5 Hal Seharusnya Tidak Dilakukan Investor Jika Ingin Imbal Hasil yang Optimal

meneliti investasi-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer

5 Hal Seharusnya Tidak Dilakukan Investor Jika Ingin Imbal Hasil yang Optimal – Berinvestasi tidaklah sulit dilakukan jika Anda memahami dengan baik pengetahuan dan strategi yang tepat dalam menjalankannya.

Baca Juga: Berinvestasi Dengan Dana Terbatas? Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Ini Juga

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus menghindari diri dari membuat keputusan yang gegabah dan merugikan.

Berikut ini 5 kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan oleh para investor saat melakukan investasi.


5 Hal Seharusnya Tidak Dilakukan Investor Jika Ingin Imbal Hasil yang Optimal

Investasi yang Dimulai Dengan Cara Salah

investasi

Pengelolaan keuangan yang bijaksana adalah proses selangkah demi selangkah dan perlu dilakukan secara bertahap.

Dua langkah yang perlu dilakukan oleh para investor sebelum mereka memulai mendanai adalah mempersiapkan dana darurat yang berisi sekitar 6 bulan biaya hidup pokok dan memiliki anggaran yang cukup untuk membayar tagihan utang.


Tidak Mengetahui Investasi yang Akan Dilakukan

investasi uang dana

Peter Lynch adalah salah satu manajer reksadana yang paling terkenal. Ia menjalankan Fidelity’s Magellan Fund mulai dari 1977 sampai tahun 1990.

Pencapaian yang ia dapatkan adalah menghasilkan pengembalian tahunan rata-rata sampai dengan 29%.

Baca Juga: 4 Cara Untuk Keluar dari Keterpurukan Akibat Mengalami Kebangkrutan

Salah satu nasihat yang paling terkenal adalah jangan sampai berinvestasi pada hal yang tidak dipahami dengan baik, sebab Anda hanya memasukkan uang hasil jerih payah untuk hilang begitu saja.

Jika Anda berpikir untuk berinvestasi pada saham perusahaan, maka penting untuk mengetahui apa yang dilakukan perusahaan, siapa pesaingnya, dan apa alasan yang membuat Anda yakin bahwa investasi tersebut layak dilakukan.


Investasi yang Tidak Sesuai Dengan Jangka Waktu dan Temperamen Anda

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi

Jenis investasi yang dipilih harus didasarkan pada alokasi aset, tujuan investasi, jangka waktu, dan tingkat resiko yang bersedia Anda terima.

Itu artinya, investasi yang cocok untuk si A bukan berarti cocok digunakan dan dilakukan oleh investor B.

Jika Anda termasuk tipe orang yang suka mengambil resiko dan bersedia menginvestasikan dana dalam jangka panjang sampai lebih dari 10 tahun, maka saham bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: Cara Berinvestasi di Usia 30, 40, dan 50-an, Apa Saja Portofolio yang Perlu Dimiliki?

Atau jika Anda tidak ingin repot saat menjalankan investasi dan lebih suka mempercayakan investasi kepada orang lain, maka reksadana bisa menjadi pilihan.

Atau jika Anda termasuk tipe orang yang tidak memiliki dana yang besar untuk berinvestasi, tetapi tertarik untuk mendapatkan imbal hasil yang tinggi, maka KoinWorks bisa menjadi pertimbangan selanjutnya.

Mendanai di KoinWorks bisa dimulai dengan dana Rp 100.000 saja dan tingkat pengembalian mampu mencapai 18% per tahunnya.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan resiko saat berinvestasi, karena KoinWorks telah menyediakan fasilitas dana proteksi sampai dengan 100% kepada para investor.


Mudah Tertarik Dengan Hal Baru yang Terlihat Menguntungkan

Ada banyak hal di dunia ini yang menarik banyak orang, mulai dari Bitcoin sampai investasi yang terlihat mudah namun terselip skema Ponzi di dalamnya.

Baca Juga: Terapkan 3 Langkah Untuk Merencanakan Pensiun

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, Anda harus menjadi investor yang cerdas dan memahami dengan baik produk investasi sebelum masuk dan menjalankannya.


Tidak Sabar Menunggu Hasil Investasi

jenis investasi menguntungkan - Investasi yang Cocok untuk Pemula - instrumen investasi

Salah satu unsur penting agar bisa sukses berinvestasi adalah waktu. Tidak semua investasi mampu memberikan hasil investasi terbaik pada rentang waktu yang cepat.

Oleh karena itu, Anda selaku investor harus bersikap sabar dan tidak gegabah dalam membuat keputusan investasi saat melhat hasilnya belum optimal.

Jika ingin menjadi seorang investor yang sukses dan mendapatkan imbal hasil yang optimal. Jangan sampai Anda melakukan 5 hal bodoh seperti yang telah kami sampaikan di atas.

Devayanti Pardi
Content Creator at KoinWorks
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih