8 Aturan Penting Agar Sukses Beriklan di Facebook – Saat ini semua bisnis yang ada wajib memiliki kehadiran online, salah satunya melalui media sosial.

Anda mungkin dipaksa untuk semakin terlibat dengan periklanan di media sosial. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa media sosial akan menjadi media periklanan terbesar di masa mendatang, bahkan saat ini pun telah berlangsung.

Baca Juga: 7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari Dari Apple

Ada banyak media sosial yang dapat Anda pilih untuk beriklan, namun dari sekian banyak media yang ada Facebook menjadi salah satu pilihan yang wajib Anda perhatikan.

Di bawah ini Anda akan menemukan delapan aturan emas (praktik terbaik, kenyataannya) yang bisa membuat iklan Facebook Anda menjadi berhasil:

8 Aturan Penting Agar Sukses Beriklan di Facebook

Pelajaran #1: Menumbuhkan Konsumen? Jauhkan Mereka di Facebook

Saat ini para pemasar digital dengan cerdas membuat pengguna Facebook tetap berada di platformnya dengan mengarahkan orang ke tab / aplikasi Facebook melalui iklan posting halaman Facebook-nya.

Baca Juga: 7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari Dari Apple

Pernahkah saat Anda mengklik salah satu iklan kemudian Anda menjadi terhubung ke suatu halaman baru?

Ya, hal ini dibuat untuk menampilkan data yang lebih detail terhadap konsumen dibandingkan hanya sebatas iklan di Facebook yang dilihatnya.

Pelajaran #2: Mengubah Gambar yang Mendapatkan Respon Baik Untuk Dipromosikan Melalui Iklan

Salah satu pendekatan yang bekerja sangat baik adalah untuk menampilkan kembali gambar yang mendapatkan respon yang baik dalam posting untuk dipromosikan ke dalam iklan.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Engagement Audiens di Instagram

Mengapa ini penting? Karena, melalui pos yang dipromosikan, Anda dapat menguji gambar mana yang mungkin sesuai dengan audiens Anda dengan biaya yang sangat rendah.

Kemudian, Anda bisa berbalik dan menggunakan pembelajaran tersebut untuk meningkatkan iklan selanjutnya dengan menggunakan gambar terbaik dan tampil di tingkat tertinggi.

Pelajaran #3: Jika Anda Mengenal Audiens Anda, Targetkanlah dari Mereka

Apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, pastilah Anda memiliki target audiens yang jelas baik secara demografi maupun geografi.

Baca Juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

Pastikan untuk memulai iklan pertama Anda dengan menargetkannya kepada mereka, dibandingkan dengan menargetkan kalangan umum yang belum tentu berhasil.

Mulailah dari mereka, dan lihat perkembangannya. Ingat, dari mereka Anda mungkin bisa mendapatkan perpanjangan target audiens lainnya melalui referensi.

Pelajaran #4: Bangun. Memperkuat. Mengikutsertakan

Pendekatan dasar yang harus Anda lakukan di Facebook adalah sederhana: Bangun audiens Anda (menggunakan iklan facebook), buat audiens Anda mulai  terlibat, dan perkuat hubungan tersebut.

Baca Juga: 4 Tren Media Sosial yang Perlu Anda Ketahui di Tahun Depan

Dalam hal ini, agar dapat sukses beriklan di Facebook tidaklah bisa Anda hanya memasang iklan semata, tanpa memberikan respon terhadap setiap komentar ataupun respon yang diberikan oleh calon konsumen.

Berikan respon secara cepat, ajak calon konsumen untuk berkomunikasi dengan Anda, dan ciptakan hubungan agar mereka memiliki kedekatan dengan merek Anda.  Jika Anda berhasil melakukannya, konversi pembelian pasti akan terjadi dengan cepat.

Pelajaran #5: Jangan lupa bahwa penggemar Anda saat ini adalah penggemar TERBESAR Anda. Bangkitkan faktor kesombongan itu

Pembelajaran besar lainnya adalah bahwa Anda harus benar-benar menargetkan dan mengingat penggemar Facebook yang sering muncul karena mereka adalah penggemar terbesar Anda.

Baca Juga: Strategi Harga: 4 Alasan Mengapa Naiknya Harga Produk Anda Adalah Keputusan yang Tepat

Anda harus tahu tipe-tipe konsumen yang berada dalam lingkaran bisnis Anda. Jadi, Anda dapat secara khusus membuat posting yang dirancang untuk membangkitkan apa yang mereka suka, dan membuat mereka menjadi konsumen loyal bagi Anda.

Pelajaran #6: Identifikasi Aset Visual Terbaik dan Rencanakan Iklan Facebook yang Menarik

Tantangan besar dalam membuat iklan Facebook adalah memikirkan teks pertama teks kedua. Identifikasi aset visual dan rencana iklan yang mampu menarik calon audiens.

Baca Juga: 4 Tips Mengatur Modal Usaha yang Ada Agar Usaha Anda Tidak Bangkrut

Contoh: l Anda menjual produk untuk menurunkan berat badan, Anda dapat menampilkan visualisasi akan bahaya yang akan timbul apabila seseorang mengalami obesitas.

Apakah itu penyakit, atau mungkin tuntutan dari sosial. Ciptakan gambar yang tidak menyinggung namun dapat menarik perhatian mereka.

Pelajaran #7: Memperkuat Posting yang Berfokus Pada Keterlibatan Untuk Memberikan ‘likes,comments, dan share

Apabila Anda menekankan ini pada calon audiens, maka besar kemungkinan Anda untuk meningkatkan pasar yang dimiliki.

Baca Juga: 4 Alasan Utama Mengapa Orang Tidak Membeli Dari Anda

Mungkin orang yang menjadi target audiens Anda tidak berminat dengan produk atau jasa Anda, tapi ia bisa menjadi perpanjangan tangan Anda untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Selalu tekankan “likes, comments, dan share” dalam setiap post Anda.

Pelajaran #8: Berikan Apa yang Audiens Inginkan

Cobalah cari tahu melalui Google Analytics, apa topik terpopuler yang disukai oleh calon konsumen Anda. Apabila Anda telah mengetahuinya, maka langkah selanjutnya adalah memberikan apa yang mereka inginkan.

Baca Juga: 9 Hal yang Wajib Anda Tahu Mengenai Dunia Penjualan

Selalu fokuskan apa yang Anda posting terhadap kesukaan mereka. Semakin mereka menyukai postingan Anda, semakin besar peluang iklan Anda mampu menarik perhatian mereka, bahkan untuk memperbesar peluang mereka melakukan “likes, comments, dan share.” Selalu pastikan bahwa Anda terfokus kepada keinginan dan kesukaan dari calon konsumen.

Nah, itulah tadi 8 aturan emas agar sukses beriklan di Facebook. Namun, ketahuilah bahwa aturan tersebut tidak akan berguna tanpa adanya praktik yang Anda lakukan.

Meskipun terkadang praktik membuat Anda gagal, namun kegagalan tersebut akan menjadi pembelajaran berharga bagi diri Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Walaupun terkadang pembelajaran itu mahal harganya, dan bahkan akan membuat Anda kesusahan dalam urusan modal, tetaplah untuk belajar dari kegagalan dan jangan pernah menyerah.

Apabila Anda kemudian membutuhkan bantuan pinjaman modal untuk meningkatkan semua hal tersebut lebih lagi, maka KoinWorks dapat menjadi solusi yang tepat untuk ini.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis di KoinWorks

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.