Cegah Sebelum Terlambat: Cara Agar Terhindar dari Lilitan Hutang – Berutang adalah salah satu cara yang cukup populer untuk mendapatkan bantuan dana. Selain bisa mendapatkan barang di muka, berutang juga bisa membantu perkembangan usaha.

Namun, berutang bisa saja membahayakan keadaan keuangan Anda di masa depan, jika Anda tidak memperhitungkan waktu dan jumlah pembayarannya.

Baca Juga:Apa itu Debt Stacking dan Bagaimana Cara Menerapkannya?
- Apa itu Debt Snowball dan Bagaimana Cara Menerapkannya dengan Baik?

Jika Anda sedang berutang atau merencanakan untuk hutang, sebaiknya Anda memperhatikan tips-tips berikut ini untuk mencegah lilitan hutang:

5 Cara Agar Terhindar dari Lilitan Hutang

1. Merencanakan Keuangan

 

Tips Mengelola Arus Kas Bisnis

Anda memang diharuskan untuk merencanakan sistem pembayaran dan anggaran keuangan Anda sebelum berutang.

Jika Anda langsung mengambil pinjaman tanpa memikirkan pembayarannya, jelas Anda akan kesulitan membayarnya. Jangan sampai hutang tersebut malah membawa kerugian daripada keuntungan.

2. Menabung Secara Berkala

kebiasaan buang duit

Sisihkan sebagian uang Anda untuk menabung. Adanya tabungan milik Anda pribadi akan membantu Anda sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Bisa saja Anda diharuskan mengeluarkan uang yang besar untuk keperluan mendadak yang mengakibatkan Anda tidak bisa membayar hutang. Dengan adanya tabungan, hal-hal seperti ini bisa dihindari. Anda bisa menggunakan uang tabungan Anda untuk membayar cicilan hutang Anda. Sesuai dengan pepatah lama, rajin menabung pangkal kaya.

3. Tidak Membuang-buang Uang

Rajin Simpan Uang Sejak Muda, Naik Gaji Setiap Bulan

Anda harus dapat membedakan mana yang menjadi keperluan, mana yang jadi keinginan. Jangan jadikan keinginan Anda sebagai nomor 1 pengeluaran Anda. Anda harus bisa menahan diri dan pintar mempertimbangkan apa yang harus diutamakan.

Pergunakan uang Anda sebaik mungkin. Janganlah terlalu mengikuti trend yang ada, karena perubahan jaman tidak ada habisnya. Sebaiknya utamakan keperluan Anda, sehingga alokasi keuangan Anda menjadi baik dan tentunya tidak akan membuat Anda kehabisan uang dan akhirnya berutang.

4. Hindari Membeli Barang Branded nan Mahal

Investasi di Fintech Lending

Mungkin banyak dari Anda, menilai suatu barang dari merk barang tersebut. Meskipun kita semua tahu bahwa merk tidak menentukan kualitas barang tersebut, namun rasa keinginan untuk memiliki barang bermerk tidak bisa dihindari. Akibatnya, pengeluaran Anda tidak terkontrol dan mengharuskan Anda untuk berutang.

5. Hindari Berhutang Untuk Hal-Hal yang Tidak Produktif

metode pembayaran yang mudah - kartu kredit

Jika Anda berutang hanya karena Anda ingin memuaskan keinginan Anda dan bukan untuk masa depan Anda, sebaiknya Anda mengurungkan niat tersebut. Tidak berutang akan memperkecil kemungkinan Anda untuk memiliki hutang.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Anda lebih baik mengembangkan apa yang Anda miliki dengan memberikan pinjaman kepada orang lain. Hal tersebut, selain membantu orang lain, bisa juga memberikan keuntungan bagi Anda. Salah satunya melalui investasi.

Dengan menginvestasikan uang Anda di tempat yang tepat, Anda tidak perlu takut uang Anda tidak kembali. Coba cek KoinWorks.com sebagai platform peer-to-peer lending yang resmi terdaftar dan diawasi OJK. KoinWorks dapat memberikan Anda kesempatan untuk berinvestasi dengan cara yang mudah, aman dan cepat mulai dari Rp 100.000 dengan bunga efektif mulai dari 19% per tahun.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Mulailah perbaiki sistem keuangan Anda sekarang dengan investasi peer to peer lending KoinWorks. Jangan menunda untuk melakukan perubahan dalam keuangan Anda. Mulailah dengan mengenali berbagai kebiasaan Anda yang membuat Anda berutang, dan cegah hal tersebut terulang kembali. (DN)


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.