Lakukan 4 Hal Ini Jika Anda Terjebak Investasi Bodong!– Kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini banyak memengaruhi sektor-sektor finansial salah satunya adalah kegiatan investasi.

Hadirnya instrument-instrument investasi dengan cara dan persyaratan yang mudah tentunya menjadi hal yang positif bagi masyarakat yang ingin memulai kegiatan berinvestasi.

Namun, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada. Karena semudah dan sebesar apa pun keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi tersebut, tentunya juga tetap bisa berpotensi memberikan Anda kerugian. Lebih parahnya, Anda bisa menjadi korban penipuan dari investasi bodong.

Baca juga: Ciri-ciri Investasi Bodong

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mawas diri saat menghadapi beragam janji dan penawaran investasi.

Masih untung, jika Anda sudah tahu risikonya sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi. Namun, bagaimana kalau sudah telanjur terjebak investasi bodong?

Berikut ini adalah 3 langkah yang bisa Anda lakukan jika sudah terjebak dengan investasi bodong.


Lakukan 4 Hal Ini Jika Anda Terjebak Investasi Bodong!

1Cari Tahu dan Kumpulkan Korban Investasi Bodong Tersebut

Terjerat Investasi Bodong

Tentunya investasi bodong membuat tawaran-tawaran yang menarik bagi masyarakat yang menjadi korbannya.

Oleh karena itu, cobalah untuk mulai mengumpulkan para korban yang sama dengan Anda. Dengan Anda berhasil mengumpulkan korban investasi lain, bukti penipuan akan semakin kuat.

Ketika kamu melaporkan kasus investasiĀ bodongĀ ke pengadilan, kesempatan untuk menang semakin besar.

Baca juga: 5 Hoax Investasi yang Harus Diabaikan Investor Pemula

Jadi, sebelum melakukan gugatan jangan asal berangkat tanpa bukti dan rencana. Diskusikan bersama-sama dan susun rencana terbaik agar menang di persidangan.

Karena segala sesuatu yang dikerjakan bersama-sama pastinya akan terasa jauh lebih mudah dan ringan.


2Pilih Pengacara yang KompetenĀ 

Terjerat Investasi Bodong

Setelah Anda berhasil mengumpulkan korban lain dan berdiskusi, saatnya untuk mencari pengacara yang kompeten.

Pengacara akan membantu Anda dan korban lainnya untuk memberi strategi yang tepat untuk bisa mengajukan gugatan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Dengan Pengacara, Anda dan korban lainnya juga bisa tahu jika bukti yang Anda siapkan masih kurang. Karena akan ada kekhawatiran jika bukti yang diajukan kurang kuat padahal sudah masuk ke pengadilan.


3Ajukan Hukum Perdata

hukum-peraturan-aturan

Untuk selanjutnya, Anda bisa meminta ganti rugi dengan upaya hukum perdata. Melalui cara ini, proses penipuan investasi akan diproses oleh pengadilan.

Kasus ini pun bisa diajukan ke pengadilan niaga di domisili Tergugat. Nah, kalau kasusmu memenuhi syarat dan terbukti, perusahaan debitur bisa diusulkan pailit ke pengadilan ini.

Baca juga: Ingin Mulai Berinvestasi? Pahami Dulu Seluk-Beluknya

Jika berhasil, Anda bisa dapat menerima pengembalian uang atau ganti rugi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasti ada jalan untuk menyelesaikan masalah investasi bodongĀ ini, kok.


4Lakukan Pengajuan Hukum PidanaĀ 

Terjerat Investasi Bodong

Jika pengajuan perdata tidak memberi efek jera kepada tersangka. Anda bisa mengajukan hukum pidana kepada para tersangka.

Anda bisa langsung melaporkan kasus ke kepolisian. Nantinya, pelaku penipuan akan diproses dengan ancaman hukuman penjara.

Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait upaya hukum pidana. Karena selain memakan proses yang lama dan biaya yang cukup besar, Anda bisa jadi tidak akan mendapatkan ganti rugi berupa nominal.

Karena, bisa saja si pelaku akan dihukum penjara, tetapi mungkin Anda tidak dapat apa-apa.

Nah, untuk mencegah hal seperti di atas, Anda bisa melakukan somasi kepada perusahaan. Sebutkan apa saja yang Anda dan para korban tuntut dari perusahaan investasi bodong tersebut dan cantumkan batas waktu pada surat tersebut.


Berikut tadi adalah cara yang bisa Anda lakukan jika terjerat investasi bodong. Tidak perlu menyesal telah berinvestasi. Karena untuk kedepannya Anda bisa lebih berhati-hati menentukan intrument mana yang terpercaya untuk berinvestasi.

Oleh karena itu, untuk ke depannya, Anda sebaiknya memilih investasi yang terpercaya dan telah diawasi oleh lembaga keuangan di Indonesia.

Anda bisa mencoba berinvestasi melalui peer-to-peer lending di KoinWorks. Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal yang sangat rendah, yaitu Rp100.000.

Selain itu KoinWorks sendiri telah diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK) dan menjadi satu-satunya perusahaan Fintech Lending Indonesia yang menyediakan Dana Proteksi untuk menjamin keamanan dana investasi Pendana.

Baca juga: OJK Prioritaskan Aturan Peer-to-Peer Lending

Dana Proteksi yang diberikan KoinWorks didedikasikan secara khusus oleh KoinWorks sendiri sebagai ganti rugi resiko yang diterima oleh Pendana apabila terjadi gagal bayar dari Peminjam.

Meskipun nasi telah menjadi bubur, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai pelajaran untuk ke depannya. Tetap berhati-hati ya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.