7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha – Saat ini, untuk mengajukan pinjaman bisnis rasanya akan Anda dapatkan dalam sekejap. Ada berbagai jenis pinjaman yang tersedia, mulai dari pinjaman melalui bank hingga pinjaman P2P Lending.

Akan tetapi semua jenis pinjaman ini tentunya memiliki persyaratannya masing-masing. Khususnya untuk Anda yang memiliki usaha kecil menengah (UKM), Anda mungkin saja akan merasa kesulitan dalam memenuhi persyaratan yang diminta oleh bank maupun pinjaman P2P Lending.

Untuk itu, pastikan Anda telah mempersiapkan semua hal yang mungkin diperlukan sebelum mengajukan pinjaman melalui bank maupun P2P Lending. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut ini sebelum Anda mempersiapkan aplikasi Anda:

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

1. Mengapa saya membutuhkan pinjaman modal usaha?

Setiap pertimbangan pinjaman modal usaha harus dimulai dengan pertanyaan ini “Apakah saya benar-benar membutuhkan pinjaman ini?”

Tanpa diragukan lagi, ada banyak alasan bagus mengapa pinjaman modal usaha akan bermanfaat, contohnya; mungkin Anda sedang merencanakan ekspansi bisnis dan membutuhkan banyak dana untuk dapat mewujudkannya, mungkin Anda perlu membeli peralatan untuk memperbaiki produk Anda, mungkin Anda perlu membeli lebih banyak persediaan dari supplier Anda, atau mungkin Anda hanya memerlukan suntikan modal kerja.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Merasa tidak yakin apakah “mengapa” Anda lolos atau tidak? Inilah aturan praktis yang bagus untuk dapat meloloskannya. Tanyakan pada diri Anda apakah pinjaman bisnis yang diberikan akan membuat perusahaan Anda dapat bertumbuh.

Jika jawabannya ya, maka mengajukan pinjaman adalah sesuatu yang tepat. Jika tidak, Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali prioritas dari perusahaan.

Ingat: apapun alasan Anda untuk pengajuan pinjaman, investor pastinya akan menanyai Anda tentang hal itu. Pastikan Anda bisa menjelaskan alasan yang jelas.

2. Berapa banyak uang yang saya butuhkan?

Seperti pertanyaan nomor 1, investor dan lembaga keuangan akan menanyakan Anda pertanyaan ini. Mengajukan pinjaman yang terlalu sedikit dapat memunculkan masalah modal dikemudian hari.

Baca Juga: Cara Menghitung Berapa Banyak Pinjaman Modal yang Anda Butuhkan

Mengajukan pinjaman yang terlalu banyak akan membuat Anda terlihat seolah-olah Anda belum melakukan penelitian yang cukup. Lebih buruk lagi, investor mungkin mengira Anda kurang kredibilitas. Jadi pastikan untuk menghitung secara matang sebelum mengajukan pinjaman usaha.

3. Bagaimana keuangan saya?

Jelas, investor dan lembaga keuangan ingin tahu apakah Anda bisa melunasi pinjaman yang diberikan. Jika investor menilai bahwa Anda tidak mampu mengembangkan bisnis dan melunasi pinjaman yang diberikan, maka investor akan menolak pinjaman yang diajukan. Jadi, pastikan Anda memiliki arus kas yang sehat.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Dalam hal ini, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk melaporkan neraca perusahaan, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan bank sehingga investor dapat menganalisis situasi bisnis Anda.

Terkait dengan hal ini, Anda dapat meluangkan waktu untuk membuat proyeksi yang akurat. Cobalah untuk membuat rencana pelunasan pinjaman juga jika memang memungkinkan.

4. Lembaga keuangan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan pinjaman saya?

Luangkan waktu untuk memilih produk pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum menentukan jenis pinjaman mana yang akan diajukan, usahakn untuk meneliti dahulu berbagai struktur produk, suku bunga, dll. Ada berbagai produk untuk kebutuhan berbeda.

Baca Juga: Butuh Modal Usaha Untuk Bisnis Online? Coba Ajukan Melalui Platform P2P Lending

Bank memberikan pinjaman yang berjangka panjang dan dengan jumlah yang lebih tinggi, sedangkan pinjaman P2P Lending menyediakan proses yang cepat sepanjang jalan – dari proses aplikasi yang lebih cepat hingga kemampuan untuk meningkatkan pinjaman dalam beberapa hari, mungkin juga hanya beberapa jam. pinjaman P2P Lending juga berbasis online, memungkinkan Anda untuk mendaftar kapan dan dimana saja.

5. Apakah saya memenuhi persyaratan investor saya?

Aplikasi pinjaman biasanya berjalan dua arah. Meskipun Anda perlu memilih produk pinjaman yang paling sesuai untuk Anda, penting juga untuk Anda memenuhi semua persyaratan. Jika tidak, mengirim aplikasi akan membuang-buang waktu karena aplikasi tentunya akan ditolak.

6. Apa rencana bisnis saya?

Kemungkinan besar Anda akan diminta untuk membuat rencana bisnis. Investor dan lembaga keuangan ingin mengetahui rincian bagaimana Anda akan menggunakan uang pinjaman, rencana masa depan Anda, dan apakah pada akhirnya Anda akan membayar kembali kewajiban Anda.

Baca Juga: Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Lebaran

Rencana bisnis yang kuat harus mencakup laporan keuangan masa lalu dan saat ini, bersamaan dengan proyeksi masa depan. Elemen lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah deskripsi perusahaan dan produk, analisis pasar, dan strategi perusahaan untuk pertumbuhan.

7. Apakah saya memiliki semua dokumen saya?

Jika semua pesyaratan yang dibutuhkan memang telah siap, proses aplikasi akan jauh lebih muda. Anda juga akan terlihat siap di mata investor. Pada akhirnya, mengajukan pinjaman modal bisnis adalah persiapan.

Setelah Anda yakin untuk mengajukan pinjaman, maka selanjutnya adalah waktunya untuk mencari pinjaman tersebut. KoinWorks memberikan peluang bagi bisnis Anda untuk terus berkembang dengan pinjaman modal usaha dari KoinBisnis.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Para pebisnis online yang memiliki visi yang kuat dalam meningkatkan penjualannya dari waktu ke waktu berhak untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp 500 juta dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% per bulan. Menarik sekali, bukan? Yuk ajukan pinjaman ke KoinWorks.


Ajukan Pinjaman


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



  • 9
    Shares
There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?