7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda – Masing-masing orang tidak memiliki gaya belajar yang sama dan efisien untuk mereka.

Ada sebagian orang yang belajar dengan cara visual yang cenderung menggunakan gambar saat akan belajar dan menyimpan informasi penting.

Tidak hanya itu saja, ada juga pembelajar yang mendengarkan musik dan suara saat sedang belajar, pembelajar linguistik yang lebih suka menggunakan kata-kata, dan pembelajar kinestetik yang belajar dengan menggunakan gerakan tubuh.

Kemudian, ada pembelajar logis yang lebih suka menggunakan penalaran logis, pembelajar interpersonal yang lebih suka belajar dalam kelompok, dan pembelajar intrapersonal yang lebih suka belajar secara mandiri.

7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

1Pembelajar Visual

3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Mereka dengan tipe pembelajar visual lebih suka menggunakan warna dan tata letak saat sedang belajar dan menyimpan informasi.

Warna yang digunakan akan membantu mereka mengingat informasi yang sedang dipelajari.


2Interpersonal

belajar-buku-online-pendidikan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

Pembelajar dengan tipe seperti ini lebih baik dan ideal dalam belajar di dalam lingkungan kelompok.

Dalam karier dan pekerjaan, mereka fokus pada pertemuan dan lokakarya kolaboratif yang akan melibatkan sosial dan pertemuan dengan banyak orang. Proses belajar yang mereka lakukan akan berhubungan dengan interaksi.


3Kinestetik

guru-dosen-belajar-mengajar - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Soal Bahasa Tubuh

Pelajar dengan tipe seperti ini akan lebih efektif saat belajar dengan menggunakan gerakan dan sentuhan. Memisahkan dan menyatukan sesuatu seperti semula merupakan salah satu teknik pembelajar yang bisa dilakukan.


4Pendengar / Audio

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (14) - 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari! - Ternyata, 5 Kebiasaan yang Membuat Bahagia Sangat Mudah Dilakukan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - 5 Kualitas Introvert Membuat Mereka Mampu Menjadi Pemimpin Besar

Rekaman suara, irama, dan musik akan membantu mereka untuk fokus pada saat proses belajar sedang berlangsung.

Mereka bisa dengan mudah mengingat informasi yang dipelajari dengan mengaitkan sesuatu dengan suara yang ada.


5Pembelajar Verbal

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Pembelajar dengan tipe seperti ini lebih mengandalkan kemampuan berbicara saat proses belajar sedang berlangsung. Anda perlu membaca konten dengan suara yang keras untuk mengingat suatu hal.


6Intrapersonal

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - orang terkarya di dunia nomor 2 - bill gates

Selanjutnya ada pelajar dengan tipe intrapersonal yang membutuhkan waktu tenang dan kemampuan mereka untuk belajar sendiri.

Baca juga: Merasa Sering Melupakan Sesuatu? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Tipe belajar seperti ini perlu menentukan tujuan, sasaran, dan rencana yang akan membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif untuk dilakukan.

Mereka juga perlu menyimpan catatan yang akan membantu mereka menguraikan ide-ide dan topik yang telah dipelajari.


7Pembelajar Logis

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (5) - 3 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Lebih dari Satu Mentor - Belajar Bahasa Asing Lebih Efisien Berkat 6 Tips dari Para Pakar Berikut - Mana yang Lebih Efektif: Belajar Secara Privat atau Berkelompok?

Seorang pembelajar logis akan memahami alasan di balik setiap hal yang terjadi. Saat mereka memahami topik dengan detail, maka hal ini akan membantu mereka untuk mengingat dengan lebih mudah.

Dalam proses belajar mereka juga akan menggunakan daftar dan juga statistik agar lebih efektif.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

Pembelajar dengan tipe seperti ini memiliki kemampuan untuk menganalisa hal-hal tertentu, saat mereka menghadapi masalah kesulitan belajar.

Dengan begitu, mereka bisa fokus pada hal-hal yang akan mendorong mereka mencapai tujuan yang diinginkan.

Dengan mengetahui metode pembelajaran yang efektif, maka Anda bisa menerapkan gaya belajar yang paling sesuai untuk dilakukan. Jadi, Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dalam proses belajar yang sedang dilakukan.

Berbagai metode di atas bisa Anda terapkan saat mengikuti proses belajar secara formal dan non-formal. Baik saat sedang belajar di pendidikan tinggi atau lembaga pendidikan non-formal seperti kursus.

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan sampai proses belajar Anda terganggu hanya karena biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan. Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan bisa memberatkan keuangan keluarga Anda.

KoinPintar bisa membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan formal dan non-formal.

Pinjaman tersebut bisa diangsur dalam jangka waktu sampai dengan 12 bulan ke depan. Sehingga Anda tidak perlu membayarkan biaya pendidikan tersebut secara langsung di muka.

Baca juga: 5 Cara Mempelajari Bahasa Baru 10 Kali Lebih Cepat, Tertarik Mencoba?

Hal yang paling penting adalah suku bunga pinjaman tersebut sangatlah rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Kemudahan yang ditawarkan di atas bisa terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.

Dengan demikian, Anda bisa mengikuti pendidikan tinggi atau kursus keterampilan dengan mudah dan tidak perlu khwatir dengan biaya yang mahal.

Semoga menginspirasi!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.