Bagaimana Cara Kerja KoinWorks?

Sebelum kami memberikan strategi portofolio salah satu Pendana kami, ada baiknya kami menjelaskan sekali lagi mengenai cara kerja KoinWorks.

Kami hanya ingin mempertegas mengenai apa saja yang kami lakukan untuk memajukan usaha kecil & menengah, pendidikan, serta ikut serta dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Legalitas KoinWorks

Apakah KoinWorks itu Tipu-Tipu?

Banyak sekali orang yang ragu untuk menjadi Pendana di KoinWorks karena takut menjadi korban penipuan.

Kami ingin menegaskan bahwa:

KoinWorks dengan nama usaha PT Lunaria Annua Teknologi telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor S-1862/NB.111/2017 semenjak 27 April 2017.

Surat Keterangan OJK KoinWorks

Diawasi berarti kami wajib mengikuti peraturan-peraturan dari intitusi yang dibina oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Produk Pinjaman KoinWorks

KoinWorks adalah sebuah platform Peer-to-Peer Lending yang menghubungkan masyarakat yang membutuhkan pinjaman dengan masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan.

KoinWorks menyediakan sebuah platform agar seluruh kegiatan pinjam-meminjamkan uang dapat terjadi sepenuhnya secara online melalui aplikasi mobile dan mudah dijangkau siapa pun.

Preview Aplikasi KoinWorks

Download App KoinWorks jika Anda belum terdaftar menjadi Pendana di KoinWorks. Anda bisa mulai mendanai dengan modal kecil, Rp100.000 saja.

Ada dua jenis Peminjam di platform Peer-to-Peer Lending KoinWorks:

Pinjaman Bisnis

Produk pinjaman yang diberikan untuk UKM Indonesia dalam mengembangkan usaha atau bisnis yang dijalankan.

Pinjaman Pendidikan

Merupakan sebuah alternatif pembayaran pendidikan bagi generasi muda indonesia dalam mempersiapkan persaingan global.

Dari Mana Asal Para Peminjam Kami?

Mayoritas Peminjam kami merupakan pedagang yang memiliki toko online di berbagai mitra kami:

Untuk pinjaman pendidikan, kami menerima murid yang ingin menimba ilmu di institusi pendidikan terkemuka, baik yang formal maupun nonformal. Di bawah ini adalah beberapa institusi yang telah bekerja sama dengan kami:

Agar Anda dapat mengenal lebih dalam siapa Peminjam kami, mari kita simak cerita perjalanan mereka bersama KoinWorks.

Ya, bisa dikatakan bahwa mayoritas dana yang KoinWorks cairkan bertujuan untuk hal yang produktif, dalam arti untuk menghasilkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Baik untuk mengembangkan bisnis, maupun untuk mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik lagi melalui pendidikan yang tepat.

Bagaimana Pendana Menerima Hasil Imbal Pendanaan?

Dana yang telah disalurkan ke Peminjam akan dikembalikan dalam dua metode, yaitu lumpsum dan cicilan bulanan.

Pinjaman lumpsum memiliki jatuh tempo maksimal 6 bulan yang akan dikembalikan secara keseluruhan (pokok dan bunga) ketika pinjaman sudah jatuh tempo.

Contoh: jika Anda meminjamkan dana sebesar Rp10.000.000 dengan bunga flat 3% dan jatuh tempo setelah 6 bulan, maka ilustrasinya:

Ilustrasi Pengembalian Lump Sum KoinWorks

Contoh pinjaman lump sum yang ada di marketplace KoinWorks:

Contoh Pinjaman Lumpsum KoinWorks
Pinjaman dengan durasi 1 – 6 bulan biasanya dibayar lump sum.

Kemudian, metode pengembalian bulanan biasanya berlaku untuk berbagai jenis pinjaman dengan risiko tinggi dan berdurasi panjang. Pinjaman dengan metode ini biasanya memiliki tenor di atas 6 bulan hingga 2 tahun.

Ilustrasi Pengembalian Cicilan KoinWorks

Di bawah ini bisa kita lihat contoh pinjaman dengan metode pengembalian bulanan:

Contoh Pinjaman Cicilan KoinWorks
Pinjaman yang berdurasi di atas 6 bulan pengembaliannya biasa dicicil bulanan.

Berapa Besar Jumlah Uang yang Harus Anda Masukan dan Berapa Lama Sekali?

Untuk diketahui, pendanaan di KoinWorks bersifat fleksibel. Anda bisa saja mentransfer dana Anda setiap sebulan sekali atau hanya satu tahun sekali, dengan nominal berapapun yang Anda mau.

