5 Hal yang Perlu Dipahami Tentang Rencana Pengelolaan Utang – Rencana pengelolaan utang sebenarnya akan menciptakan rencana yang realistis agar membantu Anda keluar dari jeratan utang.

Salah satu langkah yang biasanya dilakukan adalah melepaskan biaya tertentu atau meminta pihak pemberi kredit menurunkan suku bunga.

Selain itu, Anda juga perlu memahami 5 hal berikut saat berencana untuk mengelola utang dengan baik.

5 Hal yang Perlu Dipahami Tentang Rencana Pengelolaan Utang

1Jangan Pernah Menambah Pinjaman Baru

pinjaman-kredit-serah terima-modal-usaha

Jangan pernah melakukan konsolidasi utang dengan cara mengambil pinjaman baru. Ingatlah bahwa manajemen utang adalah proses pelunasan utang dengan meminta pihak kreditor menurunkan suku bunga dan meminta pengampunan biaya keterlambatan.


2Diperlukan Waktu dan Proses untuk Menyelesaikannya

milenial-sulit-punya-rumah-susah-bayar-DP-uang muka

Tidak ada utang yang bisa diselesaikan dalam waktu cepat dan sekejap mata. Anda memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengatasi permasalahan utang dan mungkin bisa mencapai 2 sampai 5 tahun ke depan.

Baca juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Bahkan Anda memerlukan waktu yang lebih lama jika memiliki utang yang lebih besar. Jangan pernah berharap bahwa permasalahan bisa hilang dalam waktu sekejap mata.


3Manajemen Utang Harus Meningkatkan Skor Kredit

Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Rencana penyelesaian utang dimaksudkan agar Anda bekerja dengan perusahaan pembiayaan dan melakukan negosiasi agar Anda bisa lebih mudah membayar tagihan. Pastikan rencana penyelesaian utang tidak mempengaruhi skor kredit yang dimiliki.


4Anda Akan Belajar Tentang Keterampilan Manajemen Utang

5 Manfaat Terbebas dari Utang

Manajemen utang akan membantu Anda untuk belajar lebih disiplin keuangan, membangun kredit yang baik, dan melunasi utang dengan cara yang efektif.

Anda juga akan belajar bahwa lebih sedikit utang, itu artinya memiliki lebih banyak uang untuk disimpan dan diinvestasikan.

Saat Anda telah terbebas dari jeratan utang, maka langkah selanjutnya adalah mencapai tujuan keuangan yang lain. Anda bisa mulai berinvestasi untuk membangun masa depan keuangan yang lebih baik.

Jika masih ragu karena berpikir investasi harus dimulai dengan modal yang besar, maka KoinWorks bisa menjadi pilihan.

Para investor yang berminat untuk menginvestasikan uangnya di KoinWorks bisa memulai dengan modal Rp100.000 saja.

Dengan modal yang sangat terbatas imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai lebih dari 21% per tahun. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan daripada hanya menyimpan uang di dalam rekening tabungan saja.

Investasi yang dilakukan akan mengamankan masa depan keuangan Anda menjadi lebih baik. Selain itu, kebutuhan di masa depan dapat terpenuhi dengan baik karena Anda telah mempersiapkannya melalui investasi.


5Rencana Pengelolaan Utang Bisa Dilakukan Seorang Diri

akibat-kartu kredit-terror-utang - dampak negatif cashless society

Hal terakhir yang harus diingat adalah rencana pengelolaan utang bisa Anda lakukan seorang diri dan tidak perlu terlalu bergantung pada orang lain.

Baca juga: 4 Tipe Pengguna Kartu Kredit Berdasarkan Cara Menghabiskan Uang

Mulailah dengan menghubungi pihak kreditor untuk menurunkan suku bunga dan membebaskan beberapa biaya. Anda juga peru menjelaskan situasi keuangan saat ini dan mengatakan bahwa Anda memiliki niat baik untuk membayarnya.

Sudah melakukan 5 langkah di atas? Tidak perlu merasa terpuruk saat Anda memiliki utang yang sangat memberatkan.

Mulailah membuat rencana untuk keluar dari permasalahan tersebut. Hal yang perlu diingat adalah jangan pernah menambah beban utang yang baru, mengetahui bahwa penyelesaian utang memerlukan waktu, dan Anda perlu proaktif menghubungi pihak kreditor.

Kami berharap 5 langkah di atas bisa memberikan manfaat untuk Anda semua yang saat ini sedang berusaha untuk keluar dari permasalahan utang.

Masih memiliki pertanyaan terkait dengan topik di atas? Silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.