6 Strategi Menghemat Uang Saat Makan di Restoran – Tidak selamanya makan di restoran atau rumah makan akan menguras penghasilan setiap bulan.

Jika Anda mengetahui caranya, berhemat saat makan di restoran sangat memungkinkan untuk dilakukan. Pada tulisan kali akan dijelaskan tentang strategi menghemat uang saat makan di restoran. Simak pemaparannya berikut ini.

6 Strategi Menghemat Uang Saat Makan di Restoran

1Pesan Air Putih Saja untuk Minuman

Air Mineral Botol

Restoran biasanya akan menetapkan biaya yang cukup mahal untuk minuman yang ditawarkan dengan harga berkisar mulai dari Rp15.000 – Rp25.000 untuk satu gelas minuman saja.

Oleh karena itu untuk menghemat lebih banyak uang, sebaiknya pesan air putih saja saat makan di restoran. Atau jika memungkinkan, bawa saja air minum sendiri dari rumah.


2Periksa Kupon atau Promo yang Ditawarkan Setiap Restoran

Pebisnis pemula - memulai bisnis kuliner - makan di restoran - strategi mempertahankan bisnis

Agar menarik lebih banyak pengunjung yang datang biasanya pihak restoran akan mengadakan promosi atau membagikan kupon yang bisa Anda manfaatkan.

Koran dan website tertentu biasanya rutin mengumumkan beberapa promosi yang ditawarkan oleh beberapa restoran yang bisa digunakan.

Baca juga: 5 Benda di Dalam Dompet yang Sebenarnya Tidak Perlu Anda Bawa

Jangan lupa juga untuk memperhatikan detail promosi yang ditawarkan, sebab bisa saja pihak restoran mengharuskan Anda untuk membeli makanan atau minuman sebesar nominal tertentu agar bisa mendapatkan harga promosi yang ada.


3Miliki Anggaran untuk Makan di Restoran

Pebisnis pemula - memulai bisnis kuliner

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk strategi menghemat uang saat makan di restoran adalah dengan membuat anggaran.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Misalnya saja dalam satu bulan Anda menganggarakan untuk makan di restoran bersama dengan pasangan sebanyak dua kali dengan total biaya Rp500.000.

Artinya dalam satu kali makan jumlah maksimal yang perlu dikeluarkan adalah Rp250.000 saja dan tidak boleh lebih dari anggaran yang dibuat.


4Ikuti Restoran Favorit di Media Sosial

instagram story - bayar pakai exposure - tren bisnis

Di zaman dengan kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, banyak sekali restoran yang memanfaatkan media sosial untuk bisa terhubung dengan para pelanggan dan penggemar.

Bahkan banyak restoran yang memberikan potongan harga khusus dan mengumumkannya melalui media sosial.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru, Jangan Sampai Memboroskan Uang!

Jika Anda memiliki restoran favorit untuk dikunjungi, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti mereka melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Dengan demikian, saat memiliki rencana untuk makan di luar, Anda bisa memeriksa apa saja yang diunggah oleh restoran tersebut.

Siapa tahu bisa mendapatkan penawaran dan promo yang bisa menghemat lebih banyak pengeluaran.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian Saat Mengelola Keuangan Pribadi, Apa Kepribadian Anda?

Nah, saat Anda bisa menghemat lebih banyak uang, artinya ada lebih banyak uang yang bisa disisihkan untuk diinvestasikan untuk masa depan.

Misalnya saja Anda bisa berhemat sebesar Rp100.000 dalam sebulan, maka uang tersebut bisa diinvestasikan ke KoinWorks. KoinWorks menawarkan tingkat imbal hasil yang sangat kompetitif untuk para investornya yang mencapai 18% per tahun.

Lebih bermanfaat dibandingkan uang tersebut habis untuk makan di restoran!


5Tidak Perlu Memesan Menu yang Spesial

Pebisnis pemula - memulai bisnis kuliner

Salah satu strategi menghemat uang saat makan di restoran adalah dengan tidak memesan menu andalan mereka. Untuk diketahui, restoran banyak menawarkan menu makanan spesial dengan harga jual yang lebih mahal dibandingkan dengan menu standar.

Padahal, Anda tetap bisa makan enak di restoran, meskipun tidak memesan menu makanan yang spesial tadi.

Jangan sungkan untuk menolak tawaran server yang menawarkan Anda berbagai menu makanan yang spesial di restoran tersebut.


6Pesan Makanan yang Berukuran Besar

Pebisnis pemula - memulai bisnis kuliner

Restoran yang menawarkan konsep keluarga biasanya banyak menyajikan menu yang berukuran besar untuk disantap bersama-sama.

Menu yang berukuran besar ini biasanya bisa dikonsumsi untuk 3-4 orang dan harganya cenderung lebih murah, jika dibandingkan Anda memesan makanan yang berukuran kecil.

Baca juga: Cara Mengendalikan Pengeluaran Dengan 7 Langkah, Siapapun Bisa Mencobanya

Jika Anda datang ke restoran bersama dengan keluarga besar, maka tidak ada salahnya untuk menerapakan strategi ini untuk menghemat lebih banyak uang saat datang ke restoran.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa makan enak di restoran tidak selamanya mahal dan menguras biaya yang tinggi.

Dengan menerapkan 6 langkah di atas, Anda tetap bisa makan enak di restoran dengan hemat biaya.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulanan, Terapkan dan Dapatkan Lebih Banyak Dana Untuk Disimpan

Nah, daripada uang tersebut Anda habiskan untuk makan di restoran, lebih baik sisihkan uang tersebut untuk diinvestasikan saja.

KoinWorks menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa dimulai hanya dengan bermodalkan uang Rp100.000 saja.

Jangan pernah berpikiran bahwa investasi perlu mengeluarkan biaya yang sangat tinggi untuk memulainya. KoinWorks menjadi bukti bahwa Anda bisa tetap berinvestasi dengan modal yang sangat minim, yaitu Rp100.000 saja.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengembangkan Investasi dan Nilai Kekayaan Bersih di Masa Depan

Semoga informasi yang sudah disampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda. Ingat, makan di restoran tidak selamanya harus mengeluarkan uang yang banyak.

Sebab, ada 6 strategi menghemat uang saat makan di restoran seperti yang sudah disampaikan di atas untuk diterapkan dengan mudah. Selamat mencoba!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.