Home Finance 101 Prinsip 80/20 Pareto untuk Manajemen Finansial yang Lebih Baik

Prinsip 80/20 Pareto untuk Manajemen Finansial yang Lebih Baik

Prinsip 80/20 Pareto untuk Manajemen Finansial yang Lebih Baik – Prinsip 80/20 Pareto atau biasa disebut Pareto Principle, adalah salah satu strategi untuk membantumu fokus ke hal-hal penting, sehingga dapat mendapatkan hasil yang lebih.

Prinsip 80/20 Pareto ini menyatakan bahwa 80% hasil, berasal hanya dari 20% usaha yang dilakukan.

Prinsip ini bisa kamu terapkan di mana saja dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bisnis, urusan bekerja hingga mengatur finansial.

Dalam hal finansial, menggunakan prinsip ini untuk mengatur keuanganmu bisa dibilang lebih sederhana dari yang lain.

Lalu, bagaimana cara menerapkan prinsip 80/20 di kehidupan finansial sehari-hari?


Cara Menerapkan Prinsip 80/20 Pareto untuk
Manajemen Finansial yang Lebih Baik

1
Alokasikan Secara Konsisten

prinsip 80/20 pareto - 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat - hitung dana

Dalam menerapkan prinsip 80/20 Pareto ini, kuncinya adalah kamu hanya perlu mengalokasikan 20% dari penghasilan untuk disimpan, dan menggunakan 80% sisanya untuk keperluan lain.

Mulailah dengan menggunakan fitur auto-debit yang biasanya tersedia di bank dan mengaturnya untuk menarik dana ke akun tabunganmu setiap kali sehabis menerima penghasilan.

Jika tidak bisa, kamu harus konsisten menyimpan langsung secara manual 20% dari penghasilan ke rekening tabungan sehingga sisanya bisa kamu gunakan untuk keperluan lain.

Direkomendasikan kamu memiliki 2 rekening untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan, jadi pengalokasian dana juga jadi lebih mudah dilakukan.

Pilihlah rekening tabungan yang memiliki biaya administrasi rendah atau gratis, supaya kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi setiap kali melakukan transfer.

Walaupun sedikit, tetapi akan jadi biaya yang lumayan jika dilakukan secara rutin, lho.

Selain itu, jika memungkinkan kamu bisa memilih rekening tabungan yang tidak memiliki kartu, sehingga tak akan tergerak untuk menggunakannya.

Satu tips lagi, supaya lebih mudah kamu bisa langsung gunakan untuk mengembangkan aset di KoinP2P atau KoinRobo dari KoinWorks, Super Financial App dengan imbal hasil efektif 18% per tahun.

Lakukan deposit setiap kali habis gajian ke akun KoinWorks kamu, setelah itu gunakan untuk mendanai pinjaman sesuai preferensi.

Jika belum ada yang sesuai keinginanmu, tenang, langsung saja aktifkan fitur Auto Purchase dan mengaturnya sesuai kebutuhanmu.

Saat pinjaman yang kamu mau muncul di marketplace, Auto Purchase akan langsung menarik dana milikmu dan melakukan pendanaan. Mudah, bukan?


2
Simpan 20% Dana dengan Tepat

prinsip 80/20 pareto - Atur Budget Kamu Menjelang Hari Valentine dengan 5 Tips Berikut Ini!

Setelah mengetahui dan tahu bagaimana mengalokasikan dana dengan prinsip 80/20 Pareto, bagi kembali 20% dana yang kamu sisihkan, 10% untuk melakukan investasi dan 10% lagi buat menabung.

Paling tidak kamu harus memiliki sumber dana ini yang mana keduanya memiliki tujuan keuangan berbeda.

Menabung artinya menyimpan uang milikmu, yang nantinya bisa digunakan sebagai dana darurat.

Jadi, saat ada keadaan tak terduga terjadi, tidak akan mengganggu arus kas finansial dan kamu tidak perlu melakukan hutang sana-sini dalam memenuhinya.

Investasi berarti mengembangkan aset yang kamu miliki, dalam hal ini adalah uang.

