Home Investasi Mengenal SBN Ritel Tipe Tradable dan Proses Penjualannya

Mengenal SBN Ritel Tipe Tradable dan Proses Penjualannya

Mengenal SBN Ritel Tipe Tradable dan Proses Penjualannya – Instrumen investasi banyak jenisnya, salah satunya adalah SBN atau Surat Berharga Negara yang diterbitkan pemerintah setiap tahunnya.

SBN sendiri diterbitkan pemerintah sebagai alternatif sumber pendanaan untuk beragam kebutuhan program pemerintahan dalam rangka menyejahterakan rakyat.

Masyarakat umum bisa menjadi pemodal dalam membantu pemerintah menjalankan programnya dengan membeli SBN sebagai investasi, sekaligus mengembangkan dana.

SBN dinilai aman karena dijamin oleh pemerintah, maka dari itu peminatnya juga banyak setiap tahunnya.

Terdapat dua tipe SBN ritel yang perlu kamu tahu yaitu, Tradable (dapat diperdagangkan) seperti ORI (Obligasi Negara Ritel), SR (Sukuk Ritel) dan Non-Tradable (tidak dapat diperdagangkan) seperti: SBR (Savings Bond Ritel) dan ST (Sukuk Tabungan).

Adapun bagi kamu yang memilih SBN Ritel tipe Tradable, tentunya memilih hal ini karena bisa diperdagangkan di pasar sekunder, dan berpotensi capital gain.

Lalu bagaimana cara menjualnya di pasar sekunder dan meraih keuntungan?


Mengenal SBN Ritel Tipe Tradable dan Proses Penjualannya

Sebelum mengetahui bagaiman proses penjualannya, kamu harus tahu dulu apa itu pasar sekunder, karena nantinya SBN Ritel tipe tradable milikmu akan dijual di sana.

Apa Itu Pasar Sekunder?

Pasar sekunder adalah bursa atau pasar tempat surat berharga diperjualbelikan antar investor di luar pasar perdana atau primer (secondary market).

Sebagai contoh , misalnya kamu membeli sebuah produk SBN Ritel Tradable di pasar perdana maka kamu bisa menjualnya kembali di pasar sekunder dengan harga yang naik turun.

Saat melakukan penjualan ke pasar sekunder dengan harga jual yang lebih tinggi, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan atau capital gain.

Bagaimana Proses Penjualan SBN Ritel Tradable di Pasar Sekunder?

Penjualan di pasar sekunder dapat dilakukan setelah berakhirnya minimum holding period sesuai yang tercantum pada memorandum informasi.

KoinWorks Bekerjasama Dengan Bina Artha Sekuritas untuk Penjualan SBN Ritel di Pasar Sekunder

Dalam rangka memberikan solusi mudah perihal penjualan SBN di pasar sekunder, saat ini KoinWorks bermitra dengan Bina Artha Sekuritas untuk penjualan SBN. Kamu bisa langsung melakukan penjualan di https://fitsonline.binaartha.com

Perlu dicatat, bahwa kamu juga bisa menjual SBN milikmu di tempat lain.

Sebagai informasi, KoinWorks adalah sebuah aplikasi yang memberikan solusi finansial mulai dari pengembangan aset melalui pendanaan dan investasi, hingga pinjaman untuk bisnis atau individu.


Bagaimana, sekarang sudah tahu lebih dalam kan perihal SBN Ritel tipe tradable dan proses penjualannya.

Perlu diingat, dengan kamu melakukan investasi di SBN Ritel, kamu juga sekaligus membantu pemerintah menyejahterakan masyarakat, lho.

Yuk, mulai berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.