Rahasia Keuangan Orang Terkaya yang Bisa Anda Tiru Mulai Sekarang – Bila kita ditanya mengenai siapa orang terkaya di dunia, mayoritas kita menjawab sederet nama dalam industri teknologi seperti Bill Gates diikuti dengan nama lain seperti Mark Zuckerberg, Warren Buffet, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Dilakukan Dari Sekarang Jika Anda Ingin Menjadi Milyarder

Dari awal peradaban manusia, konsep “orang terkaya” selalu dilabel dengan mereka yang memiliki harta yang dominan – lebih banyak dibanding orang-orang lainnya. Begitu juga di abad pertengahan, dimana pernah hidup orang terkaya di Eropa.

Sekarang, apa yang membuat mereka bisa menjadi orang terkaya? Rahasia keuangan apa yang mereka miliki dan terapkan seumur hidup mereka?

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan yang Akan Membuat Anda Tidak Pernah Merasa Kehabisan Uang

Ada 5 rahasia keuangan yang bisa Anda tiru mulai sekarang agar bisa mengikuti jejak orang terkaya di dunia.

5 Rahasia Keuangan Orang Terkaya yang Bisa Anda Tiru Mulai Sekarang

1. Mampu Menguasai Informasi

rahasia keuangan orang terkaya - menguasai informasi - berita terbaru

Informasi merupakan salah satu hal yang sangat penting di hampir segala bidang. Di zaman peperangan, misalnya, semua pihak berebut informasi, bahkan susah payah melatih pasukan intelijen khusus untuk mengumpulkan informasi.

Baca Juga: Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30? Mungkin! Ini yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang

Informasi menjadi elemen yang sangat penting di hampir segala hal termasuk politik, bisnis, investasi, keamanan negara, dan sebagainya. Maka dari itu, cobalah untuk menguasai informasi terkait bidang yang Anda jalani.

Untuk bisa menguasai informasi tentu Anda harus bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, kemudian menyambung-nyambungkan satu dengan yang lain hingga satu hipotesa dapat disimpulkan.

Baca Juga: Hey Anak Muda! Anda Wajib Punya Skill Finansial Ini Agar Bisa Kaya Raya Di Masa Depan

Dengan begitu Anda bisa memprediksi apa yang sedang dan akan terjadi, sehingga Anda bisa mengubah keadaan menjadi seperti yang Anda kehendaki.

Dalam hal bisnis, misalnya, Anda bisa mempersiapkan produk yang dalam jangka panjang akan terus bermanfaat dan berguna bagi konsumen, sehingga Anda dapat me-maintain bisnis Anda menjadi lebih menguntungkan. Inilah rahasa keuangan orang terkaya yang pertama-tama harus Anda kuasai.

2. Mampu Menguasai Angka

rahasia keuangan orang terkaya - menguasai angka

Rahasia keuangan yang kedua terkait dengan angka, karena keuangan tidak akan lepas dari yang namanya angka.

Baca Juga: Memutuskan Untuk Resign? Lakukan Ini Agar Tetap Mendapatkan Penghasilan

Kuasailah angka maka Anda bisa menguasai keuangan. Bahkan ada ilmu studi yang khusus mempelajari tentang angka, dan secara spesifik angka dalam hal keuangan.

Mereka orang terkaya paham betul soal perhitungan, tidak hanya angka yang tertulis, tetapi juga perhitungan tentang untung-rugi terhadap setiap hal di luar kepala.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang!

Banyak yang gagal menjadi sukses dalam hal finansial karena tidak mampu melakukan perhitungan antara pengeluaran dan pemasukan.

3. Belajar dan Terus Belajar

rahasia keuangan orang terkaya - terus belajar

Belajar tidak cuma di institusi formal, sebaliknya, belajar bisa di mana saja dari mana saja. Kita contohkan saja Bill Gates atau Mark Zuckerberg; keduanya tidak pernah lulus kuliah namun sukses menjadi dua di antara banyak orang terkaya di dunia saat ini.

Baca Juga: 8 Hal yang Wajib Anda Lakukan Agar Dapat Mempelajari Hal Baru Setiap Harinya

Mereka terus belajar sembari mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Semakin sering gagal, semakin sering mereka belajar dan pengalaman pun terus bertambah.

Mereka terus belajar mengembangkan passion yang mereka punya, tidak hanya satu hal saja, tetapi banyak hal secara bertahap.

