Tertarik Investasi, tapi Gaji Pas-Pasan? Intip 5 Strateginya! – Apakah Investasi itu penting? Pada awalnya Anda akan merasa bahwa investasi tidak begitu penting. Mengingat gaji Anda yang sudah pas-pasan, jika melakukan investasi maka dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan berkurang.

Jika Anda berpikiran seperti diatas, tentunya Anda salah besar.

Dengan adanya jenis jenis investasi seperti deposito, reksadana, investasi emas bahkan properti, akan memberikan banyak keuntungan kepada Anda karena bunga yang akan Anda dapatkan dari masing-masing investasi yang Anda pilih.

Berinvestasi juga bisa membantu Anda terhindar dari resiko inflasi. Jika Anda berinvestasi, Anda tidak akan terkena risiko inflasi dan pajak yang tinggi, karena ada aturan yang akan melindungi dan tidak membuat rugi.

Pastinya dengan berinvestasi, kesejahteraan pun akan terjamin. Karena meskipun gaji pas-pasan Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus menyita banyak waktu Anda.

Setelah Anda membaca keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berinvestasi dan mulai tertarik untuk memulai, berikut adalah tips untuk memulai investasi meskipun gaji Anda memiliki gaji yang pas-pasan :

Tertarik Investasi, tapi Gaji Pas-Pasan? Intip 5 Strateginya!

1Tentukan Berapa Besar Biaya yang Akan Anda Investasikan

biaya-perhitungan-iuran-BPJS-kesehatan- tips investasi gaji pas pasan

Ketika Anda memasuki awal bulan, Anda harus mulai untuk membuat anggaran untuk investasi. Mulailah dari 5-10 persen gaji Anda, misalkan Anda memiliki gaji Rp4 juta, maka Anda bisa sisihkan sekitar 200 ribu atau 400 ribu pe rbulannya untuk dana investasi.

Baca juga : Berinvestasi dengan Dana Terbatas? Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Ini Juga

Namun, Buatlah catatan untuk kebutuhan Anda terlebih dahulu untuk memastikan kembali bahwa anggaran yang sudah Anda sisihkan bisa cukup untuk kebutuhan sehari-hari.


2Mulai Membuka Rekening Deposito atau Reksadana

bunga Diatas Deposito - investasi jangka pendek - Jenis Bunga Deposito Time Deposit - investasi untuk PNS- tips investasi untuk gaji pas pasan

Selanjutnya, pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan anggaran yang Anda punya. Cobalah untuk melakukan investasi dengan resiko yang rendah, yaitu deposito atau reksadana.

Jika Anda memilih deposito, uang yang akan investasikan akan aman meskipun keuntungan yang Anda dapatkan tidak begitu besar.

Jika Anda memilih reksadana, Anda dapat membuka rekening reksadana dengan dana minimun 100 ribu rupiah saja kemudian memilih jenis reksadana yang Anda inginkan.

Baca juga : Ketahui 4 Jenis-jenis Reksa Dana Ini sebelum Mulai Investasi!

Reksadana juga cocok jika Anda tidak memiliki waktu lebih menghitung keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan. Karena dengan reksadana Anda sudah percayakan dana investasi Anda kepada para staff ahli.


3Pilih Investasi pada Instrument Berwujud

emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan

Investasi pada instrument berwujud yaitu seperti emas, properti atau investasi lainnya yang memiliki wujud nyata. Jika Anda memiliki gaji yang pas-pasan, Anda bisa mulai mencoba untuk berinvestasi emas.

Anda cukup membeli emas sebesar 1 atau 2 gram setiap bulannya. Selain harga emas yang tidak pernah turun, Anda pun bisa menjualnya kembali ketika harga emas sedang naik.

Baca juga: Sebelum Berinvestasi, Kenali 8 Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Palsu

Lakukan kegiatan investasi ini secara berkala maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang juga besar.


Perhatikan Keuntungan dan Resiko

profit - keuntungan investasi - keuntungan bisnis - tips investasi untuk gaji pas pasan

Setelah Anda mempelajari berbagai jenis investasi, Anda bisa mulai menyesuaikan investasi yang cocok dengan kondisi Anda. Perhatikan kembali imbal keuntungan dan resiko yang akan Anda dapatkan.

Baca juga : 5 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Investor dan Harus Segera Dihindari

Mengalami kerugian pada investasi adalah hal yang wajar. Namun, Anda tetap harus aktif untuk mencari informasi seputar investasi tersebut, agar terhindar dari kerugian terus menerus.


4Kendalikan Diri Anda dalam Keuangan Anda

hemat uang - 7 Nasihat Keuangan Warren Buffet yang Bikin Anda Jago Mengatur Uang! - tips investasi untuk gaji pas pasan- sampingan mahasiswa-Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? - punya penghasilan tanpa kerja-Strategi Memiliki Hunian Impian untuk Generasi Milenial

Anda adalah nakhkoda dalam mengatur dan merencanakan keuangan Anda. Jika Anda menginginkan kesejahteraan untuk Anda dan keluarga Anda ke depannya, investasi adalah awal yang baik.

Meskipun dana investasi Anda masih sangat terbatas. Namun, jika Anda rutin melakukannya, maka hal tersebut sudah pasti akan memberikan hasil yang baik.

Dengan investasi, Anda juga bisa belajar hal baru untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Bagaimana, tidak sulit kan?

Apabila Anda sudah melakukan 5 hal di atas tapi masih merasa kurang maksimal, mengapa tidak mencoba untuk berinvestasi di platform Peer-to-Peer Lending KoinWorks?

Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi mulai dari Rp100.000 dan keuntungan yang didapatkan mulai dari 18% per tahun.

Simak video pengalaman para Pendana KoinWorks di bawah ini!

Selain itu, investasi yang Anda lakukan juga akan disalurkan ke berbagai pinjaman produktif seperti pinjaman bisnis dan pinjaman pendidikan.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai investasi di KoinWorks? Sekarang, tak ada lagi deh, alasan tidak bisa investasi meski gaji pas-pasan!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.