Diberlakukannya kembali PSBB, KoinWorks Pastikan Stabilitas Bisnis & Fokus Mitigasi Risiko serta Pendampingan ke UKM

KoinWorks - UKM PSBB 2

KoinWorks juga terus memastikan berjalannya langkah mitigasi risiko dengan menyesuaikan dengan kondisi ekonomi terkini

Jakarta, 16 September 2020 – PSBB Total kembali diberlakukan mulai awal minggu ini di DKI Jakarta, pemerintah daerah Jakarta memutuskan untuk kembali menarik “rem darurat” demi menurunkan angka penyebaran COVID-19 di Ibukota.

Walaupun pada penerapannya terdapat sedikit perbedaan dengan PSBB total pada tahap pertama beberapa bulan lalu, pemberlakukan kebijakan PSBB total kali ini pun telah memberikan dampak bagi kondisi ekonomi Indonesia secara umum, hingga diprediksi ekonomi RI dapat terkontraksi sampai 2,2%.

Menanggapi perkembangan kondisi ekonomi dan bisnis yang terus berubah, KoinWorks sebagai platform Super Financial App akan tetap pada komitmennya dalam mendampingi UKM Indonesia untuk menjaga roda perekonomian tetap dapat berjalan dengan memastikan berjalannya langkah mitigasi risiko untuk menjaga stabilitas bisnis dan kepercayaan pengguna selama diberlakukannya PSBB kembali di Ibukota.

Benedicto Haryono selaku CEO & Co-founder KoinWorks menjelaskan, “Berkaca dari pengalaman saat diberlakukannya PSBB pertama kali, KoinWorks berhasil membuktikan diri dalam menjaga kinerja dengan tercatatnya NPL di kisaran angka 1%.

KoinWorks pun masih mencatat penyaluran hingga Rp 250M selama periode PSBB pertama di bulan Maret-Juni.

Dengan pemberlakuan PSBB kembali di Ibukota tidak akan menyurutkan semangat KoinWorks untuk terus memberikan pendampingan kepada para UKM melalui ragam layanan keuangan yang dapat menjawab kebutuhan finansial untuk personal dan pelaku bisnis di tengah situasi yang sangat menantang seperti ini.”

Melihat mayoritas pembiayaan di KoinWorks disalurkan kepada pelaku UKM Digital yang penjualannya banyak memanfaatkan platform digital seperti melalui e-commerce ataupun media sosial, KoinWorks optimis pada penerapan PSBB kali ini, UKM Digital dalam ekosistem KoinWorks dapat lebih adaptif sehingga KoinWorks pun memprediksi hanya akan ada sekitar 2% peminjam yang sebelumnya mendapatkan restrukturisasi mungkin akan kembali memerlukan pendampingan lebih di periode PSBB kali ini.

KoinWorks saat ini juga terus fokus melakukan pendampingan melalui berbagai inisiatif program seperti webinar edukasi melalui program DiaLokal yang mengangkat mengenai pengembangan bisnis untuk pelaku UKM, gerakan #LokalSupportLokal yang kami inisiasikan untuk membantu UKM mempromosikan usahanya terutama di masa pandemi, juga melalui program restrukturisasi pinjaman bagi peminjam terdampak mengikuti arahan yang diberikan oleh OJK.

Selain itu, KoinWorks juga baru saja meraih penghargaan Soonicorn Award dari Traxcn, sebagai Top Fintech Startups yang memiliki valuasi yang tinggi dan berpotensi untuk berkembang menjadi salah satu Unicorn di Indonesia.

Soonicorn Awards sendiri merupakan ajang penghargaan yang merupakan inisiatif
dari Tracxn untuk secara publik mengakui perusahaan terbaik di berbagai sektor dan negara.

Traxcn sendiri merupakan mitra penelitian untuk Venture Capital dan Corporate Development yang didukung oleh platform data startup terbesar yang melacak lebih dari 10 juta perusahaan di seluruh dunia.

“KoinWorks merasa bangga dan terhormat dengan pengakuan yang kami terima sebagai perusahaan yang memiliki potensi untuk berkembang menjadi Unicorn bahkan di situasi sulit saat ini.

Hal ini tentunya juga kembali membuktikan masih besarnya kepercayaan dari publik termasuk pengguna KoinWorks akan keseriusan KoinWorks dalam menjaga stabilitas dan kinerja perusahaan bahkan disaat pandemi seperti ini sekalipun serta menjadi semangat bagi kami untuk mewujudkan mimpi menjadi unicorn company sesegera mungkin.“ ujar Benedito.

Artikel Terkait

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi