Mau Produk Lokal Buatan Anda Go-Global? Gini Caranya! – Bagi seorang pebisnis, membuat produk ciptaannya bisa Go-Global adalah sebuah impian terbesar.

Siapa yang tidak mau bisnisnya dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia?

Pastinya Anda akan melakukan apapun agar bisnis Anda mampu merambah naik hingga ke mancanegara. Mulai dari menciptakan produk terbaik hingga memasarkan dan mengekspornya ke luar negeri.

Bagi Anda yang masih berusaha menjadikan produk Anda go-global, yuk sambil simak beberapa tips berikut ini! Siapa tahu bisa menambah wawasan Anda dan membuka peluang bagi Anda untuk semakin maju.


Mau Produk Lokal Buatan Anda Go-Global? Gini Caranya!

1Tentukan Pasar Sasaran

Tentukan Pasar Sasaran

Ternyata, kegiatan ekspor tidak bisa sembarang dilakukan. Anda harus terlebih dulu menentukan pasar sasaran dari produk yang Anda miliki.

Salah-salah menentukan pasar, produk Anda malah gagal terjual (alias tidak laku). Wah, jangan sampai ini terjadi ya!

Kenali karakteristik pasar yang akan Anda jadikan sasaran ekspor. Jika produk Anda merupakan produk eksklusif yang kualitas dan harganya di atas rata-rata, Anda bisa memasarkannya di negara bagian Eropa, Amerika, dan negara-negara lain yang setara.

Namun, jika produk Anda masuk ke dalam kategori low-end, Anda bisa memulainya dengan negara-negara yang sepadan dengan Indonesia seperti China dan negara di wilayah Asia lainnya.

Jangan lupakan tips yang pertama ini, atau produk Anda tidak akan terjual secara maksimal.


2Ciptakan Produk Inovatif Sesuai Tren Global

Ciptakan Produk Inovatif Sesuai Tren Global

Keunikan dari sebuah produk tidak akan mampu diabaikan oleh masyarakat. Karena produk unik yang telah Anda inovasikan tersebut dianggap berbeda dari produk yang dimiliki orang-orang di sekitarnya.

Anda bisa menciptakan inovasi produk terbaru dengan improvisasi yang telah disesuaikan dengan tren di masyarakat global.

Oleh karena itu, selalu perhatikan dan pelajari informasi tren terbaru dunia. Ini penting dilakukan sebagai modal Anda dalam memasarkan bisnis atau ekspor ke luar negeri.

Ketertarikan masyarakat dunia terhadap produk yang sedang tren akan cenderung lebih besar, daripada produk biasa (walaupun harganya murah).

Sebab, setiap orang akan berpikir bahwa mereka harus memiliki ‘produk tersebut’ agar dianggap setara dengan orang lain di sekitarnya.

Untuk menciptakan produk dengan inovasi tinggi dan eksklusif memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan hal tersebut karena KoinWorks siap memberi solusi permasalahan modal untuk ekspansi bisnis Anda.

Anda bisa mengajukan pinjaman bisnis di perusahaan fintech berbasis peer-to-peer lending di KoinWorks ini mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau setiap bulannya yaitu sebesar 0.75% – 1.67%.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk menciptakan produk inovatif yang cocok dengan tren yang tengah diminati masyarakat global saat ini.


3Buat Produk Eksklusif dan Edisinya Terbatas

Buat Produk Eksklusif dan Edisinya Terbatas

Untuk menjadikan produk Anda Go-Global, Anda perlu mencoba tips ini.

Mungkin biasanya Anda banyak menemukan produk eksklusif atau produk dengan edisi terbatas dari negara-negara Eropa atau Amerika. Karena memang, di negara tersebut, produk eksklusif lebih dianggap menarik dan ‘wajib’ dimiliki.

Bila bisnis Anda ingin cepat sampai ke telinga masyarakat Internasional, cobalah untuk memproduksi sesuatu yang eksklusif dan lebih bernilai. Jumlahnya juga bisa Anda batasi 5 atau 10 buah per item-nya.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memasarkannya ke seluruh media publikasi yang ada. Jangan lupa gunakan foto asli yang resolusinya berkualitas dan copywriting yang menjual.

Tips ini dianggap berhasil membuat calon pembeli penasaran sehingga muncul ketertarikan untuk membeli produk eksklusif tersebut dibandingkan produk yang jumlahnya melimpah.


4Jalin Relasi Seluas Mungkin

Jalin Relasi Seluas Mungkin

Bisnis Anda tidak akan bisa berkembang dengan maksimal tanpa bantuan relasi. Relasi di sini termasuk teman atau rekan, baik di dalam maupun di luar lingkup bisnis Anda.

Mencari relasi memang tidak mudah, tapi tidak sulit juga kok jika Anda mau berlatih komunikasi bisnis dengan sungguh-sungguh.

Semakin luas relasi Anda, maka semakin mudah bagi Anda untuk menjalankan dan memperbesar bisnis Anda sampai ke ranah Internasional.

Hal yang perlu diingat yaitu semuanya membutuhkan proses, tidak ada yang instan. Perlu ada kesabaran dan usaha keras untuk mencapainya, termasuk membuat produk lokal Anda menjadi Go-Global.

Sebisa mungkin, Anda, selaku pemilik bisnis di Indonesia harus mampu berkomunikasi dan menjalin interaksi yang baik dengan pemilik bisnis lainnya di cakupan Internasional.

Dengan begitu, ikatan kerja sama antara pebisnis Indonesia dengan pebisnis di luar negeri bisa terjalin dengan erat. Tentu saja, hal penting ini dapat memperluas jaringan pemasaran bisnis Anda dan juga dapat mempengaruhi perjalanan bisnis Anda.

Demikianlah tips-tips yang bisa Anda terapkan agar produk lokal buatan Anda bisa Go-Global.

Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis!



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.