Home Daily Stres Masalah Keuangan? Yuk Berhenti Jika Tak Ingin Mengalami...

Stres Masalah Keuangan? Yuk Berhenti Jika Tak Ingin Mengalami Hal Ini

Stres Masalah Keuangan? Yuk Berhenti Jika Tak Ingin Mengalami Hal ini – Apakah kamu pernah mengalami stres atau pikiran berlebih di segi keuangan, apalagi dikeadaan seperti masa pandemi COVID-19? Jika iya, tenang saja! Kamu tidak sendiri.

Sebuah perusahaan kredit dan pinjaman dana asal Amerika Serikat, Credit Sesame melakukan suatu survey terkait permasalahan keuangan.

Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa 82% responden mengalami stres dengan permasalahan hutang dan 40% merasa malu dengan permasalahan keuangan mereka.

Namun, sebaiknya kamu mulai berhati-hati terhadap stres yang sedang kamu alami. Berbagai hal negatif bisa menghampiri jika kamu terus menghadapi stres masalah keuangan.

Seperti menderita depresi, melemahkan konsentrasi, kesulitan untuk tidur, bahkan berbagai penyakit serius.

Supaya kamu tidak lagi mengalami stres keuangan berlarut-larut, ada baiknya kamu simak penjelasan apa saja yang akan terjadi dengan otak dan tubuh kamu jika mengalami stres keuangan.


Apa Yang Terjadi pada Otak dan Tubuh Saat Stres Masalah Keuangan?

1
Munculnya Fight Response dan Flight Response

stres-masalah-keuangan

Ketika kita sedang dihadapkan oleh suatu ancaman atau penekanan maka amygdala (bagian sistem bilik di dalam otak manusia) akan menimbulkan hormon stres, yaitu adrenalin dan kortisol.

Hormon tersebut kemudian akan menimbulkan fight response (melakukan suatu tindakan ketika di bawah ancaman) atau flight response (menghindari atau lari dari siatuasi ancaman).

Hal yang sama ketika kamu sedang dihadapkan oleh predator di alam liar, stres yang terjadi karena masalah keuangan juga, dapat memicu reaksi tersebut.

Aimee Daramus, Psikologi klinis asal Chicago, Amerika Serikat menjelaskan bahwa Fight dan flight response sangat menguras tenaga pada tubuh kita.

Hal ini dapat menyebabkan otot yang tegang hingga sakit parah. Ini juga dapat merusak fungsi sistem kekebalan tubuh dan membuat kamu lebih rentan terhadap banyak penyakit lainnya.


2
Kamu Membuat Keputusan yang Buruk, Meskipun Kamu Tahu

pensiun dini - kehilangan fokus - strategi untuk pensiun dini-mempersiapkan dana pensiun- stres-masalah-keuangan

Ketika kamu mengalami stres atau tertekan oleh kondisi finansial, kemampuanmu untuk bisa memilih hal yang baik akan terganggu, bahkan meskipun kamu adalah tipikal orang yang rasional.

Saat berada di bawah tekanan, aliran darah dan aktivitas elektrik pada otak akan berkurang di bagian lobus frontal serta korteks prefrontal dan akan meningkat di amygdala (bagian sistem bilik di dalam otak manusia)

Oleh karena itu, jika kamu sedang tertekan, amygdala akan membajak mekanisme berpikir rasional dan akan menyiapkan respons super cepat untuk menanggapi suatu ancaman tersebut yang bisa menyebabkan pengambilan keputusan buruk.


3
Munculnya Kecemasan, Depresi dan Masalah Kesehatan Mental Lainnya

panik pusing stres - 6 Langkah Mudah Ubah Stres Jadi Uang, Coba Bersama Yuk!- pensiun dini - kehilangan fokus - strategi untuk pensiun dini-mempersiapkan dana pensiun- stres-masalah-keuangan

Mengingat bahwa uang adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, kekhawatiran yang terus-menerus akan menyebabkan gejala psikologis yang lebih serius.

Menurut Carle Marie Manly, Psikologi Klinis asal California, Amerika Serikat. Ketika sedang stres tentang keuangan, kita bisa menjadi sangat cemas bahkan depresi.

Sebagai contoh dibebani oleh hutang dalam jumlah besar, telah terbukti berdampak besar pada kesehatan mental. Bahkan dalam beberapa kasus serius, mengarahkan pikiran untuk menyakiti diri sendiri.

Sebuah survei oleh The Ascent of American masalah keuangan dapat mengganggu kebahagiaan dan percaya diri seseorang.

Hal ini terbukti dari 38% responden yang mengatakan bahwa masalah keuangan membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak di malam hari, 48% mengatakan masalah keuangan memengaruhi semangat mereka, 47% mengatakan masalah keuangan menurunkan kepercayaan diri.