Baca Juga: Menurut Para CEO Dunia, 8 Hal Ini Harus Anda Lakukan Di Saat Usia 20-an

Teruslah belajar memperdalam apa yang disukai dan dibutuhkan untuk mengembangkan passion, karena dengannya Anda bisa menjadi sukses dalam hal finansial, minimal mencapai financial freedom.

4. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

rahasia keuangan orang terkaya - sumber penghasilan tambahan

Jangan cepat puas dengan penghasilan saat ini. Manfaatkan opportunity lainnya dan ciptakan sumber penghasilan tambahan.

Baca Juga: 8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah

Orang terkaya di dunia cenderung mengembangkan hal-hal baru, baik benar-benar menciptakan hal baru atau memanfaatkan hal yang sudah ada, untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Kita contohkan saja Facebook. Perusahaan tersebut mengembangkan sebuah media sosial yang menarik antusiasme masyarakat seluruh dunia dan meraup keuntungan dari periklanan.

Tidak hanya memanfaatkan satu media sosial saja, Facebook juga mengakuisisi Instagram, yang menjadi media sosial paling populer saat ini, untuk memperbesar sumber penghasilannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Membuang Uang yang Sering Dilakukan Oleh Millennial

Begitu juga dengan perusahaan lain sekelas Google yang memanfaatkan Youtube dan online service lainnya, juga Microsoft hingga Apple.

Jadi, cobalah rahasia keuangan mereka untuk menciptakan sumber penghasilan baru agar Anda sukses dan bebas secara finansial.

5. Rutin Berinvestasi

Diversifikasi Portofolio Investasi - diversifikasi investasi p2p lending - koinworks

Rahasia keuangan terbesar lainnya dari orang terkaya adalah dengan berinvestasi. Warren Buffet, misalnya, bisa menjadi sekaya ini karena memiliki kepemilikan saham di perusahaan-perusahaan besar sebagai seorang investor. Ia pun menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Baca Juga: Investasi Peer To Peer Lending Ternyata Cocok Untuk Anak Muda, Lho. Ini Alasannya!

Menjadi investor memang tidak mudah, akan tetapi bila Anda terbiasa dengan seluk-beluk investasi, Anda bisa menjadi investor full time yang sukses.

Contoh saja Lo Kheng Hong yang disebut-sebut sebagai Warren Buffet-nya Indonesia, bisa menjadi investor sukses di usia 30-an setelah beliau memutuskan untuk resign dari tempat kerjanya.

Baca Juga: 4 Jenis Investasi yang Harus Dicoba Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

Kegiatan investasi bisa membuat Anda sukses secara finansial. Untuk itu, apabila Anda belum berinvestasi, mulailah berinvestasi dari sekarang dan rutinlah mengalokasikan pendapatan bulanan Anda untuk diinvestasikan. Jangan hanya dibiarkan mengendap dalam tabungan karena nilainya akan terus berkembang.

Baca Juga: Dana Proteksi KoinWorks, Sebuah Inisiatif Demi Menjamin Keamanan Investasi

Bila Anda masih ragu untuk berinvestasi karena bayang-bayang risiko yang terdapat di dalamnya, cobalah untuk berinvestasi di peer to peer lending KoinWorks.

Dengan modal awal Rp 100.000, yang tentunya relatif kecil, Anda bisa mendapatkan potensi keuntungan bunga efektif tahunan mulai dari 18% sembari mempelajari dasar-dasar fundamental investasi itu sendiri.

Dengan rutin berinvestasi dengan nominal yang relatif kecil di KoinWorks, Anda bisa secara bertahap menguasai teknik-teknik investasi seperti memitigasi risiko, melakukan perhitungan terhadap potensi keuntungan, hingga diversifikasi.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Terlebih lagi, efek compounding yang bisa dimanfaatkan setiap bulan akan menambah nilai uang Anda seturut waktu. Hitung sendiri menggunakan kalkulator efek compounding di bawah ini:

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Nah, itulah 5 rahasia orang terkaya dunia yang bisa Anda tiru mulai sekarang. Rahasia keuangan tersebut sebenarnya tidaklah susah apabila kita terapkan dengan giat dan baik dari waktu ke waktu. Mari kita terapkan rahasia keuangan tersebut dari sekarang.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Dunia dan Cara Menjadi Seperti Mereka


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.