Dengan melakukan investasi, kamu akan mendapatkan imbal hasil atau keuntungan, sehingga aset milikmu tidak akan tergerus dengan inflasi di masa depan nanti.

Berdasarkan waktu, ada dua investasi yang bisa kamu pilih yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Keduanya, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Biasanya, investasi jangka pendek cocok dilakukan jika kamu mengetahui bahwa kamu membutuhkan dana nominal tertentu pada waktu tertentu, seperti jalan-jalan ke luar negeri atau membeli kendaraan baru.

Sedangkan investasi jangka panjang, memiliki tenor atau jangka waktu lebih lama, namun imbal hasil yang dihasilkan juga lebih konsisten sehingga cocok bagi kamu dengan kebutuhan jangka panjang seperti, biaya menikah, dana pensiun, atau tabungan pendidikan anak.

Lalu, investasi apa yang lebih menguntungkan?

Berbicara soal keuntungan, sebenarnya keduanya sama hanya jangka waktu saja yang berbeda. Bahkan, kamu juga bisa melakukan investasi jangka panjang dan pendek secara bersamaan.

Bagaimana caranya?

Kamu bisa saja memilih beberapa instrumen berbeda, seperti saham (jangka panjang) atau reksa dana pasar uang (jangka pendek) secara bersamaan untuk berinvestasi.

Tapi, jika kamu ingin memiliki satu instrumen, di mana kamu bisa melakukan diversifikasi untuk investasi jangka panjang dan jangka pendek dengan beragam risiko, mendanai di KoinP2P dari KoinWorks, bisa menjadi alternatif.

Di KoinWorks, kamu bisa merasakan fleksibilitas yang tinggi. Sebagai pengguna, kamu diberi kebebasan penuh dalam mengelola portfoliomu, mulai dari jangka waktu hingga risiko yang ada, lalu mendapatkan imbal hasil efektif 18% per tahun.

Soal keamanan, tidak perlu dipertanyakan karena KoinWorks sudah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lihat penjelasan tentang investasi jangka panjang dan pendek selengkapnya melalui halaman ini.


3
Menghemat 80% Dana yang Dikeluarkan

Cara menerapkan prinsip 80/20 selanjutnya adalah fokus dengan 80% dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Biasanya, 80% dana ini akan kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan mulai dari yang pokok hingga sekunder.

Pertanyaannya, bagaimana cara untuk menghemat pengeluaran tersebut?

  • Cari cara lebih murah untuk mendapatkan hal yang kamu inginkan.
  • Hindari transaksi dengan debit atau kartu kredit bila tidak bisa mengontrolnya.
  • Cari teman yang bisa diajak untuk ngekos bareng, sehingga biaya bisa dibagi dua.
  • Membawa bekal dari rumah daripada makan di luar.
  • Jika memang harus makan di luar, bawalah air minum sendiri dalam botol. Selain lebih sehat, juga bisa mengurangi pengeluaran makan siang.

Selebihnya, kamu bisa terapkan 30 financial hacks di halaman ini, untuk mendapatkan manajemen keuangan yang lebih baik.


4
Jangan Berhenti di 80/20

prinsip 80/20 pareto - Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Berinvestasi- meneliti investasi-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer - manajemen keuangan

Aturan 80/20 adalah adalah batas minimum, jadi setelah kamu berhasil melakukan prinsip 80/20 Pareto secara konsisten, jangan berhenti di situ dan cobalah untuk menambahkan porsi yang kamu alokasikan untuk tabungan.

Dorong dirimu untuk menerapkan aturan 70/30 atau 60/40. Semakin banyak dana yang kamu sisihkan, maka semakin besar kesempatan kamu untuk memiliki dana lebih banyak di masa depan.

Dana ini bisa kamu pakai untuk berbagai macam, mulai dari dana pensiun, mengembangkan portofolio aset lebih besar, modal bisnis, hingga membeli barang-barang yang diinginkan.


Itulah hal yang perlu kamu tahu tentang prinsip 80/20 Pareto, dan bagaimana cara menerapkannya dalam mengelola kehidupan finansialmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Artikel Lainnya:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.