Jangan Salah Memilih Pekerjaan, Lakukan 3 Tahap Ini Untuk Mengevaluasinya – Ketika berbicara tentang pekerjaan, tidak ada yang lebih buruk dari perasaan tidak bahagia selama bekerja.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang perusahaan sangat penting dilakukan. Terutama saat berada dalam proses wawancara dengan manajer HRD dan pimpinan perusahaan.

Baca Juga: 5 Cara Menyenangkan yang Bisa Dilakukan Untuk Menjadi Lifelong Learning

Agar Anda tidak salah memilih pekerjaan, lakukan 3 tahapan yang akan dijelaskan di bawah ini untuk mengevaluasi perusahaan yang akan dituju.


Jangan Salah Memilih Pekerjaan, Lakukan 3 Tahap Ini Untuk Mengevaluasinya

Budaya Kantor Adalah Hal yang Penting

Jangan Salah Memilih Pekerjaan, Lakukan 3 Tahap Ini Untuk Mengevaluasinya

Mempelajari budaya perusahaan sangat penting dilakukan, karena Anda akan menghabiskan waktu setidaknya selama 40 jam dalam seminggu disana.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengamati orang-orang yang bekerja disana.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan, Jadilah Pribadi Tangguh!

Perhatikan keramahan para karyawan yang ada disana, bagaimana para pemimpin memperlakukan karyawan, dan apakah ada peluang untuk berkembang.

Meskipun pada tahap awal sangat sulit dilakukan, namun Anda bisa menangkap petunjuk halus untuk menentukan apakah budaya kantor selaras dengan kepribadian Anda. Manfaatkan proses wawancara kerja untuk mengetahui lebih lanjut tentang budaya perusahaan.


Mengamati Hal yang Kecil

Jangan Salah Memilih Pekerjaan, Lakukan 3 Tahap Ini Untuk Mengevaluasinya

Saat Anda sangat membutuhkan pekerjaan, biasanya berbagai tanda kecil tidak akan diperhatikan dan dipertimbangkan dalam memilih perusahaan tempat bekerja.

Namun, jika Anda ingin bertahan lama disana dan tidak salah memilih pekerjaan, maka tanda-tanda kecil yang sering diabaikan perlu diperhatikan dengan baik.

Anda bisa memperhatikan sikap para karyawan yang sedang bekerja disana, perhatikan apakah mereka merasa senang untuk bekerja disana.

Baca Juga: 5 Langkah Untuk Meningkatkan Efektivitas Tenaga Penjualan

Lalu, jangan lupa memperhatikan cara mereka berbicara satu dengan yang lain, apakah mereka berbicara negatif tentang rekan kerja mereka.

Jika mereka melakukan hal yang dicontohkan tadi, maka itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa itu bukanlah lingkungan kerja yang bagus untuk tumbuh dan berkembang.


Apakah Lingkungannya Positif dan Anda Bisa Tumbuh Disana

Jangan Salah Memilih Pekerjaan, Lakukan 3 Tahap Ini Untuk Mengevaluasinya

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bahwa Anda tidak salah memilih pekerjaan adalah dengan memperhatikan cara mereka melakukan rapat dengan rekan kerja.

Lihatlah apakah saat sedang rapat orang-orang berinteraksi dengan cara yang positif, kreatif, dan inovatif. Jangan lupa untuk memperhatikan cara manajer memperlakukan karyawan dan sikap mereka terhadap perbedaan pendapat.

Baca Juga: 4 Kiat Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Tidak hanya itu saja, agar tidak salah memilih pekerjaan Anda juga harus memastikan bahwa di dalam perusahaan tersebut Anda bisa berkembang dengan baik.

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa perusahaan memiliki budaya untuk berkembang adalah adanya kesempatan untuk belajar, diskusi dengan rekan kerja yang lain, aktivitas brainstorming, dan lain sebagainya.

Hal yang lebih penting dari itu semua adalah adanya kesempatan untuk berkembang dalam karir dan mendapatkan posisi yang lebih tinggi di masa depan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi

Jangan lupa untuk memantaskan diri Anda untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dengan keterampilan dan kapasitas diri yang lebih baik.

Caranya adalah dengan mengikuti berbagai pelatihan, seminar, atau kursus di bidang keterampilan tertentu yang sesuai dengan pekerjaan saat ini.

Mengenai biaya pendidikan yang harus dibayarkan, Anda tidak perlu menggunakan uang tabungan yang ada di rekening. Manfaatkan saja fasilitas pinjaman dana dari KoinPintar yang menawarkan beberapa kemudahan.

Baca Juga: 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari!

Kemudahan yang pertama adalah suku bunga yang ditawarkan sangat rendah yaitu hanya sekitar 0,75% per bulan saja.

Ditambah lagi dengan masa pembayaran pinjaman yang bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Itu artinya, Anda tidak perlu membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Tertarik untuk menggunakan fasilitas di atas?

Tidak hanya itu saja, KoinPintar juga bisa dimanfaatkan bagi Anda yang ingin mengikuti pendidikan formal seperti perguruan tinggi dan lainnya.

Jadi, tidak perlu lagi khawatir dengan biaya mahal saat akan mengikuti pendidikan yang berkualitas untuk masa depan Anda.

Baca Juga: 5 Cara Mencapai Tujuan Terbesar dalam Hidup

Demikianlah pembahasan tentang 3 langkah yang bisa dilakukan untuk menilai apakah Anda salah memilih pekerjaan atau perusahaan tempat Anda bekerja menawarkan lingkungan kerja yang menarik untuk tumbuh dan berkembang di dalamnya.

Semoga bermanfaat untuk Anda.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.