Home » Blog » Gaya Hidup » 6 Strategi Melunasi Utang untuk Anda yang Punya Penghasilan Fluktuatif

6 Strategi Melunasi Utang untuk Anda yang Punya Penghasilan Fluktuatif

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’

6 Strategi Melunasi Utang untuk Anda yang Punya Penghasilan Fluktuatif – Mereka yang memiliki gaji tetap setiap bulan saja masih terasa sulit untuk melunasi utang yang ada.

Apalagi Anda yang saat ini bekerja dengan penghasilan yang fluktuatif dan jumlah yang tidak menentu setiap bulan.

Tetapi tidak perlu khawatir dengan permasalahan di atas, sebab saat ini ada strategi yang bisa membantu Anda memenuhi kewajiban keuangan meskipun tidak memiliki gaji yang stabil.  

6 Strategi Melunasi Utang untuk Anda yang Punya Penghasilan Fluktuatif

Mulai Dengan Menetapkan Anggaran Keuangan

Menghindari Inflasi Gaya Hidup - Benci Matematika? Lakukan 3 Langkah Penganggaran Sederhana Berikut Ini

Tentukan batas minimum penghasilan yang bisa didapatkan setiap bulan dengan cara menemukan rata-rata penghasilan yang didapatkan selama ini.

Mengetahui berapa jumlah minimum penghasilan yang bisa didapatkan akan membantu Anda untuk melakukan pembayaran utang sesuai dengan anggaran.


Mengurangi Pengeluaran dan Tagihan

hemat uang

Mulailah mengetahui berapa banyak pengeluaran yang perlu dikeluarkan setiap bulan. Kemudian mencari cara untuk mengurangi pengeluaran tersebut.

Pengeluaran yang lebih sedikit akan memberikan tambahan uang yang bisa digunakan untuk membayar tagihan setiap bulan.


Hemat Uang Saat Anda Mendapatkan Penghasilan yang Tinggi

mengelola arus kas bisnis keuangan - investasi

Saat Anda mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi pada bulan tertentu, maka tempatkan sebagian besar penghasilan tersebut ke dalam rekening tabungan.

Penghematan yang Anda lakukan bisa membantu saat ada bulan-bulan tertentu yang memiliki penghasilan rendah.


Mengambil Pekerjaan Sampingan

freelance - freelancer - kerja lepas - freelancing - bisnis tanpa karyawan - 5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Bekerja Remote dengan Efektif - 6 Tips Investasi untuk Freelancer

Strategi lain yang bisa diterapkan adalah dengan mengambil pekerjaan sampingan yang bisa menambah pemasukan setiap bulan. Penghasilan yang lebih tinggi akan membantu Anda untuk lebih mudah membayar tagihan setiap bulan.


Mulai Rencana Penghematan

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan - membeli rumah untuk investasi

Kunci agar memiliki keuangan yang stabil adalah membiasakan diri berhemat dan tidak berfoya-foya menghabiskan banyak uang.

Baca juga: 5 Pertanyaan Penting Sebelum Anda Membayar Utang

Tetapkan anggaran bulanan berdasarkan jumlah minimum penghasilan yang didapatkan setiap bulan. Cara seperti ini akan sangat membantu Anda saat mengalami masa dimana penghasilan minim.


Memaksimalkan Tabungan dan Investasi

pasangan - pernikahan - investasi - nabung - Berbicara tentang Keuangan dengan Orangtua Itu Penting, Ini 5 Langkahnya

Jangan membiarkan penghasilan yang fluktuatif menghalangi Anda menabung secara konsisten. Membiasakan diri menabung dan berinvestasi adalah langkah terbaik agar Anda bisa mengamankan masa depan keuangan dengan baik.

Mulailah membangun dana darurat dan menyisihkan sebagian penghasilan ke dalam rekening tabungan.

Baca juga: Jangan Terlalu Percaya Diri! 5 Bahaya Berinvestasi yang Perlu Diketahui

Jangan lupa juga untuk membiasakan diri Anda berinvestasi dengan membeli produk investasi yang menguntungkan. Investasi adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan uang agar bisa berkembang di masa depan.

Mulailah dengan membeli produk investasi yang aman seperti KoinWorks. Mendanai di KoinWorks sangat aman karena dana investasi memiliki fasilitas dana proteksi yang nilainya mencapai 100%. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir saat investasi tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Baca juga: Rajin Simpan Uang Sejak Muda, Naik Gaji Setiap Bulan

Sistem investasi di KoinWorks sangatlah sederhana karena Anda selaku investor akan dipertemukan dengan pihak peminjam dana.

Nantinya pihak peminjam dana akan membayarkan pinjaman mereka beserta bunga yang menjadi imbal hasil investasi Anda. Menariknya imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai lebih dari 18% per tahun.

Para investor pemula yang belum memiliki banyak modal juga bisa berinvestasi di KoinWorks. Cukup sediakan dana sekitar Rp100.000, maka Anda sudah bisa mendanai di KoinWorks.

Itulah 6 strategi aman yang bisa diterapkan untuk melunasi utang saat Anda tidak memiliki penghasilan yang tetap atau berfluktuatif.

Mulai sekarang jangan khawatir dengan kondisi keuangan Anda dan jumlah utang yang dimiliki. Dengan strategi yang tepat dan cara pengelolaan uang yang baik, Anda tetap bisa melunasi utang yang ada.

Semoga pembahasan di atas bermanfaat!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​