Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih – Jika Anda ingin menghemat banyak uang di masa depan, Anda harus mulai menghematnya melalui hal-hal kecil dari sekarang.

Mulailah untuk memperhatikan setiap uang yang Anda keluarkan untuk setiap hal kecil yang Anda anggap tidak akan memberikan pengaruh terhadap keuangan.

Tanpa disadari, hal-hal kecil seperti air mineral botol, rokok, maupun kopi ternyata mampu memberikan dampak besar bagi keuangan Anda di masa depan.

Baca Juga: Sering Bingung Apa Bedanya Revenue dan Income? Berikut Penjelasannya

Dalam hal ini, beberapa orang mungkin akan mengatakan bahwa Anda tidak perlu khawatir dengan minuman bersoda ataupun energy drink seharga Rp 10.000, akan tetapi semakin Anda pikirkan, mengurangi konsumsi energy drink seharga Rp 10.000 adalah salah satu langkah awal yang baik yang dapat dimulai.

Semua perubahan kecil ini dapat membantu Anda untuk menghemat uang dalam nominal yang cukup banyak.

Baca Juga: Apa Saja Kebiasaan Buang Duit yang Tak Disadari (2)

Tahukah Anda bahwa semua jenis pengeluaran yang Anda anggap tidak berarti jika dihemat secara serius mampu menambah uang tabungan hingga Rp 1 juta?

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat menabung hingga Rp 1 juta. Yuk simak, dan ikuti cara-caranya!

Hindari Melakukan 4 Hal Ini Agar Bisa Hemat dalam Jangka Panjang

1Kurangi Minum Kopi

meminum kopi - ngopi -koinworks - bisnis fashion - produk - Anak Muda Wajib Waspada, Ini 3 Penggunaan Kartu Kredit Paling Boros - 5 Bisnis Minuman Terlaris dengan Keuntungan Menjanjikan
Kurangi membeli kopi

Untuk Anda yang bekerja di kantor, tidak melakukan hal ini akan menjadi tantangan tersendiri. Biasanya di setiap gedung kantor akan tersedia outlet untuk membeli kopi, yang biasanya turut menyediakan tempat duduk untuk sekedar bersantai sambil merokok maupun bersosialisasi dengan sesama rekan kerja.

Kebanyakan orang membeli hanya untuk dapat duduk bersantai dan menjauh sejenak dari lingkup kantor. Akan tetapi, pernahkah Anda sadari bahwa Anda dapat menghemat cukup banyak uang jika Anda mampu untuk tidak lagi minum kopi.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini, Maka Uang Anda Tidak Akan Terbuang Dengan Percuma

Contoh: Jika Anda minum kopi dua kali dalam seminggu selama satu bulan, dengan rata-rata harga kopi seharga Rp 40 ribu maka jika ditotal berarti (Rp 40 ribu x (2 x 4)) = Rp 320 ribu. Dalam hal ini, 2 berarti 2 hari dalam seminggu, dan 4 berarti 4 minggu yang ada dalam satu bulan.

Nah, jika Anda mampu menahan diri untuk tidak minum kopi dalam sebulan maka Anda dapat menghemat Rp 320 ribu, loh! Jika angka tersebut dikalikan dalam 12 bulan, maka akan menghasilkan Rp 3,8 juta dalam satu tahun. Cukup besar, bukan?


2Tidak Merokok

berhenti merokok bisa hemat
Kurangi atau berhenti merokok

Saat membaca artikel ini, sebagian dari Anda mungkin akan merasa keberatan dalam berhenti merokok. Seperti yang diketahui bahwa tidaklah mudah untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

Baca Juga: Cara Mudah Berhenti Merokok dan Menghitung Biaya Penghematannya

Apalagi jika Anda sudah termasuk ke dalam kategori seorang perokok berat, maka berusaha untuk tidak merokok merupakan sesuatu yang hampir mustahil untuk dilakukan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa Anda bisa menghemat hingga Rp 420 ribu hanya dengan berhenti merokok? Bagaimana caranya?

Contoh: Harga rokok seharga Rp 30 ribu lalu dikalikan 12 hari, dengan asumsi setiap 2 hari Anda menghabiskan 1 bungkus rokok, maka akan didapatkan hasil sebesari Rp 420 ribu dalam sebulan.

Total uang Rp 420 ribu dalam sebulan yang jika di kali selama 12 bulan akan menghasilkan Rp 5 juta dalam setahun. Itu artinya Anda bisa hemat dengan nominal yang besar nantinya.

Dengan tidak merokok, selain Anda dapat menghemat uang yang digunakan untuk merokok, Anda juga dapat menghemat uang lebih dari sisi kesehatan.

