4 Tipe Konsumen dan Cara Menarik Perhatiannya – Setiap pemasar tahu bahwa tidak ada yang namanya penonton homogen. Setiap pelanggan memiliki sifat dasar berbeda, dan mereka perlu ditargetkan dengan cara yang berbeda.

Ada banyak cara untuk membagi target pasar, dan kebanyakan perusahaan telah membaginya berdasarkan minat dan demografi konsumen potensial.

Namun, Anda juga bisa membagi pelanggan sesuai dengan perilaku. Pada tingkat awal, kebanyakan konsumen masuk dalam satu dari empat kategori di bawah ini.

Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Kecil yang Dapat Anda Lakukan

Masing-masing  konsumen merespons strategi pemasaran dengan berbeda. Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis maka Anda wajib memahami keempat tipe konsumen ini.

Berikut adalah empat jenis konsumen yang ada, dan cara pemasaran efektif kepada mereka, yaitu:

4 Tipe Konsumen dan Cara Menarik Perhatiannya

1. Pelanggan Setia

karakter konsumen

Jenis pelanggan ini adalah jenis pelanggan yang cenderung menjadi grup terkecil bagi sebagian besar bisnis. Namun, mereka bisa menghasilkan banyak pendapatan daripada yang diperkirakan.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

Jenis ini adalah pelanggan setia, dan mereka menghabiskan rata-rata 31 persen lebih banyak daripada pemirsa lain yang mungkin ingin Anda targetkan.

Pelanggan yang kembali adalah faktor terpenting untuk dipertimbangkan dalam usaha pemasaran Anda, karena mereka adalah sebuah aset bagi bisnis.

Sebuah survey menemukan bahwa satu persen pelanggan setia dapat menghasilkan omset hingga 40 persen.

Jadi, bagaimana Anda mendapatkan pelanggan ini di dalam bisnsi? Kuncinya adalah personalisasi.

Pelanggan yang setia ingin merasa dihargai, dan memberikan perhatian individual adalah salah satu cara paling efektif untuk melakukan hal ini.

Pelanggan akan merasa seperti harta penting bagi merek Anda, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas mereka dan mendorong pembelian berulang.

Sebuah survei dari Insentif Virtual menemukan bahwa sekitar 40 persen konsumen telah menerima semacam penghargaan atau insentif yang dipersonalisasi untuk mereka.

Lebih dari separuh (56 persen) kelompok ini mengatakan bahwa hal ini memperbaiki persepsi mereka terhadap merek tersebut.

Selanjutnya, sekitar 75 persen dari mereka yang telah menerima hadiah mengatakan bahwa hal itu membuat mereka merasa dihormati sebagai pelanggan.

Jadi, cobalah untuk memberikan penghargaan secara personal kepada pelanggan setia Anda, apapun itu jenisnya.


2. Pemburu Harga Murah

bisnis franchise super market - minimarket - toko grosir - diskon - promo

Terkadang disebut pelanggan diskon, konsumen jenis ini cenderung tidak didorong oleh harga, tapi dengan penghematan.

Baca Juga: Strategi Harga: 4 Alasan Mengapa Naiknya Harga Produk Anda Adalah Keputusan yang Tepat

Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang mungkin tidak akan mau membayar Rp 100 ribu untuk suatu barang jika harganya normal, tapi akan membayar jumlah yang sama untuk barang yang sama jika mereka melihat harganya 50 persen dan nilainya mencapai Rp 200 ribu.

MarketTrack menemukan bahwa 80 persen pembeli akan mengganti toko jika mereka menemukan promosi yang lebih baik di tempat lain.

Untuk menarik pelanggan jenis ini tentunya sangat sederhana: iklankan penawaran Anda seluas mungkin di semua area yang tepat.


3. Pembeli yang Enggan

katakan tidak say no - mengatakan tidak

Banyak konsumen tidak menyukai pengecer atau pengalaman berbelanja; Sebagai gantinya, mereka melakukan pembelian murni untuk memenuhi kebutuhan.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Agar Konsumen Baru Menjadi Pelanggan Setia

Ini bisa saja selalu muncul, pilihan hidup atau hanya mengganti barang yang sudah aus. Apapun motivasinya, para pelanggan ini hanya ingin memenuhi kebutuhan mereka dan kemudian pergi.

Kesederhanaan dan kegunaan adalah kunci menarik perhatian mereka, seperti menentukan kebutuhan pelanggan potensial Anda.

Untuk memasarkan ke konsumen berbasis kebutuhan, strategi pemasaran Anda perlu mengantisipasi kebutuhan ini secara efektif. Itu berarti pemasaran yang berpusat pada utilitas, di banyak saluran.”

Layanan pelanggan yang positif juga sangat penting, karena hal ini dapat mengubah pembeli enggan menjadi pelanggan setia.

Jika mereka tidak menyukai belanja secara umum namun memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan merek Anda, maka mereka akan menggunakan merek Anda untuk kebutuhan mereka.


4. Pembeli yang Bersifat Impuls

instant delivery - pengiriman cepat

Akhirnya, pembeli yang bersifat impuls. Dari e-niaga ke toko fisik, selalu ada konsumen yang bersifat impuls, atau dengan kata lain Anda hanya perlu melakukan sedikit upaya meyakinkan dan mereka sudah membeli.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Maka Konsumen Akan Selalu Melakukan Pembelian Dengan Anda!

Salah satu cara terbaik untuk memasarkan jenis konsumen ini adalah dengan menggunakan optimisme. Jika orang merasa positif tentang masa depan, mereka cenderung melakukan pembelian impulsif. Kontributor Forbes Steve Olenski menunjukkan:

“Pembeli impuls memiliki sifat lebih sosial, sadar status, dan pencitraan. Mereka mungkin membeli untuk membuat orang lain menganggapnya luar biasa.”

Kunci hati pelanggan ini adalah kampanye pemasaran yang positif yang diarahkan untuk membuat orang merasa hebat.

Media sosial adalah alat yang sangat berharga untuk ini,  dan memungkinkan Anda menyiarkan pesan yang optimis ke khalayak luas.

Nah, sekarang Anda sudah mengerti mengenai 4 tipe konsumen dan cara yang tepat untuk menarik perhatian mereka. Pastikan Anda melakukan teknik pemasaran yang tepat kepada setiap tipe konsumen yang ada.

Beberapa strategi pemasaran seperti iklan, atau hadiah yang akan Anda berikan sebagai apresiasi personal pastinya akan membutuhkan modal sebagai investasi bisnis.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Apabila Anda membutuhkan modal dalam proses operasionalnya, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman.

Saat ini KoinWorks hadir untuk membantu Anda para pemilik bisnis di Indonesia memenuhi kebutuhan modalnya.

Sebagai platform P2P Lending, KoinWorks mampu memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Yuk segera kembangkan bisnis Anda lebih lagi dengan modal dari KoinWorks!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.