Ragu Memulai Bisnis Kerajinan Tangan? Ini Strateginya! – Anda memiliki hobi membuat sesuatu yang baru dengan kreativitas Anda? Atau ingin berbisnis sesuatu yang unik dan banyak diminati masyarakat?

Yuk, mulai bisnis kerajinan tangan!

ProdukĀ handmadeĀ cenderung memiliki daya tarik tersendiri karena pasti ada ciri khas dan gaya unik yang berbeda dan tidak dimiliki oleh produk buatan pabrik yang diproduksi secara otomatis.

Bagi Anda yang masih ragu untuk memulai bisnis kerajinan tangan, yuk simak beberapa strateginya berikut ini!


Ragu Memulai Bisnis Kerajinan Tangan? Ini Strateginya!

1Menentukan Target Market

Tentukan Pasar Sasaran

Pasar sasaran adalah salah satu hal yang harus ditentukan setelah Anda berhasil memilih produk handmadeĀ apa yang akan Anda sajikan kepada masyarakat.

Dengan menentukanĀ target market, Anda akan mudah menentukan hal-hal lain seperti desain produk, desain promosi, hingga konsep branding untuk bisnis Anda agar tepat pada sasaran utama penjualan produk Anda.

Baca juga: Ketahui 5 Produk Lokal F&B yang Sukses Merambah ke Luar NegeriĀ 

Jika pasar sasarannya jelas, maka bisnis Anda akan lebih terarah dan terfokus, baik dalam hal pemasaran maupun penjualannya. Anda tidak perlu mengkhawatirkan masyarakat yang tidak masuk dalam segmentasi pasar Anda.


2Memilih Media Pemasaran

Ragu Memulai Bisnis Kerajinan Tangan? Ini Strateginya!

Kegiatan pemasaran merupakan hal krusial yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika Anda tidak memasarkan produk Anda di berbagai media yang ada, maka sedikit kemungkinan produk Anda akan laku terjual.

Hal ini sama saja seperti Anda berdiam diri dan menunggu hal yang tidak pasti agar datang kepada Anda, tanpa ada usaha yang jelas.

Modal untuk produksi dan pemasaran produk kerajinan tangan memang tidak terlalu besar, namun pasti ada saja kondisi dimana Anda memerlukan biaya lebih untuk hal-hal tidak terduga di tengah perjalanan bisnis Anda.

Tenang saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dana ke KoinWorks untuk menambah modal pemasaran dan promosi produk Anda.

Perusahaan fintech Peer-to-Peer Lending ini sudah terjamin keamanannya karena secara resmi terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Anda meminjam dana mulai dariĀ Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau sebesar 0.75%-1.67% per bulan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kekurangan modal untuk memasarkan produk Anda di media-media masa kini, seperti media sosial, agar dapat menjangkau seluruh pasar sasaran.


3Membuat Konsep Branding

Ragu Memulai Bisnis Kerajinan Tangan? Ini Strateginya!

Strategi yang tidak boleh tertinggal lainnya adalah konsepĀ brandingĀ dari bisnis Anda. KonsepĀ brandingĀ ini bertujuan untuk membentuk pemikiran dan pandangan masyarakat terhadap produk yang Anda tawarkan kepada mereka.

Anda bisa memulainya dengan memberi nama dan logo pada bisnis kerajinan tangan Anda. Usahakan nama dan logo tersebut merepresentasikan produk Anda. Kalau bisa, gunakan nama dan logo yang sederhana namun tetap bermakna.

Keunikan menjadi kunci utama, hal ini bisa mencerminkan produk kerajinan tangan unik yang Anda miliki.

DenganĀ brandingĀ yang kuat, bisnis Anda juga akan mudah masuk ke pasaran. Dapat dikatakan, Anda sudah memiliki pondasi kokoh untuk menjalankan bisnis Anda.

Nah, begitulah strategi-strategi bisnis yang bisa Anda ikuti, terutama bagi Anda yang berencana untuk memulai bisnis baru. Strategi-strategi di atas tidak terpaku pada bisnis kerajinan tangan (handmade) saja, namun bisa untuk inovasi bisnis yang lain.

Yuk, rasakan #PengaruhBaik dari KoinWorks untuk bisnis Anda dan mulai hasilkan cuan dari hobi Anda!


 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.