Kebanyakan orang Indonesia menganggap liburan adalah sesuatu yang mewah dan cenderung ke pemborosan. Tahukan Anda mengapa tingkat stress orang Indonesia setiap tahun semakin meningkat? Hal itu terjadi karena memang orang Indonesia cenderung ‘kurang piknik’. Sehari-hari hanya dipenuhi dengan bekerja, mencari nafkah dan kalau perlu mencari tambahan lain sehingga tidak ada waktu yang tersisa untuk berlibur atau hanya sekedar bersantai menikmati kehidupan bersama keluarga tercinta. Semuanya hanya tentang kerja, kerja dan kerja.

Liburan itu penting karena dengan berlibur Anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke tempat-tempat baru, menikmati pemandangan alam, menghirup udara segar, bertemu dengan orang-orang baru, membuka wawasan dan cakrawala baru, termasuk tentunya menikmati saat-saat menyenangkan bersama keluarga. Dengan kata lain, setiap orang butuh liburan.

Hanya saja, jangankan untuk pergi berlibur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja hampir tidak cukup. Siapa bilang liburan harus dilakukan sering-sering, satu tahun sekali atau mungkin dua tahun sekali berlibur selama beberapa hari bersama keluarga sudah cukup ampuh untuk membantu merefresh dan menjernihkan fikiran. Namun tentu saja niat di awal harus mantab dulu, rencanakan dengan baik, diskusikan dengan keluarga baru kemudian temukan cara yang tepat untuk pendanaannya.

Salah satu solusi yang tersedia adalah tabungan persiapan untuk dana liburan bersama keluarga. Saat ini banyak sekali bank-bank Indonesia yang sudah menyediakan fasilitas tabungan untuk mendanai liburan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda ketika hendak membuka rekening tabungan untuk dana liburan:

  • Pilih bank yang menyediakan tabungan dana liburan

Saat ini rata-rata seluruh bank di Indonesia sudah memiliki pelayanan ini namun tentu saja tetap ada baiknya bagi Anda untuk membandingkan fasilitas yang disediakan setiap bank sebelum memutuskan untuk memilih. Namun memang sebaiknya memilih bank dimana Anda memiliki tabungan cukup besar karena jenis tabungan seperti ini membutuhkan sebuah tabungan induk yang nantinya digunakan untuk menarik dana sebagai setoran bulanan. Dari pada Anda repot untuk membuka tabungan baru lebih baik menggunakan tabungan yang sudah ada sehingga proses pengajuannya pun akan bisa lebih cepat.

  • Tentukan tujuan liburan

Diskusikan hal ini bersama keluarga Anda kemana mereka ingin berlibur. Apakah mereka ingin berlibur di wilayah Indonesia saja atau mau ke luar negeri? Tentunya biaya keluar negeri akan jauh lebih besar, belum lagi harus mengurus visa dan lain sebagainya. Namun hal tersebut tidak jadi masalah, yang penting seluruh keluarga sudah setuju sehingga tidak akan ada perubahan lagi nantinya sehingga rencana perjalanan bisa disusun dengan baik.

  • Tentukan kapan waktu liburan

Hal ini juga akan kerat kaitannya dengan kemampuan Anda dalam menabung per bulan. Jika menurut Anda mampu untuk mencapai target tabungan liburan selama satu tahun maka tidak masalah untuk memilih satu tahun namun jika tidak, pilihlah waktu liburan yang lebih fleksibel sehingga Anda tidak terlalu terbebani hanya karena ingin pergi liburan bersama keluarga.

  • Setoran bulanan

Setoran bulanan didapat setelah menghitung secara keseluruhan kebutuhan dana kemudian dibagi dengan jangka waktu Anda menabung. Selanjutnya adalah masalah komitmen Anda untuk terus membayar setoran sampai tiba waktunya bagi Anda dan keluarga untuk packing dan pergi berlibur.

Setelah Anda sudah menentukan tujuan liburan maka pihak bank akan membantu Anda melakukan perincian pembiayaan liburan bersama keluarga misalnya berapa orang yang akan pergi berlibur, biaya transportasi, biaya penginapan, biaya selama perjalanan, uang saku dan lain sebagainya. Sementara waktu liburan akan berpengaruh pada asumsi kenaikan nilai misalnya harga penginapan tahun ini tentu akan berbeda dengan harga penginapan tahun depan, selain itu penentuan waktu keberangkatan juga akan berpengaruh terhadap jumlah besarnya angsuran yang akan Anda bayarkan setiap bulannya.

Melalui sistem tabungan dana liburan maka siapa saja akan memiliki kesempatan untuk berlibur tidak hanya terbatas pada mereka yang memiliki uang lebih saja karena sebenarnya dimana Anda memiliki kemauan maka akan selalu ada jalan. Bukankah setiap bulan juga Anda menabung, hanya saja kali ini tabungan Anda memiliki tujuan tertentu yaitu untuk pergi berlibur bersama keluarga.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.