Syarat Untuk Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank – Dengan keadaan pereokonomian Indonesia terus menerus mengalami fluktuasi membuat masyarakat semakin kesulitan dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Kenaikan harga barang yang tidak selaras dengan besarya penghasilan, membuat banyak orang memilih untuk melakukan pinjaman uang untuk menutupi segala kekurangan kebutuhan hidup yang semakin meningkat setiap harinya.

Mengajukan pinjaman pada pihak Bank merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Untuk mengajukan pinjaman, setiap Bank biasanya mengharuskan para nasabahnya untuk memiliki jaminan atau kartu kredit.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Hal ini selalu menjadi kendala bagi para nasabah yang memang tidak memiliki jaminan maupun kartu kredit untuk mengajukan pinjaman pada Bank tersebut.

Meski kini ada beberapa Bank yang menawarkan pilihan pinjaman tunai tanpa jaminan dengan menyesuaikan kemampuan nasabahnya, namun ada saja beberapa orang yang enggan melakukan pinjaman tanpa jaminan pada pihak Bank takut mengalami kesulitan saat pengembalian pinjaman.

Jika anda juga termasuk orang yang tidak mau berurusan dengan pihak Bank, ada alternatif lain yang bisa anda lakukan jika ingin melakukan pinjaman, yaitu dengan mengajukan pinjaman tanpa jaminan non Bank seperti mengajukan Pinjaman di KoinWorks.

Baca Juga: Apa itu Debt Snowball dan Bagaimana Cara Menerapkannya dengan Baik?

Sekarang ini sudah banyak sekali lembaga keuangan selain Bank yang memberikan penawaran pinjaman tanpa jaminan yang mungkin bisa lebih memudahkan anda dalam mengajukan pinjaman.

Pinjaman tanpa jaminan non Bank ini biasanya merupakan pinjaman jangka pendek dengan jumlah pinjaman yang relatif kecil yaitu hanya mencapai 5 juta rupiah saja.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis di KoinWorks

Namun, ada juga yang menyediakan pinjaman mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 250 juta dengan bunga yang rendah seperti di KoinWorks, baik itu untuk Pinjaman Bisnis, Pinjaman Kesehatan, hingga Pinjaman Pendidikan.

Untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan non Bank ini anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan sebagai kelengkapan dokumen administrasi.

Baca Juga: Beberapa Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Untuk mengetahui syarat-syarat apa saja yang perlu anda penuhi untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan non Bank, mari kita bahas satu persatu secara singkat.

Syarat Untuk Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

1. Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia

Syarat yang paling utama dalam mengajukan pinjaman tanpa jaminan non Bank memang tidak berbeda dengan syarat utama dalam melakukan pinjaman kepada pihak Bank, yaitu anda harus tercatat sebagai warga negara Indonesia dengan memiliki kartu tanda penduduk warga negara Indonesia serta menetap di wilayah Indonesia.

2. Memiliki Usia yang Cukup

Lembaga keuangan non Bank biasanya membatasi usia calon peminjamnya yaitu dengan batas minimal usia antara 18 hingga 21 tahun.

Seseorang dengan usia tersebut dinilai sudah memiliki pola pikir yang dewasa sehingga ia mampu memahami prosedur peminjaman serta mengerti akan resiko dan konsekuensi yang akan ia hadapi dalam melakukan peminjaman  ini.

3. Memiliki Batas Penghasilan yang Sesuai

Setiap lembaga keuangan non Bank memiliki kebijakan masing masing dalam menentukan batas penghasilan peminjamnya.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Apabila anda memiliki penghasilan yang sesuai dengan kebijakan lembaga keuangan tersebut maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman anda akan cepat disetujui.

4. Menyertakan Slip Gaji atau Surat Keterangan Bekerja

Pinjaman tanpa jaminan sangat cocok bagi anda para pekerja yang memiliki penghasilan tetap, namun tidak memiliki jaminan atau kartu kredit.

Baca Juga: Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Anda hanya perlu melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan atau kantor anda tanpa harus menyertakan sertifikat atau BPKB.

5. Memenuhi Persyaratan Batas Pinjaman

Pinjaman tanpa jaminan merupakan jenis pinjaman jangka pendek yaitu antara 15 samapi dengan 30 hari. Selain itu nominal uang pinjaman yang akan diberikan kepada para peminjam pun cukup kecil.

Peminjam hanya boleh melakukan pinjaman dengan nominal uang dibawah 5 juta rupiah. Biasanya peminjam juga akan dikenakan biaya lain jika peminjam terlambat dalam melakukan pembayaran angsuran.

Baca Juga: Apa itu Debt Stacking dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Itulah beberapa syarat yang perlu anda penuhi jika anda ingin melakukan pinjaman tanpa jaminan non Bank. Melakukan pinjaman tanpa jaminan pada lembaga selain Bank memang dinilai cukup mudah dan cepat.

Meski begitu Anda juga tetap perlu berhati-hati dalam memilih jenis lembaga keuangan selain Bank yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan tersebut.

Pilihlah lembaga yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan non Bank yang berpengalaman dan terpercaya.

Baca Juga:

Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Hindarilah lembaga keuangan non Bank yang berbunga atau lembaga non Bank yang membebankan bunga yang cukup besar, Anda bisa memilih lembaga keuangan non bank yang memberikan bunga cukup rendah agar Anda tidak perlu membayar uang pinjaman dengan nilai yang jumlahnya jauh lebih tinggi dari nilai uang yang Anda pinjam.

Ingin mengajukan Pinjaman di KoinWorks dengan bunga rendah dan proses yang mudah?

Ajukan Pinjaman



  • versibaru

    artikel dan menarik dan bermanfaat

  • Andi

    kalau ada salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman ada yang kurang apa bisa di setujui,,biasa kendala yang susah untuk kelengkapan dokumen persyaratan

Apa Komentar Anda?