Anda tidak memiliki kewajiban atau kontrak untuk terus mendepositkan uang Anda. Semuanya terserah Anda sesuai dengan dana yang tersedia.

Sebagai contoh, Anda bisa menyimak ilustrasi berikut ini:

Ilustrasi Kegiatan Pendana KoinWorks

Bagaimana Jika Ingin Mulai Mendanai?

Untuk penjelasan detail mengenai pendanaan pinjaman di KoinWorks akan dijelaskan pada bagian selanjutnya pada artikel ini.

Namun, Anda bisa mulai mendanai dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Silakan ikuti empat langkah mudah di bawah ini.

Registrasi

Daftarkan diri Anda melalui aplikasi atau website KoinWorks dan isi data diri dengan lengkap dan akurat.

Registrasi KoinWorks

Verifikasi No. HP & Email

Verifikasi nomor HP dan email Anda melalui kode OTP dan link email yang telah dikirim oleh KoinWorks.

Verifikasi Akun KoinWorks

Cek Whatsapp / SMS Anda

KoinWorks akan mengirimkan kode OTP. Klik ulang jika belum mendapatkannya.

Kode OTP Whatsapp

Cek Email Anda

KoinWorks telah mengirimkan email verifikasi, klik link yang ada pada email tersebut.

Lihat Email Verifikasi

Tunggu Akun Anda Terverifikasi

Tim kami akan memverifikasi akun Anda dalam 1×24 jam kerja. KoinWorks akan mengirimkan email setelah proses verifikasi selesai.

Tunggu Verifikasi Fraud

Login ke Akun Anda Setelah Terverifikasi

Anda bisa login ke akun Anda setelah verifikasi selesai. Jika akun Anda tidak terverifikasi dalam 1×24 jam kerja, jangan sungkan hubungi kami.

Login KoinWorks

Transfer Dana

Dana yang ingin Anda alokasikan bisa ditransfer melalui Virtual Account. Cek menu di kiri atas dan pilih Deposit / Transfer Fund.

Deposit Dana

Konfirmasi Dana Masuk

Tunggu email verifikasi dari KoinWorks. Tergantung dari metode pembayaran Anda. Dana biasa masuk antara 1-3 hari kerja.

Konfirmasi Deposit

Lihat Daftar Peminjam

Anda bisa masuk ke halaman Telusuri / Browse yang ada di menu kiri atas / bagian bawah (mobile) untuk melihat daftar pinjaman saat ini.

Pilih Pinjaman

Mulai Mendanai

Danai pinjaman dengan klik tombol “Tambah”. Info lebih lanjut mengenai cara mendanai akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Mulai Mendanai

Anda bisa memasukkan dana mulai dari Rp100.000 saja. Untuk periode pendanaan semuanya tergantung pada strategi pendanaan Anda.

Anda dapat memasukkan dana setiap bulannya, atau hanya sesekali saja ketika dana Anda telah tersedia.

Apa Bedanya KoinWorks (Peer-to-Peer Lending) dengan Institusi Keuangan Konvensional?

KoinWorks hanya mengambil komisi sebesar 5% dari bunga yang Anda terima jika pinjaman dibayar secara lumpsum, atau 1% dari pokok + 1% dari bunga untuk pinjaman yang dibayar cicilan per bulan.

Ilustrasi Komisi KoinWorks untuk Pinjaman Lump Sum
Contoh ilustrasi komisi KoinWorks untuk pinjaman yang dibayar lumpsum.
Ilustrasi Komisi KoinWorks untuk Pinjaman Cicilan
Contoh ilustrasi komisi KoinWorks untuk pinjaman yang dibayar cicilan.

Institusi konvensional seperti bank biasanya mengambil keuntungan dari selisih bunga yang diberikan antara bunga deposito dan pinjaman yang diberikan, baik untuk individual maupun bisnis.

Di saat mereka bisa memberikan bunga pinjaman antara 7% – 28%~, bank hanya memberikan bunga deposito sekitar 2% – 6%.

Ilustrasi Perbedaan KoinWorks dengan Institusi Keuangan Konvensional

Kesimpulannya, pemberi dana / Pendana dapat memperoleh bunga yang lebih besar melalui platform Peer-to-peer Lending ketimbang deposito Bank.

Hal ini dikarenakan Pendana dapat langsung bertemu dengan Peminjam melalui aplikasi tanpa perantara. Tidak seperti sistem di institusi konvensional, yang birokrasinya panjang dan mahal biayanya.

Prosedur Seleksi Peminjam di Koinworks

Kami selalu memastikan bahwa Peminjam yang ada di KoinWorks adalah sebuah usaha / individu yang memiliki legalitas jelas dan memiliki kemampuan untuk membayar pinjamannya.

