga: Jangan Heran, Ini 5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa

Anda juga perlu mengalokasikan uang untuk menyuguhkan berbagai kue kering atau santapan Ramadhan, seperti rendang, ketupat, sambal ati, opor ayam, dan sebagainya.


Biaya rekreasi

Wahai Para Jomlo, Ini 7 Kegiatan Seru yang Bikin Valentine Tetap Berkesan

Momen Lebaran memang paling seru jika dihabiskan bersama dengan keluarga dan sanak saudara. Jika bosan hanya berkumpul di rumah saja, Anda bisa mengajak mereka untuk mengunjungi tempat wisata.

Baca juga: Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Nah, untuk hal ini, mau tak mau isi dompet Anda terpaksa harus dikuras. Anda harus siap-siap bila diminta membayar biaya transportasi, tiket masuk tempat wisata, makanan, bahkan hingga jajan di sana.


Reuni dengan sahabat-sahabat lama

5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa

Mudik Lebaran 2018 ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berkumpul dengan sahabat-sahabat yang sudah jarang atau sudah lama tidak ditemui.

Supaya kumpul-kumpul makin seru, Anda bisa bertemu di restoran atau café, sekalian bersantai dan mengisi perut.

Nah, apabila Anda memiliki tradisi saling mentraktir, berjaga-jagalah apabila kali ini Anda yang harus mentraktir sahabat-sahabat Anda yang lain.

Baca juga: 5 Pengeluaran Tambahan Saat Bulan Puasa yang Harus Anda Waspadai

Apabila kali ini giliran Anda yang mentraktir, apakah Anda sudah mempersiapkan dana lebih? Tidak mau kan apabila isi dompet makin lama makin terkuras?

Oleh karena itu, yuk persiapkan uang lebih untuk digunakan saat Lebaran nanti.


Yuk, Persiapkan Dana Tambahan untuk Lebaran Nanti

5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran Jelang Ramadhan 2018

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang bisa bikin pengeluaran membengkak kala mudik Lebaran 2018, saatnya Anda mengetahui bagaimana caranya mempersiapkan dana tambahan.

Pertama, Anda bisa berhemat dengan memangkas pengeluaran sehari-hari. Jangan lupa menabung secara rutin.

Baca juga: Rumah Jauh dari Kantor? Ini 5 Manfaat Ngekos Ketimbang Pergi-Pulang

Kedua, cari sumber pemasukan lain. Misalnya, dengan menjadi pekerja lepas atau mendapatkan penghasilan tambahan dengan menulis blog.

Ketiga, rutinlah berinvestasi. Dengan berinvestasi, Anda bisa menambah nilai uang Anda dari waktu ke waktu. Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi hanya dengan nominal Rp100.000.

Investasi bukan hanya memungkinkan Anda bisa membayar bensin, memberikan THR, memenuhi biaya rekreasi, dan sebagainya. Anda pun bisa memenuhi tujuan jangka panjang Anda, misalnya ingin mencicil rumahmempersiapkan biaya pernikahanmerintis bisnis sendirimempersiapkan dana pensiun, hingga menabung untuk dana darurat.

Baca juga: 5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran Jelang Ramadhan 2018

Perlu diingat, maksimalkan keuntungan investasi Anda dengan memanfaatkan efek compounding, di mana bunga yang diperoleh dari investasi kembali diinvestasikan sehingga menghasilkan bunga lagi. Bisa dikatakan, bunga berbunga.

Yuk, jangan sampai Anda tidak memiliki pemasukan lebih di kala Lebaran karena hal tersebut hanya akan membuat kondisi keuangan Anda tidak sehat.

Baca juga: Dalam Menyambut Bulan Ramadhan, Pebisnis Perlu Lakukan 7 Hal Ini

Nah, selamat menyambut bulan Ramadhan dan selamat memiliki pemasukan tambahan, ya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.