5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Sebelum Memperoleh Kesuksesan – Kalau bicara soal bisnis dan wirausaha, hal tersebut tak jauh-jauh dari urusan mengambil risiko.

Untuk memulai dan mendukung bisnis sendiri, tanpa sadar Anda harus mempertaruhkan karier, keuangan pribadi, hingga kesehatan mental.

Baca juga: Menurut Para CEO Dunia, 8 Hal Ini Harus Anda Lakukan Di Saat Usia 20-an

Nah, guna mancapai tangga kesuksesan, Anda harus siap untuk menjalani berbagai tantangan untuk dihadapi, seperti 5 risiko yang dihadapi pebisnis berikut ini.

5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Sebelum Memperoleh Kesuksesan

1. Meninggalkan gaji tetap dan pekerjaan yang sekarang

Ketika memasuki dunia bisnis, terkadang Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada pekerjaan Anda yang sekarang, bahkan pada karier yang tengah dijalani.

Di sisi lain, kebanyakan orang memiliki rencana cadangan, andai kata rencana awal tidaklah berhasil. Namun bagi kebanyakan pebisnis pemula, mereka lebih memilih untuk menjalani risiko tersebut.

Baca juga: 7 Buku Inspiratif yang Harus Dibaca Setiap Wanita

Ambil contoh, mereka tidak peduli jika tidak memiliki pendapatan pribadi, terutama dalam beberapa bulan atau tahun pertama.


2. Bergantung pada arus kas

mengelola arus kas bisnis - cashflow bisnis -arus kas perusahaan - koinworks

Mengamankan arus kas reguler pada kenyataannya sulit dilakukan. Setiap harinya, Anda harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karenanya, Anda perlu mengatur arus kas, seandainya pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran, atau pengeluaran yang tidak sesuai dengan jumlah pemasukan.

Baca juga: 6 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis di Media Sosial

Perlu disadari, tagihan bisa datang kapan saja. Jika Anda tidak memiliki cukup pendapatan yang mendukung arus kas keluar, Anda bisa saja kekurangan uang.

Entah untuk membayar gaji karyawan atau hal-hal lainnya. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, Anda harus siap sedia akan hal ini.


3. Mengorbankan modal pribadi

Tips Mengatur Modal Usaha agar Tidak Bangkrut - perusahaan besar yang bangkrut

Beberapa pengusaha bisa memulai usaha mereka hanya dengan mengandalkan pendanaan eksternal. Namun, tidak sedikit pula pebisnis yang harus merogoh kocek dalam dari rekening mereka sendiri untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Baca juga: Bagaimana Caranya Meningkatkan Pendapatan dalam Waktu Kurang dari Satu Tahun?

Jika Anda tidak ingin terus-menerus mengorbankan modal pribadi, coba saja ajukan pinjaman modal usaha ke platform peer to peer lending KoinWorks. KoinWorks memberikan pinjaman dengan depat dan mudah, tanpa menyita waktu-waktu sibuk Anda.

Anda bisa meminjam mulai dari Rp10 juta hinga Rp2 miliar. Anda akan dikenakan bunga rendah, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.


4. Memercayai karyawan kunci

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - networking - anak muda

Saat baru pertama memulai bisnis, Anda tidak akan berkerja dengan tim besar yang sepenuhnya berdedikasi untuk Anda. Sebaliknya, Anda mungkin hanya akan memiliki tim kecil, yang berjuang sepenuh hati guna memajukan bisnis.

Baca juga: Tips Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Yang perlu Anda lakukan ialah menaruh rasa percaya kepada rekan-rekan kerja Anda. Terutama, ketika mereka memiliki kemampuan istimewa yang susah dicari atau mereka yang rela bekerja meski mendapatkan gaji yang lebih rendah daripada perusahaan lain.


5. Mengorbankan waktu personal, juga kesehatan Anda

Bingung Menentukan Visi Bisnis Anda Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini - visi bisnis

Dalam berbisnis, Anda akan meluangkan banyak waktu untuk bekerja. Ada kalanya Anda akan kehilangan waktu-waktu berharga untuk beristirahat, atau sekadar makan malam dengan keluarga.

Anda juga harus mengorbankan waktu personal Anda dan oh ya, jangan heran jika Anda akan merasa lebih tertekan karena beban kerja yang lebih besar dari biasanya.

Baca juga: Lakukan 4 Kebiasaan Seorang Jenius Ini agar Anda Lebih Sukses!

Perlu dipahami, berbagai risiko yang harus dihadapi ini seharusnya tidak membuat Anda minder. Sebaliknya, jalanilah rintangan tersebut karena pada akhirnya, Anda memang tidak bisa menghindari risiko apapun sebagai pebisnis.

Jadilah orang yang lebih peka dan menyadari akan adanya risiko tersebut. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih matang dalam mempersiapkan segala hal untuk mengurangi dan mengatasinya segala hambatan.

Namun, kalau Anda masih butuh untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika berbisnis, yuk hadiri gelaran acara Her Action yang diadakan oleh KoinWorks.

power up your inner super woman - her action - koinworks

Kali ini, Her Action akan mengajak Anda para pebisnis -terutama perbisnis wanita- untuk menjalani usaha dengan lebih passionate lewat acara “Power Up Your Inner Superwoman: Transforming Our Passion into Profitable Business”.

Acara ini diadakan Gama Tower – Spacemob Co-Working Space, Gama Tower 33rd Floor, Rasuna Said, Jakarta Selatan (View Map), pada Selasa, 27 Maret 2018, pukul 14.00 – selesai.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Segera daftarkan diri Anda!

DAFTAR DI SINI


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.