Berikut prosedur seleksi kami:

Proses Seleksi Peminjam KoinWorks
  1. Ketika permintaan peminjaman dana kami terima, setiap usaha / individu akan melewati tahap pengecekan legalitas melalui Fraud Analyst kami.
  2. Setelah itu Credit Scoring / Risk Analyst kami akan melakukan pengecekan laporan keuangan perusahaan / individual untuk mengetahui kemampuan mereka membayar utang. Di sinilah kami akan mengkategorikan Peminjam berdasarkan risikonya, A1 – Ungraded.
  3. Jika lolos, barulah akan kami naikkan pengajuan pinjaman tersebut ke dalam Marketplace Peer-to-Peer dan Anda sudah dapat mulai mendanai pinjaman mereka.
  4. Setelah dana yang terkumpul cukup (maksimum 8 hari), kami akan membuat perjanjian / agreement mengenai kontrak pinjaman dengan Peminjam.
  5. Jika Peminjam dan KoinWorks sama-sama menyetujui perjanjian kontrak, maka dana akan langsung dicairkan (disbursement) kepada Peminjam.

Pahami Profil Risiko Anda

Semakin tinggi risiko bisnis atau keuangan individual (untuk Peminjam Pendidikan), maka semakin tinggi pula kemungkinan telat bayar dan gagal bayar / kredit macet. Namun, semakin tinggi juga imbal hasilnya.

Bunga Efektif dan Risiko Pinjaman KoinWorks

Grading diberikan oleh Credit Analyst KoinWorks, sesuai dengan perhitungan keuangan dan analisis bisnis Peminjam atau kondisi keuangan mereka yang mengajukan pinjaman pendidikan.

Contoh Peminjam KoinWorks yang telah lulus Fraud dan Credit Scoring di Marketplace Peer-to-Peer:

Pinjaman Risiko Rendah
Grading Risiko A (Paling Rendah)
Pinjaman Risiko Menengah
Grading Risiko B (Menengah)
Pinjaman Risiko Tinggi
Grading Risiko C & Diatasnya (Risiko Tinggi)

Dana Proteksi

KoinWorks berinisiatif untuk menyediakan perlindungan modal melalui Dana Proteksi guna mengurangi kerugian akibat gagal bayar. Dana Proteksi akan dicairkan tergantung dari tingkat risiko pinjaman, seperti pada tabel berikut:

Dana Proteksi berdasarkan risiko pinjaman.

Jika setelah 90 hari kerja Peminjam tidak mampu membayar pokok dan bunga Anda, maka kami akan mulai mencairkan Dana Proteksi guna melindungi pokok modal Anda.

Ilustrasi Non Performing Loan KoinWorks

Jika Anda meminjamkan dana sebesar Rp12.000.000 untuk pinjaman berdurasi 12 bulan dengan bunga flat 12%, kemudian terjadi kredit macet / gagal bayar di bulan ke-9, maka dana yang Anda salurkan akan terproteksi adalah sebagai berikut:

Ilustrasi Dana Proteksi KoinWorks

Maka dana proteksi yang akan Anda dapatkan adalah sebesar: Total uang yang telah kembali dikurangi total bunga yang telah diterima, sama dengan total modal yang telah kembali. Total modal keseluruhan dikurangi total modal yang telah kembali sama dengan Dana Proteksi yang akan Anda terima.

Ilustrasi Dana Proteksi KoinWorks

Maka Dana Proteksi yang akan Anda dapatkan berdasarkan ilustrasi di atas adalah sebesar Rp5.000.000.

Kami menyisihkan 30% dari pendapatan komisi kami per bulan untuk dijadikan dana proteksi guna membantu Anda melindungi modal dari NPL.

Untuk Anda ingat, komisi KoinWorks adalah sebesar 5% dari bunga yang Anda terima. Jika pinjaman dibayar lumpsum, atau 1% dari pokok + 1% dari bunga untuk pinjaman yang dibayar cicilan per bulan.

Selanjutnya, mari kita lanjut ke bagian 2, di mana akan dibahas bagaimana cara untuk mendanai pinjaman di KoinWorks.

I. Pendahuluan

III. Cara Mendanai di KoinWorks

Daftar Isi


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

Kelvin Latif
Kelvin Latifhttps://kelvinlatif.com
Sudah lebih dari 6 tahun saya bekerja dengan berbagai jenis startups dan UKM, membantu mereka mendapatkan pelanggan berprospek dari internet hingga akhirnya menjadi pelanggan berbayar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app