Home Finance 101 Sesuaikan Strategi Keuangan di Era New Normal, Ini Caranya

Sesuaikan Strategi Keuangan di Era New Normal, Ini Caranya

Sesuaikan Strategi Keuangan di Era New Normal, Ini Caranya – Menjalani era New Normal seperti sekarang, tentu diperlukan penyesuaian strategi dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini kita mau tidak mau harus hidup dan beraktivitas secara berdampingan dengan virus COVID-19 hingga vaksinnya ditemukan.

Selain menjaga supaya kesehatan jasmani tetap baik, kamu juga harus memastikan bahwa keuangan juga sehat.

Urusan keuangan di masa seperti sekarang bisa menjadi sangat vital karena keadaan yang serba tak bisa dipastikan.

Tapi jangan khawatir, pelan tapi pasti yuk mulai terapkan strategi keuangan di era new normal ini!


Sesuaikan Strategi Keuangan di Era New Normal, Ini Caranya

1
Cek Kembali Kondisi Keuangan

strategi keuangan di era new normal - tabungan pendidikan anak ---

Strategi keuangan di era new normal yang pertama adalah kamu harus melihat kembali kondisi keuangan kamu selama melalui masa pandemi.

Tentu saja, adanya pandemi ini mungkin membuat keadaan keuangan kamu mengalami banyak perubahan. Seperti berkurangnya pendapatkan bulanan, bahkan pengeluaran yang semakin bertambah.

Perbarui catatan perihal aset-aset yang kamu miliki, utang dan juga pengeluaran. Caranya, bisa lihat artikel di bawah ini ya.

Baca Juga: Keuangan Sehat Bisa Kembali dengan 6 Langkah Financial Care Ini! 

Oh iya tak hanya itu, dengan melakukan cek keuangan seperti ini, kamu juga bisa mengetahui lho, sebenarnya kehidupan keuangan kamu sudah sampai tahap mana. Cek di sini selengkapnya.

2
Tinjau Perubahan Pengeluaran

Atur Budget Kamu Menjelang Hari Valentine dengan 5 Tips Berikut Ini!- detoks keuangan

Dengan berubahnya kondisi yang ada sekarang, tentu saja keadaan keuangan kamu juga berubah. Biasanya, hal ini ditandai dengan menambahnya pengeluaran yang harus kamu lakukan.

Kalau dulunya kamu mungkin tidak banyak membeli vitamin, masker, atau produk sanitasi, di era new normal, bukan tidak mungkin kamu bahkan menyediakan pengeluaran tersendiri untuk hal tersebut.

Walaupun pengeluarannya dalam sekali mungkin tidak segitu banyaknya, tapi kalau dilakukan terus menerus tentu menjadi lumayan.

Tak hanya itu, biaya listrik bahkan internet juga bisa saja bertambah karena banyak dari kamu yang menjalankan kegiatan bekerja atau lainnya di rumah.

Maka dari itu, strategi keuangan di era new normal ini cobalah lihat kembali pengeluaran-pengeluaran baru yang ada. Setelah itu jangan lupa catat dan masukan ke dalam pengeluaran rutin setiap bulan.

3
Kumpulkan Dana Darurat

nasihat keuangan - dana darurat - celengan

Setelah mengalami masa pandemi, banyak orang yang akhirnya sadar betapa pentingnya dana darurat. Apakah kamu menjadi salah satunya?

Bagi kamu yang baru “menyadari”, jangan berkecil hati karena lebih baik telat daripada tidak sama sekali.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Bagi kamu yang mungkin sudah mulai mengumpulkan dana darurat? Tetap konsisten dalam melakukannya, ya.

Walaupun mungkin alokasi dana yang kamu sediakan untuk dana darurat berkurang, karena pengeluaran bertambah, tidak apa, yang penting selalu sisihkan, ya.

4
Sebisa Mungkin Hindari Utang

kartu kredit-utang-bank-pinjaman-cicilan

Di keadaan new normal seperti sekarang, kestabilan keuangan pribadi menjadi hal yang sangat penting.

Maka dari itu, strategi keuangan di era new normal ini kamu harus bisa menghindari gaya hidup konsumtif yang biasanya kamu lakukan, terutama membeli barang menggunakan kartu kredit.

Tapi kalaupun kamu ingin menggunakan kartu kredit atau membuat cicilan, pastikan memang untuk barang yang benar-benar dibutuhkan.

Jangan membeli sesuatu hanya untuk memuaskan keinginan semata, ya. Kamu perlu beradaptasi dan identifikasi dengan baik mana kebutuhan dan keingina.

5
Digitalisasi Keuangan

kecanduan uang digital - featured

Memang, dengan adanya digitalisasi keuangan seperti sekarang banyak yang mengeluh menjadi semakin boros.

Tapi, di kondisi seperti sekarang, beralih ke digital dalam hal transaksi keuangan tidak hanya menjadi strategi keuangan di era new normal tetapi bisa hindari kamu terpapar virus dari penggunaan uang tunai.

Baca Juga: 5 Trik Mengatur Penghasilan Saat Pandemi Setelah Gaji Dipotong

Lagipula, bila dimanfaatkan dengan baik kamu bisa lho malah lebih berhemat dengan beralih ke digital. Apalagi jika untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti makanan.

Bukan menjadi rahasia, kalau banyak medium keuangan digital yang mengadakan banyak promo atau cashback.

6
Bijak Berinvestasi

menghasilkan Uang Dari Rumah-3

Siapa bilang di keadaan seperti sekarang kamu tidak bisa berinvestasi? Kamu masih bisa, asal melakukannya dengan lebih bijak.

Caranya? Kamu bisa memilih investasi yang memang modalnya tidak memberatkan, selain itu lakukan diversifikasi, jangan berinvestasi pada satu tempat saja.

Diversifikasi bisa membantu kamu meminimalisir kerugian yang mungkin ditimbulkan, jadi bia satu tempat mengalami kerugian, kamu masih memiliki tempat lain untuk mendapatkan keuntungan.

Banyak investasi yang memang direkomendasikan untuk dilakukan saat keadaan ini, seperti emas, obligasi pemerintah dan juga mata uang asing.

Kamu juga bisa membeli produk reksa dana yang memang biasanya modalnya sedikit, atau saham bluechip yang saat ini sedang turun harganya.

Saham-saham bluechip dikenal memiliki performa yang bagus dan mampu bertahan. Walaupun sedang turun, bukan tidak mungkin saat semua kembali normal akan melonjak naik. Tapi dengan catatan, bahwa kamu melakukan investasi saham untuk jangka panjang, 5-10 tahun ke depan.

Ingin alternatif lain dalam mengembangkan dana? Kamu bisa melakukan pendanaan di KoinWorks. Bagi pemula, di sini kamu juga bisa belajar fundamental tentang investasi karena dasarnya sama dengan mendanai di produk pendanaan KoinWorks, khususnya KoinP2P.

KoinWorks adalah Super Financial App, yang produk peer-to-peer lendingnya sudah berizin penuh dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan mendanai di KoinP2P, kamu bisa mendapatkan imbal hasil efektif 18% per tahun, dengan modal awal hanya Rp100,000.

Ingin mendapatkan imbal hasil terprediksi hingga 13% per tahun sekaligus berkontribusi sosial? Kamu bisa mendanai di produk KoinRobo.


Pembahasan di atas adalah 6 strategi keuangan yang bisa kamu terapkan di era new normal ini. Semoga bisa membantu kamu supaya tetap bertahan serta sehat secara jasmani dan keuangan, ya!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.