Prediksi Harga Emas 2023 dan Tips Investasinya

Ilustrasi emas

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat digemari terutama oleh mereka yang selalu ingin “merasa aman”.

Emas dianggap sebagai instrumen investasi paling aman atau safe haven ditengah ketidakpastian pergolakan ekonomi dunia. 

Selain itu, meskipun tergolong fluktuatif namun nyatanya harga emas belum pernah jatuh terlalu jauh dari titik sebelumnya. 

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan instrumen investasi lainnya seperti saham ataupun crypto yang bisa mengalami penurunan harga sangat signifikan.

 

Pergerakan Emas Tahun 2022

Mengawali tahun 2022, harga emas dibanderol dengan harga Rp. 945.000 per gram tepatnya pada awal bulan Januari. 

Seolah memberikan angin segar pada penggemar logam mulia tesebut harga emas kian naik sampai dengan level tertingginya di tahun 2022 yaitu pada bulan Maret 2023 di posisi Rp. 1.036.000 per gram.

Memasuki bulan Desember, harga emas berada di level Rp. 1.003.000 per gram dan mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan di pertengahan Desember yakni mencapai angka Rp. 1.013.000 per gram. 

Menjelang akhir desember atau tepatnya pada tanggal 25 Desember harga emas mengalami penurunan ke angka Rp. 1.006.000 per gramnya. 

Harga Emas 2022

Sumber: hargaemas.com


Prediksi Harga Emas 2023

Dilansir dari Kitco, BMO Capital Markets mengatakan bahwa harga emas diperkirakan akan bertahan relatif stabil sejak akhir tahun 2022 hingga beberapa bulan kedepan. 

Kenaikan harga diperkirakan akan terjadi pada kuartal ke dua tahun 2023 dan diyakini bahwa emas akan menyentuh harga USD 1.700 per ounce. 

Sementara itu, Kepala Strategi Komoditas Saxo Ole Hansen memperkirakan bahwa harga emas bisa lebih dari USD 3.000 per ons pada tahun 2023 yang artinya berada 67% di atas harga yang ada saat ini yaitu USD. 1.797 per ounce.

Perlu dipahami bahwa 1 ounce sama dengan 28,35 gram, maka jika dihitung ke dalam rupiah artinya harga emas diprediksikan akan menyentuh harga Rp.1.600.000 per gram di tahun 2023.

Prediksi ini merupakan prediksi tertinggi yang ada untuk saat ini.

Di sisi lain, para analisis menyebutkan bahwa prediksi harga emas kemungkinan akan berfluktuasi secara signifikan terkait dengan pergolakan ekonomi.


Tips Investasi Emas

Meskipun harga emas cenderung stabil, tapia da beberapa hal yang kamu harus perhatikan ketika ingin berinvestasi emas agar investasimu semakin aman dan menguntungkan:

  • Tentukan Tujuan

Emas merupakan instrument investasi yang cocok untuk jangka panjang, oleh karena itu apabila kamu ingin berinvestasi jangka pendek mungkin emas bukan menjadi pilihan yang tepat.

Investasi emas sangat cocok jika ditujukan untuk dana pensiun, karena apabila bicara dana pensiun mungkin kamu masih memiliki setidaknya 20 tahun sebelum masa pensiun kamu.

Jika diakumulasikan, dalam jangka waktu 20 tahun keuntungan yang akan kamu dapatkan dari emas bisa dikatakan sangat besar, hal ini tentunya berkaitan dengan perubahan harga dari emas itu sendiri dan juga efek compounding.


  • Pantau Harga Secara Berkala

Meskipun tergolong aman tapi bukan berarti kamu tidak memantau pergerakan harga emas.

Lagipula, di zaman sekarang mengecek pergerakan harga emas bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan karena kamu bisa saja mengecek melalui smartphonemu.

Untuk meningkatkan keuntungan dari investasi emas, kamu bisa membeli emas ketika harganya sedang turun dan menjual kembali ketika harga sedang naik.

Dengan mengecek harga secara berkala, secara tidak langsung kamu akan memiliki kemampuan prediksi harga mingguan.


  • Pastikan Keaslian Emas

Tingginya permintaan emas terkadang membuka peluang bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat emas palsu.

Oleh karena itu, pastikan selalu membeli emas di tempat yang terpercaya dan juga pantau pergerakan harga emas supaya kamu mengetahui perkiraan harga emas yang akan kamu beli.

Ingat! Jangan tergiur harga murah, karena emas asli tidak akan dibanderol jauh dari harga pasaran yang ada di masyarakat.


  • Tentukan Jumlah

Investasi erat kaitannya dengan komitmen, apalagi jika kamu ingin investasi untuk dana pensiun.

Jadi, ada baiknya kamu tetapkan jumlah minimal investasi emas kamu tiap bulannya.

Misalnya saja, dalam sebulan kamu harus sisihkan pendapatan untuk menabung emas minimal 1 gram.

Jika hal ini dilakukan secara konsisten, maka dalam satu tahun kamu sudah mempunyai tabungan pensiun sebanyak 12 gram.

Jika 1 gram seharga 1 juta saja, pada akhir tahun kamu sudah punya 12 juta, kan!


Mulai Investasi Emas

Melihat prediksi harga emas yang kian meningkat, maka memutuskan untuk segera berinvestasi emas adalah keputusan yang bijak.

Saat ini untuk memulai investasi emas kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang langsung banyak, karena sekarang sudah ada investasi emas digital.


KoinGold dari KoinWorks

KoinWorks merupakan sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk melakukan jual-beli emas digital dengan sistem online yang mudah, dan nominal pembeliannya mulai dari Rp10.000.

Melalui KoinGold, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli emas dengan harga yang menarik sesuai keinginan, cepat dan tanpa ribet.


Keunggulan KoinGold

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh KoinGold, diantaranya :

  • Anti Ribet

KoinGold akan memaksimalkan transaksi jual-beli emasmu di mana saja dan kapan saja, karena semua prosesnya dilakukan melalui sistem online.

  • Mudah dan Menguntungkan

Dapatkan kesempatan untuk jual-beli emas dengan harga yang menarik dan juga tanpa dipotong biaya administrasi.

  • Sistem Real-Time

Seluruh transaksi yang kamu lakukan akan langsung terupdate di aplikasi KoinWorks, jadi kamu bisa mengecek seluruh informasi saat itu juga atau Real-Time

  • Mulai dengan Nominal Kecil

Kamu bisa memulai transaksimu hanya dengan Rp10.000

  • Fitur Subscription

Melalui fitur subscription kamu bisa melakukan pembelian emas sesuai dengan jangka waktu yang kamu inginkan secara otomatis.

  • Fitur Auto Buy – Auto Sell

Melalui fitur Auto Buy dan Auto Sell kamu bisa melakukan jual-beli emas tanpa ribet hanya dengan satu kali klik saja.


Keamanan KoinGold

KoinWorks Super Finansial App telah tercatat sebagai penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) dalam klister Aggregator di Otoritas Jasa Keungan (OJK) dengan nomor surat pencatatan No. S-87/MS.72/2020 tanggal 10 Februari 2020.

Yuk, investasi emas bersama KoinWorks sekarang!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.