5 Jenis Pengeluaran yang Menjadi Silent Killers Anggaran Keuangan Anda – Jika Anda terus-menerus menghabiskan anggaran keuangan tanpa mengetahui apa penyebabnya mungkin ada beberapa pengeluaran kecil yang tidak dipertimbangkan sama sekali.

Pengeluaran yang tidak teratur adalah salah satu contoh anggaran yang bisa menghabiskan uang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 jenis pengeluaran yang menjadi silent killers anggaran keuangan Anda.

5 Jenis Pengeluaran yang Menjadi Silent Killers Anggaran Keuangan Anda

1Keanggotaan Gym yang Tidak Digunakan

Rasakan 8 Manfaat Bersepeda Ini untuk Anda yang Ingin Berhemat

Pastikan Anda menggunakan keanggotaan gym dengan optimal daripada menghabiskan banyak uang untuk keanggotaan yang tidak terpakai sama sekali.

Jika Anda malas untuk pergi berolahraga ke pusat kebugaran, maka pertimbangkan untuk membeli peralatan sendiri dan berolahraga di rumah saja.


2Langganan

koran - berita - tips investasi untuk PNS

Mulai dari berlangganan Netflix, koran, sampai layanan TV kabel yang pada awalnya terdengar sangat menarik dan menawarkan banyak kemudahan.

Evaluasi apakah Anda masih membutuhkan layanan tersebut dan apakah perlu mengeluarkan tambahan uang untuk layanan yang jarang digunakan.

Baca juga: 4 Nasihat Keuangan yang Sering Didengar, Tetapi Tidak Perlu Diikuti

Tidak hanya layanan di atas saja, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengurangi layanan streaming online musik.

Pertimbangkan dengan baik apakah membayar lebih untuk mendengarkan musik tanpa iklan memang layak dimiliki. Padahal ada banyak sekali sumber yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik secara gratis.


3Pengeluaran yang Tidak Teratur

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Ada beberapa pengeluaran rutin yang sifatnya tidak teratur seperti membayar asuransi kesehatan, pajak kendaraan, atau biaya perbaikan mobil yang tidak terduga.

Jika tidak dianggarkan dengan baik, maka pengeluaran seperti ini bisa sangat menguras uang Anda.

Saran terbaik agar Anda bisa memenuhi pembayaran yang tidak teratur ini adalah mengetahui berapa total biaya yang harus dibayarkan dalam setahun.

Baca juga: [INFOGRAFIK] Apakah Anda Termasuk Wanita yang Sudah Mandiri Secara Finansial?

Total biaya tersebut nantinya akan dibagi 12 bulan agar Anda mengetahui berapa uang yang perlu disisihkan setiap bulannya.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mempersiapkan dana darurat untuk membayar pengeluaran yang tidak terduga. Banyak ahli keuangan menyarankan untuk memiliki tabungan senilai 6 bulan biaya hidup sebagai dana darurat.


4Membiarkan Peralatan Elektronik Terus Berjalan

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini - game

Elektronik yang terus terhubung saat tidak digunakan, lampu terus menyala di siang hari, atau AC yang menyala saat Anda pergi keluar adalah beberapa contoh pemborosan anggaran yang tidak disadari oleh banyak orang.

Apakah Anda melakukan hal yang sama?


5Pembayaran Otomatis

Gunakan Cicilan Kartu Kredit 0% Tenor 3 Bulan, 6 Bulan Atau 12 Bulan.

Coba cek apakah Anda memiliki pembayaran otomatis yang dijadwalkan untuk barang atau jasa yang tidak diperlukan lagi.

Jangan sampai Anda mengeluarkan uang pada hal-hal yang tidak diperlukan sama sekali. Lakukan evaluasi dan pastikan setiap pembayaran otomatis adalah pengeluaran yang diperlukan.

Baca juga: 5 Fakta Mengapa Sikap Teliti Dapat Bermanfaat untuk Menyelamatkan Keuangan

Nah, 5 jenis pengeluaran di atas adalah beberapa contoh dari pengeluaran yang sia-sia dan tidak harus dikeluarkan secara berlebihan untuk menghemat anggaran.

Menghemat pengeluaran yang tidak diperlukan memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak dana untuk disimpan atau berinvestasi. Menabung dan berinvestasi adalah kebiasaan baik yang akan mengamankan kondisi finansial di masa depan.

Mulailah dengan berinvestasi di KoinWorks yang bisa dimulai dengan modal Rp100.000 saja dan memungkinkan Anda mendapatkan imbal hasil lebih dari 21% per tahun.

Baca juga: [INFOGRAFIK] Hidup Enak Sambil Nabung dan Investasi

Mengeluarkan uang untuk berinvestasi jauh lebih bermanfaat daripada dihabiskan untuk pengeluaran yang tidak diperlukan.

Jangan pernah meremehkan pengeluaran kecil yang dilakukan secara teratur, sebab inilah yang bisa menghancurkan keuangan Anda secara perlahan dan tidak disadari sama sekali.

Semoga pembahasan di atas bisa membuat Anda lebih bijaksana dalam mengelola anggaran dan tidak sembarangan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak diperlukan.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.