5 Hal Soal Bisnis yang Dapat Dipelajari dari The Greatest Showman – Sebelum mengenal nama Jeff Bezos dan Bill Gates, ada seorang wirausahawan yang diketahui sebagai salah satu pria terkaya di Amerika, yakni Phineas Taylor Barnum atau P.T. Barnum.

Setelah perusahaan tempatnya bekerja bangkrut, ia memilih untuk membuka bisnis sendiri dengan meminjam sejumlah uang ke bank.

Baca Juga: YouTube Channel, Sebuah Medium Promosi Audio Visual Era Digital

Barnum pun membuat sebuah pertunjukan sirkus nan fenomenal pada 1840-an di mana ia memanfaatkan orang-orang yang memiliki “keanehan” untuk menghibur masyarakat. Sebut saja, pria bertubuh kerdil, wanita berjanggut, hingga pria bertato di sekujur tubuhnya.

Baca Juga: Penting Untuk Diketahui, Ini 4 Tipe Bisnis yang Memiliki Masa Depan Cerah

Kisahnya pun diangkat ke dalam sebuah film musikal berjudul The Greatest Showman yang mana aktor Hugh Jackman mendapat kesempatan untuk memerankan sosok P.T. Barnum.

Nyatanya, tidak mudah bagi Barnum untuk membangun dan mengembangkan bisnis sirkusnya. Namun, ia mampu membuktikan bahwa bisnis yang dijalankannya bisa sukses, hingga bertahan hingga waktu yang lama.

Baca juga: 5 Kesalahan Bisnis yang Harus Dihindari Para Pebisnis UKM

Berikut ini adalah 5 hal soal bisnis yang bisa Anda pelajari dari sosok P.T. Barnum dalam film The Greatest Showman.

5 Hal Soal Bisnis yang Dapat Dipelajari dari The Greatest Showman

1. Berani berinovasi dan tidak takut mengambil risiko

tipe bisnis masa depan cerah

Sebelum membuat sirkus, Barnum membuka bisnis museum yang nyatanya tidak berjalan dengan baik. Tidak ada orang yang tertarik mengunjungi museumnya sehingga dirinya tidak bisa mendapatkan keuntungan. Sementara itu, pinjaman uang dari bank harus dilunasinya.

Barnum pun mencoba berinovasi dengan membuat sirkus berisi orang-orang “aneh” dengan harapan bisa menarik banyak pengunjung untuk datang.

Baca juga: Siap-Siap, Ini 8 Tren Produk Populer di Tahun 2018

Berbekal ketekunan dan berani mengambil risiko, sedikit demi sedikit dia pun mulai mengembangkan bisnisnya. Mulai dari menyuguhkan pertunjukan yang spektakuler hingga menggaet talenta-talenta lain yang mau mendukung bisnisnya.

Dalam film ini, Barnum didukung oleh penulis teater Pillip Carlyle (Zac Efron) yang membukakan pintu ke berbagai koneksi penting, hingga penyanyi Jenny Lind (Rebecca Ferguson) yang menjadi sumber pundi-pundi tambahan bagi keberlangsungan bisnis Barnum.


2. Biasakan diri untuk membaca

rahasia keuangan orang terkaya - menguasai informasi - berita terbaru

Barnum menyadari betapa pentingnya mencari informasi terkait penemuan atau perubahan terkini. Di film, digambarkan bahwa Barnum rajin membaca koran, terutama untuk mengetahui bagaimana perkembangan bisnisnya saat itu.

Zaman sekarang, banyak orang sukes di dunia yang mengatakan bahwa membaca adalah hal yang krusial.

Sebagai contoh, Warren Buffett pun meluangkan waktu lima sampai enam jam sehari untuk membaca koran, seperti American Banker, USA Today, The Financial Times, juga The Wall Street Journal.

Baca juga: Apa yang diinginkan Investor dari Pengelola Usaha?

Bill Gates juga membaca 50 buku dalam setahun yang mana kebanyakan bacaannya adalah nonfiksi.

Selanjutnya, Mark Cuban pernah berkata bahwa dirinya membaca selama tiga jam dalam sehari. Dengan membaca, ia bisa mengetahui berbagai informasi terkini dan juga memanfaatkan teknologi bisnis.


3. Memiliki manajemen dan perencanaan itu penting

Tips Mengelola Arus Kas Bisnis

Bagi Barnum, suatu bisnis akan berhasil jika dijalankan dengan sistematis dan memiliki manajemen serta perencanaan yang baik. Selain itu, Anda juga perlu fokus dalam menjalankan bisnis guna menghindari hal-hal yang mampu membuat usaha merugi.

Baca juga: Strategi Memanfaatkan Momentum untuk Promosi Usaha

Ya, siapa sangka, memiliki pertunjukan seni sendiri dan ditonton banyak orang merupakan impian Barnum sejak kecil. Ia pun mampu menunjukan bahwa meski membangun sebuah bisnis tidaklah mudah, tidak ada yang tidak mungkin jika Anda mau bekerja keras.


4. Jadilah pebisnis yang baik dan sopan pada para customer

negosiasi - deal

Barnum pernah menulis, “Kesopanan adalah modal terbaik yang pernah diinvestasikan dalam bisnis”. Hal itu pun ditunjukannya ketika dirinya menyapa dan berbincang dengan para penontonnya.

Baca juga: 5 Kesalahan Bisnis yang Harus Dihindari Para Pebisnis UKM

Baginya, percuma bila Anda memiliki bsinis yang sukses, toko yang besar, atau iklan di mana-mana, tapi Anda tidak bisa memperlakukan customer dengan baik dan sopan.


5. Jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk mengembangkan bisnis

rahasia keuangan orang terkaya

Meski bisnis sirkus Barnum ini ramai ditonton masyarakat, pertunjukan seninya tetap saja mendapatkan ulasan buruk di media. Kendati demikian, ia tidak mau pesimis begitu saja. Setiap kritik yang didapatnya ia jadikan evaluasi untuk mengembangkan bisnisnya.

Contohnya, ia menggaet penyanyi Jenny Lind untuk memiliki pertunjukan khusus dan menggelar tur berbagai kota, demi meraup keuntungan yang lebih.

Baca juga: 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

Sayang, diceritakan dalam film bahwa Barnum sempat terlibat skandal yang berakibat keluarganya menjauh. Dirinya pun kian terpuruk lantaran mengetahui bahwa gedung pertunjukan miliknya hangus terbakar.

Siapa sangka, berkat motivasi dan kepercayaan yang diberikan orang-orang tedekatnya, Barnum mampu mempertahankan bisnisnya, dengan tetap memberikan ide-ide fresh untuk dipertontonkan. Mislanya, tidak membuat pertunjukan baru di dalam gedung tertutup, tapi beratap tenda sirkus.

Itulah tadi 5 hal yang bisa dipalajari soal bisnis dari The Greatest Showman. Dalam prosesnya, mungkin Anda juga akan menemukan hambatan-hambatan seperti yang dialami Barnum, misalnya dalam pinjaman modal.

Baca juga: Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini

Nah, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengajukan pinjaman langsung melalui KoinWorks.

Saat ini, KoinWorks hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan di mana saja hingga Rp 500 juta. Bunga rendah yang ditawarkan mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Tentunya, hal ini bisa membantu supaya bisnis Anda tetap bertahan lama, kan?


Gambar: Popsugar.com

Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.