Memang tidak ada jaminan bahwa jika Anda tidak merokok maka Anda akan terbebas dari penyakit jantung, akan tetapi setidaknya dengan Anda tidak merokok Anda dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Dengan menjaga kesehatan jantung Anda, tentunya Anda sedang melakukan investasi bagi masa depan. Anda sedang menghemat uang untuk tidak menghabiskannya secara percuma hanya untuk membiayai biaya rumah sakit di masa depan.

Anda juga bisa menghitung pengeluaran Anda bila merokok dan berapa besar uang yang bisa Anda kumpulkan bila sebaliknya menginvestasikan uang rokok tersebut dengan kalkulator rokok vs investasi berikut ini:

Kalkulator Simulasi Berhenti Merokok vs Investasi
Dalam Saya Merokok Sebanyak
Saya Ingin Berhenti Merokok dan Menginvestasikan Uangnya Selama (tahun):
Persentase Bunga Investasi (%):
Total Penghematan Bila Berhenti Merokok:
Total Bunga Investasi yang Akan Saya Dapatkan:
Uang yang Dikumpulkan Setelah Berhenti Merokok:

Saya memutuskan untuk berhenti merokok dan ingin mulai berinvestasi.
Saya juga ingin mulai belajar fundamental investasi dengan mendanai melalui KoinWorks.

Daftar Dapat 150.000
(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

3Tidak Minum Energy Drink atau pun Minuman Bersoda

soft drink - minuman ringan
Kurangi membeli minuman ringan/soda

Hampir semua kalangan menyukai hal ini, mulai dari remaja, para mahasiswa, dewasa muda, maupun orang-orang tua.

Biasanya orang-orang akan membeli minuman ini sebagai dalih untuk sekedar menyegarkan diri atau sekedar memberi energy tambahan setelah seharian bekerja.

Namun, tahukah Anda bahwa dengan membeli energy drink secara sering dapat membuat anggaran Anda membengkak jika Anda tidak hati-hati?

Baca Juga: Agar Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Contoh: Bila harga minuman adalah Rp 10 ribu lalu dikalikan dengan 8, dengan asumsi dalam satu minggu Anda membeli sebanyak 2 energy drink, maka hasilnya adalah Rp 80 ribu.

Lalu dikalikan dengan 12 bulan, dihasilkan uang sebesar Rp 960 ribu dalam setahun. Sangat menguntungkan bila Anda bisa hemat, bukan?


4Tidak Menghabiskan Akhir Pekan Untuk Minum Alkohol

minuman beralkohol
Kurangi mengonsumsi alkohol

Budaya masyarakat di Indonesia memang tidak seperti budaya barat yang hampir di setiap momen berkumpul dengan teman maupun rekan kerja akan cenderung untuk minum-minuman beralkohol.

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Namun, saat ini budaya tersebut hampir tercampur dan dipakai oleh masyarakat Indonesia, walaupun biasanya hanya dilakukan saat akhir pekan.

Hal ini dapat Anda lihat dengan mulai banyaknya tempat-tempat khusus yang menyediakan minuman berakohol. Tempat-tempat ini juga biasanya sangat ramai dikunjungi saat akhir pekan tiba.

Biasanya satu beer atau wine dihargai sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu, tergantung jenis minumannya.

Jika diasumsikan dengan harga Rp 100 ribu lalu dikalikan dengan 4, dengan asumsi satu minggu sekali maka akan menghasilkan Rp 400 ribu. Dikalikan dengan 12 bulan menghasilkan Rp 4,8 juta, dan itu artinya Anda bisa hemat Rp 4,8 juta.

Nah, 4 hal di atas adalah hal-hal kecil yang dianggap sepele namun jika Anda dapat memulainya dari hal kecil, tanpa disadari Anda dapat menambah pundi-pundi tabungan menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Jika keempat hal di atas ditotal, maka dalam satu bulan Anda bisa hemat sebesar Rp 1,2 juta. Setelah berhasil berhemat terhadap hal-hal di atas, kini saatnya Anda berinvestasi.

Salah satu jenis investasi yang mampu memberikan Anda keuntungan bunga efektif mulai dari 18% dalam satu tahun adalah investasi melalui peer to peer lending dari KoinWorks.

Contoh: Dengan berinvestasi sebanyak Rp 1,2 juta setiap bulan, maka Anda akan mendapatkan hasil investasi dalam 1 tahun sebesar Rp 1,7 juta, dengan asumsi bunga sebesar 18%. Sangat menguntungkan, bukan?

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Apalagi bila Anda berinvestasi sedini mungkin, maka manfaat efek compounding bisa Anda rasakan dengan lebih maksimal lagi. Tertarik untuk mulai berinvestasi? Yuk mulai investasi dari sekarang!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.