Jangan Hanya Berfokus Pada Apa yang Anda Katakan, Terapkan 5 Prinsip Saat Berkomunikasi Ini

perempuan-investasi-berhati-hati-risiko

Jangan Hanya Berfokus Pada Apa yang Anda Katakan, Terapkan 5 Prinsip Saat Berkomunikasi Ini – Saat Anda hanya berfokus pada apa yang sedang dikatakan, itu artinya Anda tidak benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan komunikasi.

Komunikasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan peradaban manusia terus berkembang. Bahkan sampai saat ini, komunikasi tetap memiliki peranan yang penting di dalam perusahaan dan berbagai industri.

Baca juga: Ini 6 Perilaku yang Menunjukkan Anda Termasuk Manajer yang Buruk

Komunikasi yang efektif terjadi saat Anda mampu menyampaikan dan menerima pesan dengan baik saat berhubungan dengan orang lain.

Keberhasilan komunikasi juga sangat ditentukan dengan kemampuan lisan dan non-verbal seseorang saat sedang berkomunikasi.

Jangan Hanya Berfokus Pada Apa yang Anda Katakan, Terapkan 5 Prinsip Saat Berkomunikasi Ini

1. Berkomunikasi Secara Verbal

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - 5 Kiat Diperlukan Manajer Baru Agar Membuat Keputusan Lebih Efektif

Komunikasi verbal meliputi bahasa lisan, kata-kata, dan tulisan yang Anda sampaikan kepada lawan bicara.

Contoh sederhananya seperti ini, Anda bercakap dengan teman, berdiskusi dalam pertemuan, menonton berita pagi, melakukan percakapan melalui ponsel, dan lain sebagainya.

Komunikasi lisan yang Anda lakukan bermanfaat untuk memberikan informasi kepada orang lain yang menjadi lawan bicara.

Baca juga: Kecerdasan yang Menentukan Seseorang Layak Menjadi Pemimpin Atau Tidak, Apakah Anda Termasuk?

Aspek paling penting dalam komunikasi verbal atau lisan adalah klarifikasi. Klarifikasi sangat bermanfaat untuk membantu Anda menyelesaikan masalah berupa kata-kata dan tindakan yang disalahartikan.

Itu artinya, komunikasi verbal yang Anda lakukan akan sangat membantu untuk melakukan klarifikasi atas kesalahpahaman dan menjelaskan informasi yang hilang.


2. Komunikasi Non-Verbal yang Dilakukan

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - 7 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Sukses Mencapai Tujuan

Sebelum masuk ke dalam pembahasan, coba Anda perhatikan orang yang bersikap terbuka dan berkata dengan nada ramah dibandingkan dengan orang yang kaku.

Anda pasti menjawab bahwa orang yang bersikap ramah cenderung lebih mudah didekati daripada mereka yang tidak.

Inilah salah satu contoh pentingnya komunikasi non-verbal saat berhadapan dengan orang lain.

Begitu juga saat Anda melakukan kontak mata saat sedang berbicara dengan orang yang menunjukkan bahwa Anda fokus dengan lawan bicara dan memperhatikan mereka.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memberikan jabat tangan yang erat dengan orang lain yang menunjukkan sikap percaya diri dan meyakinkan.


3. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara verbal, maka kunci utama yang perlu dilakukan adalah menjadi seorang pendengar yang baik.

Hal yang perlu Anda pahami adalah tidak ada orang yang suka berbicara dengan orang yang hanya peduli dengan diri mereka sendiri.

Oleh karena itu, mulailah untuk belajar mendengarkan orang lain agar bisa menjadi seorang komunikator yang sukses.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Anda Perlu Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi, Ada Banyak Manfaatnya!

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara non-verbal yaitu dengan cara melatih postur tubuh, sikap, gerakan tangan, nada suara, dan lain sebagainya.

Gerakan tubuh yang Anda lakukan akan menceritakan banyak hal dan ini akan sangat mempengaruhi percakapan Anda.


Tingkatkan Kemampuan Komunikasi dengan 5 Prinsip Saat Berkomunikasi Ini

1. Sikap Ramah

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (10) - 5 Cara Bijak Memberikan Umpan Balik Pada Orang Lain

Keramahan yang Anda tunjukkan kepada orang lain merupakan bentuk sopan santun dalam setiap percakapan baik dalam situasi formal dan non-formal.

2. Bersikap Yakin

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Tidak ada orang yang percaya dengan apa yang Anda katakan, kecuali Anda yakin dengan apa yang Anda katakan.

3. Bersikap Empati

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (5) - 3 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Lebih dari Satu Mentor - Belajar Bahasa Asing Lebih Efisien Berkat 6 Tips dari Para Pakar Berikut

Dalam percakapan dan komunikasi dengan orang lain, wajar saja jika Anda tidak setuju dengan apa yang mereka katakan.

Namun, terlepas dari Anda setuju atau tidak dengan mereka, penting untuk memahami dan menghormati orang lain.

4. Berpikiran Terbuka

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Meskipun Anda memiliki keyakinan atas suatu hal, Anda tetap harus menjadi seorang komunikator yang terlibat dalam bercakapan dengan pikiran yang terbuka.

5. Tunjukkan Sikap Hormat

Komunikator Hebat dan Luar Biasa Pasti Memiliki 5 Kualitas Berikut

Saat Anda menyampaikan rasa hormat untuk orang lain, maka hal ini akan mendorong orang lain untuk berkomunikasi dengan Anda.

Tingkatkan keterampilan berkomunikasi Anda dengan melatih 5 kemampuan di atas secara perlahan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan cara mengikuti pelatihan dan pendidikan yang berkaitan dengan topik public speaking dan lain sebagainya.

Bukankah mengikuti pendidikan dan pelatihan membutuhkan biaya? Apa yang harus dilakukan jika tidak memiliki biaya yang memadai?

Jangan khawatir, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda gunakan untuk mengikuti pendidikan formal dan non-formal.

KoinPintar merupakan salah satu solusi pinjaman dana yang menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Selain itu, pinjaman yang telah Anda ambil bisa juga dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Tidak hanya itu saja, setiap beban dan bunga yang ditimbulkan akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga tidak akan ada bunga yang bertambah atau jumlah cicilan yang berubah selama masa pembayaran.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih