Home Daily Merdeka Finansial? Tinggalkan Kebiasaan Buruk Berikut Ini!

Merdeka Finansial? Tinggalkan Kebiasaan Buruk Berikut Ini!

Merdeka Finansial? Tinggalkan Kebiasaan Buruk Berikut Ini! – Sudah mulai pergantian tahun nih, resolusi keuangan apa yang hendak kamu capai di sepanjang tahun 2020?

Merdeka finansial? Sepertinya, kali ini kamu harus benar-benar fokus mewujudkannya. Untuk bisa merdeka finansial, kamu membutuhkan banyak tenaga dan banyak rencana agar segalanya tidak menjadi sia-sia.

Tahun 2019, UMR di berbagai wilayah mengalami kenaikan. Lalu diikuti dengan harga kebutuhan pokok dan biaya lainnya yang juga naik. Inilah yang pada akhirnya memicu inflasi yang tidak stabil.

Nah, untuk mengatasinya, yuk mulai tinggalkan kebiasaan buruk kamu (khususnya dalam hal keuangan) agar bisa merdeka finansial dan menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya!


Merdeka Finansial? Tinggalkan Kebiasaan Buruk Berikut Ini!

1
Tujuan Finansial yang Tidak Jelas

4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - merdeka finansial- kuliah sambil kerja-4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

Kebiasaan buruk yang pertama yaitu tidak memiliki tujuan keuangan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Terdengar sederhana, tapi ini bisa berdampak jauh ke masa depan kamu, lho.

Jika usiamu saat ini menginjak 20 tahun, kamu bisa mulai membuat tujuan finansialmu beberapa tahun ke depan. Misalnya, kamu ingin memiliki modal untuk usaha di usia 23 tahun, memiliki biaya untuk membeli rumah di usia 25 tahun, dan memiliki biaya untuk menikah di usia 27 tahun.

Alangkah lebih baiknya, kamu membuatnya lebih detail dengan menuliskan jumlah biaya yang dibutuhkan. Maka, secara tidak langsung kamu akan termotivasi untuk bergerak maju dan bersemangat untuk merdeka finansial.

Siap melakukannya agar bisa merdeka finansial di tahun 2020? Harus siap dong!


2
Tidak Memiliki Tabungan Darurat

Kebiasaan Buruk yang Harus Ditinggalkan di 2020 Untuk Merdeka Finansial - dana darurat

Masih belum memiliki tabungan darurat? Pikirkan mulai sekarang. Inilah kebiasaan buruk selanjutnya yang bisa menjerumuskan kamu.

Berapa pun jumlahnya, setidaknya sisihkan 10% dari pendapatanmu setiap bulan. Bagi kamu yang tidak biasa menabung, mungkin ini akan terasa berat dilakukan. Tapi, tetap saja, kamu harus membiasakannya.

Dengan adanya tabungan darurat, kamu tidak akan khawatir lagi ketika suatu saat membutuhkan dana tambahan untuk memenuhi keperluan mendesak yang tidak dapat kamu prediksi sebelumnya.

Dana darurat yang ideal yaitu berjumlah enam kali dari penghasilan. Katakanlah pendapatan kamu tiap bulannya sebesar Rp10 juta, maka jumlah ideal dana darurat kamu sebesar Rp60 juta.

Lumayan ‘kan? Jika kamu mengumpulkannya dengan cara menyisihkan 10% dari pendapatan, nominal tersebut tidaklah terlalu berat bagi kamu.

Ingat saja pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Asalkan kamu konsisten menjalaninya, kebiasaan menabung ini akan terasa mudah dan bisa lebih dinikmati.

Semangat merdeka finansial 2020!


3
Berutang Tanpa Pertimbangan

Berutang Tanpa Pertimbangan

Kini, berutang sudah bisa dilakukan melalui media apa saja. Mulai dari menggunakan jasa Bank Konvensional, Fintech, kartu kredit, hingga sistem paylater. Bahkan berutang juga bisa dilakukan pada orang-orang terdekat, yang biasanya “tidak pakai bunga”.

Sebenarnya tidak masalah jika kamu mampu untuk membayarnya sesuai nominal yang disepakati, serta memiliki komitmen untuk membayarnya tepat waktu sesuai perjanjian.

Usahakan untuk selalu mempertimbangkan segala hal sebelum kamu memutuskan berutang atau meminjam dana pada pihak lain. Di sisi lain kamu merasa tertolong, namun jika kamu melanggar peraturan, kamu sendiri yang akan kena imbasnya.

Bukannya merdeka finansial, kamu malah bangkrut mendadak tuh!

Entah itu pinjaman pribadi dengan orang terdekat atau pinjaman melalui situs online, semuanya memiliki syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi. Apalagi bila jumlah pinjamannya terbilang besar.

Hindari mengajukan pinjaman tanpa perhitungan dan pertimbangan yang matang. Sebab, bunga yang ada di setiap pinjaman tersebut bisa saja membebani keuangan persoal kamu.

Beri batasan jumlah utang kamu yaitu maksimal 30% dari total pendapatan per bulan. Misal, setiap bulan kamu mendapat Rp10 juta maka kamu hanya boleh menyisihkan maksimal Rp3 juta untuk membayar cicilan.

Mulai dari sekarang, berhati-hatilah sebelum memutuskan untuk berutang. Pikirkan dengan matang, sesuaikan dengan budget yang kamu punya, dan tumbuhkan komitmen yang tinggi untuk melunasinya.


4
Menunda Berinvestasi

Mulai Investasi Jangka Panjang-Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan - investasi minim risiko-SBR-menabung (1)Mulai Menabung dan Investasi-Apa itu Socially Reponsible Investment (SRI)?

Kebanyakan orang menganggap bahwa berinvestasi hanyalah membuang-buang uang dan lebih cocok untuk orang kaya saja. Namun, pernyataan tersebut tidaklah tepat. Setiap orang yang berpenghasilan, memiliki hak untuk berinvestasi.

Saat ini, sudah banyak media yang memudahkan kamu untuk berinvestasi. Sistemnya juga bermacam-macam, seperti Peer-to-Peer Lending di KoinWorks. Selain menguntungkan, kamu berkesempatan untuk membantu banyak orang di seluruh Indonesia untuk bersekolah dan juga memperbesar usaha mereka.

KoinWorks adalah Fintech Peer-to-Peer Lending pertama di Indonesia yang secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa mendanai mulai dari Rp100.000 dengan imbal hasil mencapai 21,32% per tahunnya.

Mendanai di KoinWorks tidak akan menghabiskan uang kamu, justru kamu akan merasakan banyak keuntungan di dalamnya.

Coba unduh dan daftar sekarang melalui Super Financial App KoinWorks!

Itulah 4 kebiasaan buruk yang harus kamu tinggalkan di 2020 agar merdeka finansial, semoga bermanfaat dan selamat berusaha!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X