4
Stres kronis Menyebabkan Penyakit Fisik Serius

7 Tanda Anda Bekerja Berlebihan, Yuk Utamakan Kesehatan Anda! (1) - sakit- panik pusing stres - 6 Langkah Mudah Ubah Stres Jadi Uang, Coba Bersama Yuk!- pensiun dini - kehilangan fokus - strategi untuk pensiun dini-mempersiapkan dana pensiun- stres-masalah-keuangan

Carle Marie Manly kembali menegaskan bahwa stres kronis dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Ketika tingkat adrenalin dan kortisol terus meningkat, kerusakan fisik akan terjadi. Akibatnya, banyak dari mereka yang menderita stres kronis memiliki tingkat penyakit jantung, diabetes, masalah tidur kronis dan masalah kesehatan lainnya yang lebih besar.


5
Risiko Penyalahgunaan Obat-obatan

stres-masalah-keuangan (1)

Ternyata mengalami stres kronis, terlebih lagi di masalah keuangan bisa berakibat meningkatkan kecanduan pada obat-obatan tertentu lho.

Sebagai contoh, salah satu studi yang dilakukan untuk Sekolah Kesehatan Masyarakat di New York University menemukan hubungan langsung antara peningkatan tekanan finansial dengan kecanduan alkohol dan merokok, terutama di kalangan pria dewasa.

Tingkat stres yang tinggi juga telah ditemukan sebagai prediktor kelanjutan penggunaan opiat, seperti heroin.


6
Jangan Biarkan Masalah Uang Mengganggu Kesehatan Kamu

mengatur keuangan - Pencatatan - 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda-stres-masalah-keuangan-psbb jakarta

Untuk mencegah terjadinya kondisi di atas ketika kamu sedang berjuang secara finansial, kamu bisa melakukan beberapa langkah efektif yang bisa kamu lakukan, seperti:

Lakukan meditasi atau terapi dengan ahli: Jika kamu mengalami penurunan kesehatan mental karena masalah keuangan dan stres, segera kunjungi terapis yang terpercaya.

Kamu juga bisa melakukan meditasi dengan mencari tempat yang redup dan tenang. Mulailah dengan duduk atau berbaring di posisi yang paling nyaman dan biarkan pikiran kamu merasa tenang.

Selanjutnya tutup mata dan fokus pada pernapasan kamu. Lakukan cara ini kiranya selama 10 menit.

Jika 10 menit berlalu, bukalah mata secara perlahan. Fokus pada pernapasan tentunya akan menyegarkan tubuh dan pikiran kamu.

Buat rencara dan jalan keluar: Setelah pikiran dan tubuh sudah tenang, langkah selanjutnya yang harus kamu terapkan adalah membuat rencana dan jalan keluar atas permasalahan yang kamu hadapi.

Kamu bisa meminta bantuan kepada para ahli keuangan untuk mendapatkan perencanaan atau pengelolan keuangan yang baik dan rasional.

Salah satu langkah diri yang bijak untuk mengelola keuangan kamu adalah dengan melakukan kegiatan berinvestasi.

Mungkin saja, jika saat ini kamu memiliki permasalahan keuangan, seperti berhutang karena kamu lebih memilih menghabiskan uang untuk pengeluaran yang tidak perlu.

Dengan mencoba berinvestasi, kamu bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan di masa depan, sehingga kamu tidak perlu berhutang.

Banyak pilihan investasi yang beragam saat ini, mulai dari tabungan berjangka hingga saham. Tentu setiap jenisnya memiliki resiko yang berbeda-beda.

Jika kamu ingin mempelajari investasi secara fundamentalnya, coba mendanai di KoinP2P dari KoinWorks, karena dasar prinsipnya mirip.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun hanya dengan modal awal pendanaan Rp100.000.

Ada lagi KoinRobo, di produk pendanaan ini kamu bisa mendapatkan imbal hasil terprediksi  4% – 13% per tahun.

KoinWorks sendiri adalah sebuah solusi finansial yang memungkinkan kamu mengembangkan aset sekaligus mengajukan pendanaan hanya dalam satu aplikasi.

Bagi yang masih khawatir dengan kerugian ketika melakukan kegiatan mendanai, jangan khawatir! Di KoinP2P ada  dana proteksi hingga 100% dan KoinP2P juga telah Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK).

Bersabar dengan hasil: Dibutuhkan waktu agar situasi keuangan saat ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika pikiran kamu masih belum stabil dengan adanya permasalahan keuangan, maka sebaiknya tunggu sampai pikiran menjadi lebih tenang.

Cara seperti ini akan membantu kamu untuk mengatasi masalah dengan lebih jernih dan tidak melibatkan emosi di dalamnya.


Berikut tadi adalah dampak yang akan kamu dapatkan ketika mengalami stres masalah keuangan dan cara untuk menghindarinya.

Jangan biarkan permasalahan keuangan dapat memberikan efek negatif terhadap tubuh dan pikiran kamu. Hadapi permasalahan dengan tenang dan ingatlah bahwa jalan keluar pasti akan selalu ada.

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi kesalahan yang dilakukan di masa lalu dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang akan membawa kamu ke tindakan yang akan merugikan diri sendiri.



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X