Membeli Rumah, Apartmen, atau P2P Lending: Investasi Apa yang Lebih Untung? – Melakukan investasi dalam bentuk properti di Indonesia menjadi pilihan yang sangat menguntungkan, sebab harga tanah selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Dalam hal properti, Anda juga bisa memilih untuk berinvestasi dalam bentuk rumah atau apartemen. Untuk modal awal, apartemen mungkin membutuhkan modal yang lebih kecil jika dibandingkan dengan harga rumah.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Sedangkan, dari segi keuntungan keduanya berpotensi memberikan keuntungan di masa depan. Lalu, manakah yang sesungguhnya lebih menguntungkan?

Rumah, Apartemen atau Investasi Online P2P Lending, Mana Jenis Investasi yang Lebih Untung?

1. Investasi Rumah

rumah - gadai rumah - investasi properti

Hasil investasi rumah biasa didapat melalui selisih kenaikan harga saat Anda ingin menjualnya.

Baca Juga: Tips Menjual Rumah Agar Nilainya Meningkat Cepat

Contoh: apabila Anda membeli sebuah rumah dengan harga Rp 500 juta, kemudian dalam 2 tahun kemudian harga rumah tersebut naik menjadi Rp 550 juta.

Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 50 juta dari selisih penjualan tersebut. Sedangkan, apabila Anda ingin menyewakan rumah, Anda juga dapat membuat rumah yang dibeli menjadi kontrakan atau dibuat menjadi kost-kostan.

Baca Juga: 6 Jenis Investasi Terpercaya yang Bisa Membuat Anda Menjadi Milyarder!

Dalam hal ini, keuntungan sangat dipengaruhi dengan wilayah rumah yang Anda beli. Semakin strategis wilayahnya, semakin besar keuntungan yang bisa didapat. Lalu, apakah ada kerugian yang bisa muncul dengan berinvestasi dalam bentuk rumah?

Tentunya pasti ada. Dalam hal ini, bisa saja apabila wilayah disekitar rumah yang dibeli tidak strategis, atau harga rumah terlalu melambung dengan tinggi tanpa adanya penambahan fasilitas di sekitar perumahan akan membuat Anda sulit menemukan pembeli yang tepat.

Baca Juga: 7 Prinsip dalam Berinvestasi untuk Pemula

Dalam hal ini, biasanya rumah yang ingin dijual pada akhirnya dijual dengan harga murah, atau harus menunggu lama hingga menemukan pembeli yang tepat.


2. Investasi Apartemen

investasi apartemen - sewa apartemen

Dalam berinvestasi apartmen, keuntungan juga didapatkan dari biaya sewa yang diberikan setiap bulannya.

Baca Juga: Supaya Bisa Investasi Sedari Muda, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Contoh apabila sebulan Anda memberikan biaya sewa sebesar Rp 2 juta, maka dalam satu tahun Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 24 juta untuk biaya sewa.

Apabila apartemen ingin dijual, biasanya juga akan ada selisih keuntungan karena harga akan naik setiap tahunnya.

Baca Juga: Perkenalkan RoboLending, Investasi P2P Lending Ala KoinWorks Berbasis Machine Learning

Akan tetapi, sama halnya dengan rumah, membeli apartemen juga berarti Anda harus mampu menemukan orang yang ingin menyewa dan membeli unit Anda.

Apabila tidak ada penyewa dan pembeli, maka Anda telah memilih investasi yang salah karena uang tersebut tidak bisa berkembang.


3. Investasi Online P2P Lending

investasi online koinworks - alasan kenapa investasi

Itulah tadi untung dan rugi dalam berinvestasi dalam bentuk properti. Namun, tahukah Anda bahwa ada satu jenis investasi lagi yang juga dapat memberikan Anda keuntungan dalam nominal yang besar sama dengan Anda berinvestasi di properti?

Baca Juga: Melalui KoinWorks, Kepada Siapa Saja Sebenarnya Investasi Anda Disalurkan?

Berbeda dengan properti, melalui investasi online p2p lending Anda bisa mulai berinvestasi dari nominal yang kecil. Contoh, bila Anda saat ini memiliki Rp 300.000.

Anda bisa kembali mengalokasikan Rp 300.000 setiap bulannya untuk menambah dana investasi Anda, kira-kira berapa total uang yang bisa Anda dapatkan dalam 5 tahun ke depan?

Baca Juga: Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Menurut perhitungan keuangan detail, Future Value atau uang di masa depan Anda (termasuk efek compounding) adalah Rp 30.921.681, dengan modal  yang diinvestasikan sebesar Rp 18.300.000 dalam 5 tahun.

Dalam kasus ini, berarti bila Anda mendepositkan Rp 300.000 perbulan, dengan bunga efektif 19% per tahun, Anda berhasil mendapatkan bunga total sebesar Rp 12.621.681, yang artinya nilai total uang Anda dalam 5 tahun ke depan menjadi:

Total: Rp 18.300.000 + Rp 12.621.681 = Rp 30.921.681

Coba hitung sendiri menggunakan kalkulator efek compounding di bawah ini (selengkapnya baca mengenai efek compounding):

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Kesimpulan

Nah, itulah tadi 3 jenis investasi yang ada saat ini. Secara umum, investasi rumah hendaknya dipilih jika ingin mendapatkan keuntungan secara langsung dalam satu waktu. Selisih harga beli dan harga jual akan menjadi keuntungan.

Baca Juga: 4 Jenis Investasi yang Harus Dicoba Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

Adapun investasi apartemen bisa jadi pilihan kalau ingin mendapat pemasukan secara rutin. Keuntungan didapatkan dari tarif sewa unit tersebut.

Sedangkan, jika Anda tidak mau repot mencari pembeli maupun penyewa tapi tetap ingin mendapatkan keuntungan yang besar, investasi online peer to peer lending dapat menjadi solusinya.

Baca Juga: Investasi Peer To Peer Lending Ternyata Cocok Untuk Anak Muda, Lho. Ini Alasannya!

Di samping itu, risiko yang ada juga hampir sangat kecil daalam investasi jenis ini, karena setiap peminjam telah diseleksi secara ketat oleh KoinWorks.

Manakah yang menjadi pilihan Anda, investasi properti rumah, apartemen, atau investasi online p2p lending?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.