PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya! – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah diumumkan pada selasa (9/7/2019) pukul 15:00 WIB melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Tercatat sebanyak 714.652 peserta berjuang untuk masuk ke universitas impiannya masing-masing. Tapi, keterbatasan daya tampung universitas membuat seleksi ini menjadi begitu ketat.

Dari jumlah tersebut, hanya 168.742 peserta yang berhasil dinyatakan lolos. Ini tandanya, lebih dari setengah dari total peserta tidak berhasil masuk ke kampus impiannya. Namun begitu, SBMPTN bukanlah akhir dari segalanya.

Baca juga: Sudah Daftar Beasiswa LPDP 2019 Tahap 2? Ini Dia Tipsnya Agar Anda Bisa Lolos!

Universitas yang bagus tidak selalu ditentukan oleh status negeri atau swasta. Nyatanya, kini sudah banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bahkan kualitasnya hingga berstandar internasional.

Nah, untuk Anda yang kurang beruntung pada SBMPTN 2019, jangan berkecil hati. Melalui strategi yang dan perencanaan yang tepat, Anda juga bisa lho mendapatkan pendidikan berkualitas dari PTS unggulan yang pastinya tidak kalah dengan PTN ternama lainnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui PTS yang berkualitas? Ini dia tipsnya!


PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya!

Cari Tahu Akreditasi

mahasiswa-kampus-ranking-rank-akreditasi-peringkat-PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya!

Mengetahui akreditasi suatu kampus adalah salah satu cara yang paling objektif dalam menilai mutu kampus tersebut. Semakin tinggi akreditasi kampus, biasanya akan semakin tinggi juga standar citra dan lulusannya.

Akreditasi ini juga bisa menentukan masa depan Anda dalam mencari pekerjaan. Umumnya, perusahaan sering mensyaratkan calon karyawannya berasal dari kampus yang memiliki akreditasi baik.

Baca juga: 5 Hal yang Pasti Dirasakan Anak Jurusan DKV

Sekedar informasi, akreditasi ini dibedakan menjadi 3 kelompok utama. Akreditasi A (sangat baik), akreditasi B (baik), dan akreditasi C (kurang baik). Selain itu, ada pula yang belum terakreditasi. Untuk Anda yang penasaran melihat akreditasi kampus atau pun jurusan yang ingin Anda masuki, Anda bisa melihatnya melalui situs BAN-PT.


Peringkat PTS

mahasiswa-kampus-ranking-rank-akreditasi-peringkat-PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya!

Kualitas dari PTS akan menentukan peringkatnya di Indonesia, bahkan di dunia. Sayangnya, poin peringkat ini seringkali diabaikan oleh banyak orang karena masih banyak yang menganggap bahwa kampus-kampus yang namanya terkenal sudah pasti memiliki peringkat bagus.

Jika Anda ingin mengetahui mutu kampus secara jelas, Anda bisa mengunjungi situs resmi berbagai lembaga seperti Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) dan QS World University Rankings (WUR) atau Times Higher Education (THE).


Biaya Kuliah

biaya-kuliah-mahasiswa-kampus-ranking-rank-akreditasi-peringkat-PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya!

Katanya, ada harga ada kualitas. Untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dibutuhkan biaya yang sepadan. Banyak orang yang menganggap bahwa biaya kuliah di PTS pasti jauh lebih mahal dari PTN.

Tapi, siapa bilang? Nyatana, itu semua tidak selamanya benar, tidak semua PTS menetapkan biaya yang tinggi daripada PTN.

Baca juga: Tidak Lulus SBMPTN? Jangan Khawatir Biaya Kuliah yang Tinggi!

Masih banyak PTS yang menetapkan biaya kuliahnya secara terjangkau dengan kualitas pendidikan yang tidak kalah dari PTN. Bukan itu saja, kini PTS pun sudah banyak yang menyediakan fasilitas beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi.

Selain itu, Anda juga masih punya cara lain lho untuk mendapatkan pendidikan yang baik tanpa perlu memusingkan soal biaya. Cukup ajukan pinjaman pendidikan Anda melalui KoinPintar dari KoinWorks.

KoinPintar menawarkan pinjaman pendidikan baik itu untuk lembaga formal maupun non-formal dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulannya. Masa pembayaran pinjamannya pun bisa Anda cicil hingga 12 bulan, lho! Ini membuat biaya pendidikan Anda jauh lebih ringan ‘kan?

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang KoinPintar, langsung saja klik di sini yaa


Kualitas dan Kiprah Alumni

mahasiswa-alumni-PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya!

Kualitas dan kiprah dari alumni juga perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya, jika kampus pilihan Anda mampu menghasilkan alumni yang kualitasnya diakui luas oleh masyarakat, maka ini bisa menjadi acuan bagi Anda.

Oh ya, Anda pun bisa memanfaatkan alumni ini untuk menjalin networking yang bisa berguna saat Anda sudah lulus nanti.


Rekomendasi Mahasiswa dan Alumni

mahasiswa-alumni-PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya!

Butuh pertimbangan lainnya? Jangan ragu untuk meminta saran kepada mahasiswa atau alumni yang sudah lebih dulu berkuliah di kampu pilihan Anda.

Jika Anda masih kurang yakin dengan review yang Anda lihat dari internet atau penelusuran Anda sendiri, cobalah untuk bertanya kepada mereka yang sudah benar-benar merasakan perkuliahan di kampus tersebut.

Baca juga: Belajar di Perguruan Tinggi Tidak Selamanya tentang Gaji Tinggi, Simak Alasan Berikut!

Hal ini akan memberikan Anda banyak insight tentang situasi dan kondisi kampus yang sebenarnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencari PTS yang berkualitas. Jangan ragu untuk melakukan riset-riset kecil seperti ini demi masa depan Anda.

Dimana pun Anda berkuliah, baik di PTN atau pun PTS tidak menentukan kesuksesan Anda. Semua kembali lagi kepada diri Anda sendiri. Maka dari itu, bekerja keraslah dan teruslah belajar karena ilmu Anda lah yang akan menentukannya!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.