5 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Makanan – Memulai bisnis makanan bukan sesuatu yang mudah, nyatanya banyak sekali bisnis makanan yang dapat bertahan dalam waktu setahun.

Bisnis restoran pun termasuk dalam kategori yang cukup sulit, tapi tenang saja tetap ada cara untuk membuatnya tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Tips Jitu Memasarkan Produk Anda dengan Teknik Soft Selling

Selain ambisi untuk mencapai kesuksesan anda perlu melakukan riset, perencanaan,  ketajaman dalam berbisnis, dan ketekunan.

Berikut ini adalah cara yang dapat membantu untuk memulai bisnis, mengatur, dan mengembangkan bisnis makanan Anda agar tertata dan sukses. Nah, untuk itu simak 7 tips sukses untuk memulai bisnis makanan.


5 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Makanan

1Riset Terlebih dulu

Bisnis makanan biasanya cukup kompetitif itulah alasan mengapa Anda membutuhkan riset sebelum memulai. Cari tahu bagaimana cara berbisnis yang baik dan tidak, apa yang seharusnya pebisnis lakukan dan tidak boleh dilakukan.

Jika ketakutan Anda adalah kegagalan atau terjai kerugian pada bisnis makanan, Anda harus mengidentifikasikan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Baca Juga: 5 Jenis Kerajinan Tangan yang dapat Dijadikan Peluang Bisnis

Melakukan riset akan membantu Anda menemukan target market, peluang, dan menemukan resiko-resiko yang akan Anda hadapi. Sehingga kedepannya, bisnis makanan yang Anda kelola akan mencapai kesuksesan dan memiliki eksistensi yang panjang.


2Pempertimbangkan Hal-hal Kecil

Setiap pebisnis pasti akan memikirkan dimana lokasi bisnis makanan Anda akan dipasarkan. Banyak bisnis makanan yang dimulai dari hobi dan hanya produksi rumahan.

Ketika sudah merambah bisnis yang lebih besar lagi maka harus ada tempat yang juga lebih besar untuk produksi.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Mungkin Anda bisa menyewa tempat yang khusus untuk makanan-makanan lokal, atau Anda juga bisa menyewa food truck dan melihat bagaimana perkembangan bisnis Anda kedepannya.


3Membuat Rencana Bisnis

Rencana bisnis tidak perlu terlalu formal, namun Anda sudah merencana kan secara matang bagaimana bisnis makanan akan berjalan. Semakin matang perencanaan yang Anda buat, semakin terbuka jalan kesuksesan pada bisnis makanan Anda.

Baca Juga: 5 Inspirasi Bisnis Kuliner yang Tak Perlu Banyak Modal

Rencana bisnis pun termasuk dalam memilih target utama Anda, dengan siapa Anda akan bekerjasama, kriteria karyawan yang akan dipekerjakan, dan lain sebagainya.


4Pembiayaan Terencana

Tidak semua bisnis akan dengan mudah mendapatkan investor, terutama jika bisnis makanan Anda dimulai dari nol. Anda harus realistis terhadap berapa banyak modal yang dimiliki untuk memulai bisnis makanan Anda.

Baca Juga: Mau Berbisnis Kuliner? Culik Ilmu dari 5 Film Bertema Makanan Ini

Untuk jika memang Anda membutuhkan modal tambahan Anda bisa mengajukan ke platform P2P Lending seperti KoinWorks, yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Di KoinWorks, Anda bisa mendapatkan modal mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga terjangkau, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan. Dengan begitu semua rencana bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan impian.


5Menu Makanan yang Akan Anda Sajikan

Rencana kan terlebih dahulu menu hidangan apa saja yang akan di jajakan. Anda perlu beberapa kali percobaan agar rasa makanan yang disajikan memang memiliki kualitas bahan hingga rasa yang baik dan nikmat.

Anda bisa meminta tolong orang-orang disekitar Anda untuk mencicipi setiap makanan yang akan dimasukan kedalam menu.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

Dengarkan pendapat mereka, sebisa mungkin perbaiki rasa makanan yang sudah Anda ciptakan sampai benar-benar enak. Jangan ragu membuat inovasi resep makanan baru untuk menu pada bisnis makanan Anda.

Nah, itu lah beberapa cara yang dapat diterapkan ketika Anda memiliki rencana untu membuka bisnis makanan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat, bisnis yang Anda rencanakan berjalan dan sukses!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.